Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Mengajar Anak Mengaji Mulai Sejak Kecil



Ternyata belajar mengaji sejak kecil lebih baik dari pada memulainya saat dewasa. Karena saat masih kecil daya ingat otak lebih baik sehingga lebih mudah untuk menangkap bila dibiasakan untuk menghafal. Ketika kecil otak kita belum terbebani pikiran yang banyak sehingga akan lebih mudah untuk menghafal Al-Qur’an. 

Pada saat anak memasuki usia 5 tahun, pada usia segitu anak sudah mulai diarahkan. Sehingga kita sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan perkembangan anak kita. Mengajari anak pada usia itu akan lebih mudah dari pada mengajari anak yang telah menginjak usia remaja. Tak jarang orang tua akan menemukan perkembangan dari anak ketika usia remaja. Seperti dalam pribahasa mengatakan, “belajar diwaktu kecil seperti mengukir diatas batu dan masuknya ilmu semudah sesuatu dalam air. Belajar diwaktu dewasa seperti mengukir diatas air dan masuknya ilmu sesulit mengukir diatas batu. 

Inilah pendidikan Islam sejak dini yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang tua saat ini yang terlalu sibuk dengan pekerjaanya masing-masing, mereka lupa akan tanggung jawab yang besar, yaitu pendidikan mengenal Tuhanya atau pendidikan Islam yang merupakan faktor utama kemajuan sebuah bangsa. Sebuah bangsa akan maju jika umat manusia patuh kepada perintah Allah SWT. Maka dari itu ajarkan anak kita mengaji sejak dini.  Dan jangan “menelantarkan” anak hanya demi pekerjaan .

By: Ikrimatus Solicha, Marina Ummul Kh, Maysaroh

Berlangganan via Email