Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PEMERSATU


Bahasa indonesia berasal dari bahasa Melayu dialek Riau. Sejak tanggal 28 oktober 1928,bangsa indonesia mempunyai bahasa nasional yaitu bahasa indonesia. mengapa harus bahasa melayu? Karena bahasa melayu merupakan bahasa yang sederhana, baik bentuk maupun susunannya. Bahasa melayu juga mudah menyesuaikan diri dengan bahasa pendatang. Juga tidak mengenal tingkatan-tingkatan bahasa.

BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PEMERSATU


Bahasa adalah alat berkomunikasi dalam kehidupan manusia. Setiap manusia pasti mempunyai bahasa tersendiri. Meskipun di indonesia terdapat beberapa bahasa tapi bahasa indonesia merupakan bahasa pemersatu. Karena,dengan bahasa indonesia orang yang tidak mengerti bahasa jawa bisa mengerti apa yang kita bicarakan dengan menggunakan bahasa indonesia. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa juga harus bangga akan bahasa indonesia. Dan mengembangkannya agar bisa menjadi bahasa internasional.

Berdasarkan tulisan Dardjowidjojo (2004), bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu memiliki kesempatan luas untuk menjadi bahasa internasional karena (1) cukup banyak tenaga indonesia yang bekerja di luar negeri dan tentunya mereka akan menyebarkan bahasa nasional kita yaitu bahasa indonesia. (2) banyak negara asing yang mengajarkan bahasa indonesia. (3) banyak pula pelajar indonesia yang belajar di negara-negara asing. Warouw (1999) menyatakan bahwa ketiga faktor ini mendukung bahasa kita yaitu bahasa indonesia menjadi bahasa internasional. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara indonesia harus berupaya agar bahasa kita dapat menjadi bahasa internasional dan tidak kalah dengan bahasa internasional lainnya.

Mengapa kita harus bangga akan bahasa indonesia? Karena bahasa indonesia merupakan bahasa kebanggaan bagi warga negara indonesia. Bahasa indonesia juga bahasa yang cara pengucapaanya sangatlah mudah dan dapat di pahami. Sehingga orang bisa dengan mudah mempelajari bahasa indonesia. Meskipun orang tersebut awalnya tidak mengerti bahasa indonesia tapi karena bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu maka dari itu orang dengan mudah mempelajarinya. Dalam pekembangannya bahasa indonesia mendapat pengaruh dari berbagai bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing. Bahasa daerah yang mempengaruhi perkembangan bahasa indonesia antara lain adalah bahasa jawa dan bahasa sunda. Sedangkan untuk bahasa asingnya adalah bahasa inggris, arab, dan sansekerta.

Ada sekian banyak orang yang berbahasa indonesia tapi tidak bisa menuliskannya dengan benar. Maka dari itu selain kita belajar berbahasa kita juga harus belajar bagaimana cara penulisannya dengan benar dan tepat. Agar kita tidak hanya bisa berbicara namun juga bisa menuliskannya. Dalam kehidupan sehari-hari kita harus bisa berbahasa indonesia dengan benar agar ketika kita berbicara dengan orang lain atau dengan orang selain warga indonesia mereka akan mengerti bahwa bahasa indonesia mempunyai tutur kata yang baik dan benar sehingga mereka akan merasa tertarik dengan bahasa indonesia. Maka dari situlah kita dapat mengembangkan bahasa indonesia menjadi bahasa internasional.

Jika kita menjadi guru atau dosen nanti maka kita harus bisa membuat pemahaman tentang bahasa indonesia dengan jelas dan mudah di mengerti oleh murid-murid atau mahasiswa-mahasiswa. Agar mereka juga bisa memahami penjelasan kita dengan baik. Terkadang banyak orang yang bertanya-tanya apa keuntungan belajar bahasa indonesia padahal kita sudah bisa berbahasa indonesia. meskipun, tidak memahami cara penulisan dan pengucapannya dengan benar. Keuntungannya adalah kita bisa mengetahui bahasa indonesia yang sebenarnya, dari mana asal bahasa indonesia dan apa kedudukan bahasa indonesia.

Kedudukan bahasa indonesia semakin mantap setelah ditetapkan UU nomor 24 tahun 2009 tentang bahasa,bendera,lambang negara,dan lagu kebangsaan. Oleh karena itu, salah besar jika kita tidak cinta dan bangga terhadap bahasa indonesia. Kedudukan bahasa indonesia sebagai bahasa negara mempunyai beberapa fungsi antara lain: (1) bahasa resmi kenegaraan (2) bahasa pengantar resmi di berbagai lembaga pendidikan (3) bahasa resmi dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan pelaksanaan pembangunan (4) bahasa resmi dalam pengembangan budaya dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, serta teknologi modern.

Sebagai bahasa resmi, bahasa indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Maka tidak heran jika sudah banyak anak-anak kecil yang pandai berbahasa karena memang kita harus memulai mengajarkan mereka bagaimana berbahasa dengan baik mulai sejak dini. Supaya waktu besarnya nanti dia sudah pandai berbahasa dengan baik.

Faktor lingkungan juga mempengaruhi pola pikir anak jika dalam satu keluarga berbahasa indonesia maka anak itu juga akan berbahasa indonesia. Dan itu akan membuatnya terbiasa dengan bahasa indonesia. Sehingga nanti ia akan pandai berbahasa dengan baik dan benar.
Bahasa sangat penting bagi seluruh manusia karena jika tidak menggunakan bahasa maka orang tidak akan mengerti apa yang kita bicarakan, bahasa indonesia memanglah bahasa pemersatu seperti contoh ada dua orang yang berbeda kota yang satu madura satunya lagi sumatera nah mereka tidak faham apa yang mereka bicarakan tapi saat berbahasa indonesia mereka jadi mengerti apa yang mereka bicarakan sehingga munculah topik pembicaraan yang membuat mereka bisa berteman. Dari situlah kita dapat mengetahui bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa pemersatu. Mungkinkah bahasa indonesia akan binasa seiring berjalannya waktu? Tidak bahasa indonesia tidak akan pernah binasa sampai kapanpun meskipun kini banyak bahasa-bahasa yang masuk kedalam negara indonesia. kita tidak perlu marah atau menggunjingnya karena mempelajari bahasa lain tidak di salahkan asalkan kita tetap menjaga kelestarian budaya kita budaya indonesia bahasa indonesia.

Bahasa indonesia tidak akan pernah hilang jika kita selalu mengupayakan pengembangannya, pembinaannya, dan pelestariannya bahasa dan sastra indonesia disampaikan oleh kepala balai bahasa provinsi jawa tengah, Drs. Widada, M.Hum. (solopos,22 oktober 2010). Yang harus kita fikirkan adalah bagaimana kita secara konkret dapat menumbuhkannya dan melestarikannya di semua aspek kehidupan dan aktivitas, khususnya bapak dan ibu guru dan dosen-dosen. Ada satu cerita dahulukala ada seorang dosen yang bertanya kepada seluruh prodi “lebih bangga mana kalian terampil menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris” dan mereka menjawab dengan serentak “bahasa inggris” dari situlah munculah faktor akan binasanya bahasa indonesia. tetapi kita sebagai generasi penerus bangsa yang cinta akan tanah air indonesia harus menjaga kedudukan bahasa indonesia agar tidak terjadi pembinasaan bahasa kita bahasa indonesia. Dengan belajar dan mempelajari bahasa indonesia kita dapat memahami bahasa indonesia dengan benar dan kita juga tidak hanya bisa berbahasa namun juga bisa menuliskannya dengan sangat baik dan benar. Sekian terimakasih. 

By: ULIFAH

Berlangganan via Email