Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sertifikat Dilengkapi Dengan Barcode Secara Automatis

Selama pandemi Covid 19 melanda negeri yang tercinta ini, kita sebagai guru ataupun dosen bahkan semua profesi, telah disibukan dengan berbagai kegiatan seminar online atau web binary baik berskala lokal, nasional maupun internasional.
Cara Membuat Sertifikat Dilengkapi Dengan Barcode Secara Automatis

Dengan adanya kegiatan seperti di atas, tentu juga tak terluapakan selain ilmu, relasi yang didapatkan dari kegiatan tersebut yakni adanya sertifikat atau eSertifikat. Berbicara tentang sertifikat mungkin kita sebagai panitia pelaksana sering disibukan dengan kegiatan administrative karena pesertanya ratusan bahkan ribuan khusunya dalam pembuatan sertifikat.

Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam pembuatan sertifikat tentu kita harus buat sistemnya terlebih dahulu agar kita tidak membuat data secara manual, tetapi kita membuat esertifikat secara automatis bisa dilengkapi dengan Nomor sertifikat dan barcode atau QR Code secara automatis pula.

Dalam membuat sertifikat barcode atau QR Code secara automatis, bisa memanfaatkan teknologi yang ada salah satunya dengan menggunakan google form yang dapat memudahkan sehingga peserta sendiri mengisi formnya setelah itu eSertifikat akan secara automatis terkirim ke email masing-masing peserta…mudah kann???

Jika anda ingin mencobanya silahkan ikuti panduan berikut ini :
1. Silahkan siapkan template sertifikat, dalam contoh ini saya buat template sertifikat menggunakan PowerPoin contohnya bisa di unduh DISINI
2. Login di google drive DISINI
3. Jika sudah login di google drive buat Folder telebih dahulu contoh “Latihan Sertifikat”, setelah itu masukkan template PPT yang sudah di unduh tadi di atas ke dalam folder tersebut.
4. Setelah template di upload silahkan ubah terlebih dahulu file PPT menjadi “google Slide” dengan cara membuka file PPT Template, perhatikan gambar berikut
 
5. setelah file terbuka silahkan beri penamaan dalam ppt <<Nomor>>, <<Nama Lengkap>>, <<Tanggal>> dan <<QR Code>> lalu simpan dengan cara klik menu “File” lalu pilih “Simpan Sebagai Google Slide” seperti contoh berikut :
 
6. setelah selesai seperti di atas, selanjutnya buat google form pada folder yang sama lalu buat variable “Email”, “Nama Lengkap”, “Tanggal Pembuatan” variable lain misalnya nomor dan barcode itu akan dibuat secara automatis pada “Spreed Sheet” atau excelnya, seperti berikut 
 
7. setelah anda membuaf form, silahkan isi terlebih dahulu untuk memastikan data base akan berfungsi secara automatis sebelum link di kirim kepserta seminar.
8. Jika anda sudah mengisi fom tersebut, silahkan buka spreadsheet atau file excel nya untuk mengatur dan menghubungkan antara template Google slide dan file excel. Seperti gambar berikut
 
9. Langkah selanjutnya yaitu dengan cara memberi penamaan pada kolom F dengan nama “Nomor” dan Kolom G dengan Nama “QR Code” lalu masukan rumus berikut pada kolom F2 : =ARRAYFORMULA(IF(A2:A1623<>"";ROW(A2:A1000)-1;""))
Dan rumus berikut pada kolom G2 :
=ARRAYFORMULA(IF(A2:A1000<>"";"https://api.qrserver.com/v1/create-qr-code/?size=600x600&data="&(ENCODEURL(E2:E1000));""))

10. Jika sudah selesai sampai poin 9 di atas, silahkan klik “Add-on” pilih “autocrat” jika autocratnya belum terinstal, instal terlebih dahulu dengan cara klik “Add-on” pilih “Dapatkan Add-on” lalu cara aplikasi “autocrat” dan instal sampai selesai, jika sudah terinstal silahkan tutup Kembali dan tetap di file excel nya. Add-on-> autocrat->klik Lounch/Open lalu tunggu beberapa saat sampai terbuka jendela baru lalu klik “New Job” pada bagian bawah lalu isi Job Name : Sertifikat klik Next, lalu pilih Form Drive untuk menghubungkan template google Silde, setelah itu klik Next sampai muncul jendela baru lalu sesuaikan datanya, khusus untuk QR CodeStandard” diganti dengan “Image”, perhatikan gambar berikut
 

11.Jika sudah sampai pada poin 10 lanjutkan dengan mengkil ”NEXT” lalu File Name : Sertifikat_<<Nama Lengkap>>_<<Nomor>>, Type : PDF, lalu klik NEXT sampai Langkah ke 8. Share docs & send emails, pilih Share Doc?; YES, lalu email To : <<Email Address>>, perhatikan gambar berikut: 

 

12. Jika sudah sampai pada poin 11 diatas lanjutkan dengan mengklik NEXT dan pilih YES pada Run on form trigger lalu konfirmasi YES Lalu Save, pada tahap ini kita sudah berhasil menghubungkan antara template sertifikat Google Slide dengan data base yg ada di spredsheet atau excel.

Jika sudah sampai pada poin 12 itu artinya anda sudah berhasil membuatnya dan silahkan uji coba dengan mengirimkan data melalui form yang sudah dibuat lalu cek email anda dalam waktu 2 s.d 5 menit maka sertifikat akan masuk seacara automatis ke email teman-teman. Dan jika masih bingung bisa melihat video berikut :


Untuk teman-teman yang ingin menguji coba form yang sudah saya buat silahkan klik DISINI

Demikian panduan ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekian dan terima kasih, sampai jumpa di tulisan kami selanjutnya. wassalam