Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KI-KD SD/MI Lengkap Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Kurikulum 2013 tentu sering kita lihat dan dengar tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Nah tahukah anda sebenarnya apa itu KI, KD? nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sedikit tentang pengertiannya terlebih dahulu.
KI-KD SD/MI Lengkap Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018
Sebelumnya kita tahu bersama bahwa kurikulum sekarang yang banyak digunakan dan berlaku yaitu kurikulum 2013 revisi 2017 yang artinya sudah ada penyempurnaan dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih terdapat banyak sekolah yang menggunakan kurikulum lama seperti KTSP atau perpaduan KTSP dengan Kurikulum 2013.

Oleh karena itu, perbedaan mendasar antara KTSP dan Kurikulum 2013 atau K13? sedeharananya jika di KTSP yang menjadi pusat dalam pembelajaran yakni Guru atau sering di sebut Teacher Center, sedangkan di K13 yakni Siswa atau student center. Jadi seperti ini, di KTSP guru dianggap sebagai sentral pembelajaran jadi semua sumber pembelajaran berasal dari guru dan dalam prakteknya kebanyakan siswa hanya pasif mendengarkan materi yang disampaikan guru. Sedangkan di K13 sebaliknya, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, bisa mencari materi selain dari guru dan juga tidak hanya pasif mendengarkan artinya siswa diharapkan terus aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Baca Juga KI-KD SMP/MTs Kurikulum 2013 Lengkap Semua Mata Pelajaran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Nah itu ulasan singkat tentang K13 dan perbedaannya dengan KTSP, lalu kenapa ada revisi 2017? seperti yang kita ketahui bersama diawal kemunculannya kurikulum 2013 ini menuai banyak kontroversi, seperti penghapusan matapelajaran TIK. Sontak hal ini diprotes banyak kalangan terutama guru TIK itu sendiri karena pekerjaannya terancam.

Selain itu, banyak pihak yang menyebutkan bahwa jika TIK dihilangkan hal itu akan sangat berdampak buruk bagi perkembangan IT di indonesia sendiri. Selain itu, K13 ternyata tiak cocok diterapkan di daerah - daerah yang rata - rata fasilitasnya masih kurang seperti tidak ada LCD Proyektor, dll. 

Maka dari itu munculah revisi untuk kurikulum 2013 ini, mulai dari revisi 2016 dan yang terbaru sekarang adalah K13 revisi 2017, dimana matapelajaran TIK ada kembali di kurikulum ini. Dan sebagai pengajar tentu anda akan membuat RPP, dan di Silabus anda akan melihat kata Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, apakah itu?

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa untuk mencapai suatu Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. Sedangkan, Kompetensi Dasar adalah kemampuan siswa untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. KD terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotorik ).

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,  yaitu “Menerima dan menjalankan  ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. 

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Baca Juga KI KD SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Lengkap Semua Mata Pelajaran Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Berikut ini KI KD untuk SD/MI berdasarkan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 yang anda bias unduh pada masing-masing link berikut ini

  • KI-KD PAI DAN BUDI PEKERTI SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA BUDHA DAN BUDI PEKERTI SD UNDUH DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SD UNDUH DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD UNDUH DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA KONGHUCU DAN BUDI PEKERTI SD UNDUH DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI SD UNDUH DISINI
  • KI-KD BAHASA INDONESIA SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD IPA SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD IPS SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD MATEMATIKA SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD PPKN SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD PENJASKES SD MI UNDUH DISINI
  • KI-KD SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SD MI UNDUH DISINI