Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KI-KD SMP/MTs Kurikulum 2013 Lengkap Semua Mata Pelajaran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Permendikbud 24 Tahun 2016 ke Permendikbud No. 37 Tahun 2018? Secara sepintas, perubahan yang terjadi ternyata hanya menyisipkan INFORMATIKA untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA (sebagai Mata Pelajaran tersendiri) dan untuk jenjang SD/MI (sebagai alat pembelajaran/dipelajari melalui ekstrakurikuler).
KI-KD SMP/MTs Kurikulum 2013 Lengkap Semua Mata Pelajaran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Bagaimana dengan KI-KD untuk Mata Pelajaran lainnya? Dari pencermatan beberapa mata pelajaran, KD untuk mata pelajaran lainnya tidak berubah. Artinya, KD untuk mata pelajaran lainnya, baik jenjang SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/MA sama dengan yang tercantum dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016.

Bagaimana pelaksanaan pembelajaran INFORMATIKA tersebut? Untuk jenjang SMP/MTs, Mata Pelajaran INFORMATIKA termasuk dalam rumpun Mapel Umum Kelompok B. Terkait dengan ini, Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 Pasal 5 ayat (6) dan (7) menjelaskan sebagai berikut. Ayat (6) Mata pelajaran umum Kelompok A sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a terdiri atas: a. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti; b. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; c. Bahasa Indonesia; d. Matematika; e. Ilmu Pengetahuan Alam; f. Ilmu Pengetahuan Sosial; dan g. Bahasa Inggris.  Dan pada ayat (7) Mata pelajaran umum Kelompok B sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b terdiri atas: a. Seni Budaya;  b. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan; dan c. Prakarya dan/atau Informatika. Baca Juga KI-KD SD/MI Lengkap Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Pembelajaran INFORMATIKA dilaksanakan mulai tahun ajaran 2019/2020. Hal ini termaktub dalam Permendikbud No. 36 Tahun 2018 Pasal 10 A sebagai berikut. Pasal 10 ayat (1) Pelaksanaan pembelajaran Informatika sebagai mata pelajaran pilihan dilaksanakan mulai tahun ajaran 2019/2020 sesuai dengan kesiapan sekolah. (2) Ketentuan mengenai pelaksanaan Mata Pelajaran Informatika sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Menteri.

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  yaitu  “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.  

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Baca Juga KI KD SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Lengkap Semua Mata Pelajaran Sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Berikut ini KI KD yang anda bias unduh sesuai link masing-masing pada setiap Mata Pelajaran untuk SMP/MTs Berdasarkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 208 tentang KI dan KD SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK

  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP Unduh DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA BUDHA DAN BUDI PEKERTI SMP Unduh DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SMP Unduh DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SMP Unduh DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN AGAMA KONGHUCU DAN BUDI PEKERTI SMP Unduh DISINI
  • KI-KD PENDIDIKAN GAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI SMP Unduh DISINI
  • KI-KD BAHASA INDONESIA SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD BAHASA INGGRIS SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD INFORMATIKA SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD IPA SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD MATEMATIKA SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD PENJASKES SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD PPKN SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD PRAKARYA SMP MTs Unduh DISINI
  • KI-KD SENI BUDAYA SMP MTs Unduh DISINI