Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KI KD MI Semua Mapel Sesuai KMA Nomor 183 tahun 2019

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan perwujudan konsepsi pendidikan yang bersumbu pada perkembangan peserta didik beserta konteks kehidupannya sebagaimana dimaknai dalam konsepsi pedagogik transformatif. Konsepsi ini menuntut bahwa kurikulum harus didudukkan sebagai wahana pendewasaan peserta didik sesuai dengan perkembangan psikologisnya dan mendapatkan perlakuan pedagogis sesuai dengan konteks lingkungan dan zamannya.
KI KD MI Semua Mapel Sesuai KMA Nomor 183 tahun 2019

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab tidak mungkin lagi hanya menitikberatkan pada aspek pengetahuan. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab harus mencakup tiga aspek (kognitif, afektif dan psikomotorik) sekaligus secara berimbang sesuai dengan perkembangan psikologi peserta didik. Lebih dari itu, penguasaan substansi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab tidak lagi ditekankan pada pemahaman konsep yang steril dari kehidupan masyarakat melainkan pembangunan pengetahuan melalui pembelajaran otentik. 

Dengan demikian kurikulum PAI dan Bahasa Arab selain mencerminkan muatan pengetahuan sebagai bagian dari peradaban manusia, juga mewujudkan proses pembelajaran dan pembudayaan peserta didik sepanjang hayat.

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah dikembangkan atas teori Standard based education (pendidikan berbasis standar) dan teori competency based curriculum (kurikulum berbasis kompetensi). Pendidikan berbasis standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal warga negara yang dirinci menjadi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. 

Kurikulum ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan untuk bersikap, berpengetahuan, berketerampilan, dan bertindak hingga berkarakter. 

Dengan demikian, kurikulum PAI dan Bahasa Arab menganut: (1) pembelajaran yang dilakukan guru dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di madrasah, kelas dan masyarakat, (2) pengalaman belajar langsung peserta didik (leamed- curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik dan kemampuan awal peserta didik. Baca Juga : Contoh RPP Satu Lembbar sesuai KMA 183 tahun 2019

Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum dan (3) pengalaman pembelajaran PAI dan Bahasa Arab melalui pembiasaan, pembudayaan dan pemberdayaan nilai- nilai agama Islam yang dikembangkan dalam kolaborasi sinergi lingkungan madrasah, keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu silahkan unduh KI KD Berikut sesuai KMA 183 Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah tahun 2019.


  • KMA 183 Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah 2019
  • KI KD Akida Ahlak MI
  • KI KD Alqur'an Hadis MI
  • KI KD Bahasa Arab MI
  • KI KD Fiqhi MI
  • KI KD SKI MI
  • Berlangganan via Email