Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penguat Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal

Tidak hanya proses pembelajaran, tetapi Covid-19 ini juga memberikan banyak inovasi positif yang dapat memanfaat perangkat mobile dengan baik, salah satunya dengan diadakannya lomba online seperti Olimpiade Online Tingkat Sekolah Dasar pada bidang akademik. Bukan tanpa alasan perlombaan tersebut diadakan secara online karena dalam situasi Covid-19 ini pemerintah tidak mengizinkan kegiatan yang melibatkan banyak massa. 


Menurut kami dengan diadakannya lomba-lomba online sangat efektif dalam meningkatkan prestasi siswa di era new normal ini meskipun siswa hanya bisa belajar di rumah. Dengan adanya lomba lomba online dalam situasi pandemi seperti ini tidak menjadi halangan siswa untuk menyalurkan bakat-bakat siswa yang diharapkan bisa menjadi ajang prestasi bagi siswa tersebut khususnya pada siswa Sekolah Dasar. 


Contoh lomba online tingkat MI/SD yang sudah melahirkan banyak prestasi bagi siswa MI/SD di Indonesia diantaranya yaitu, Olimpiade Matematika Online MI/SD Tingkat Nasional, Lomba Bercerita Online MI/SD Se Sumatra Utara, Lomba Tematik Online Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya contoh lomba online tersebut diharapkan bisa meningkatkan prestasi belajar siswa MI/SD di masa new normal seperti saat ini.


Kuota Pembelajaran

Untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah, Merdeka Belajar yang memanfaatkan perangkat mobile dan internet pada masa pandemi Covid-19 ini, Kemendikbud memberikan bantuan paket kuota data selama 4 bulan, namun paket kuota data belajar tersebut baru dirasakan oleh kaum pelajar pada bulan September lalu. Dengan masing-masing jenjang memiliki volume kuota yang berbeda-beda yaitu, 20GB/bulan untuk peserta didik PAUD, 35GB/bulan untuk pesera didik Dasar dan Menengah, 42Gb/bulan untuk pendidik pada PAUD serta pendidikan Dasar dan Menengah, serta 50GB/bulan untuk mahasiswa dan dosen. 


Masing- masing paket kuota data yang didapat memiliki pembagian volume lagi yakni 5GB/bulan untuk kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, dan sisanya hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang bekerjasama dengan Kemendikbud.

Toko Digital