Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Jawaban Era Milenial

Sobat pembaca tulisan dunia pgmi, apa sobat sudah tahu apa madrasah ibtidaiyah itu?,

Sebelum kita mengawalinya yang pertama Madrasah ibtidayah yang sering kita sebut MI, merupakan jenjang pendidikan dasar formal yang ada di Indonesia, setara dengan sekolah dasar yang Ada, yang pengelolaannya dilakukan oleh kementerian agama. Masa pendidikan madrasah ibtidaiyah selama 6 tahun. Yang dimulai kelas 1 sampai kelas 6. Lulusan dari MI bisa melanjutkan ke MTs (Madrasah Tsanawiyah) atau SMP (Sekolah Menengah Pertama). Adapun kurikulum dalam pendidikan madrasah ibtidaiyah sama hal dengan kurikulum sekolah dasar, hanya kefokusan porsi pendidikan lebih banyak di MI mengenai tambahan pendidikan agama islamnya. Meskipun sama dengan pendidikan di sekolah dasar namun ada penambahan mata pelajaran al-qur’an hadits, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan islam, dan bahasa arab.

Adapun di Indonesia warga negera yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar atau madrasah Ibtidaiyah (Elementary School atau Primary School) selama 6 tahun dan sekolah pertama selama 3 tahun. Madrasah berasal dari akar kata darrasa, yaitu belajar, kemudian madrasah merupakan tempat belajar atau sekolah formal. Madrasah Indonesia merupakan usaha penyesuaian atas tradisi persekolahan yang dikembangkan oleh pemerintahan Hindia Belanda pada saat penjajahan dulu, dengan mekanisme yang hampir sama, dan sekilas madrasah merupakan bentukan lain dari sekolah dengan muatan dan coraknya.

Madrasah Ibtidaiyah


Madrasah ibtidaiyah atau sekolah dasar diselenggarahkan oleh pemerintah atau swasta, sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan sekolah dasar di bawah departemen pendidikan nasional, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota, sedangkan sebelummnya berada dibawah Departemen Pendiidkan Nasional, kini menjadi tanggung jawab pemerintahan daerah / kota / kabupaten. Begitupun sebaliknya pendidikan madrasah ibtidaiyah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama RI. Pada regulasi selanjutnya menurut Puan Maharani akan memberlakukan program wajib belajar 12 tahun pada Juni 2015 beberapa tahun yang lalu.

Mengapa harus memilih madrasah ibtidaiyah? Sebagai sekolah putra-putri kalian sobat dunia PGMI…

Didalam pendidikan madrasah ibtidaiyah, mata pelajaran yang diajarkan diantaranya ada mata pelajaran al-qur’an hadits, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan islam, dan bahasa arab yang yang ada di dalamnya dan tidak hanya itu, muatan local yang lain pun kadang diberikan demi menunjang serta tambahan materi agar murid lulusan madrasah lebih siap dan memiliki soft skill dan hard skill yang mumpuni, sehingga manakalah putra-putri kalian sobat masuk ke madrasah Ibtidaiyah sangat dianjurkan, karena didalam lembaga Madrasah Ibtidaiyah kuirkulum yang ada sesuai dengan ketentuan kementerian agama yang dibawahnya ada lembaga ma’arif NU yang siap membekali mereka untuk lebih paham agama Islam yang benar dan tetap serta selalu menjaga nilai-nilai agama dan kearifan budaya lokas yang ada, mengerti dan mendalami agama Islam yang dianutnya itu merupakan tujuan dari pendidikan di madrasah, karena didalam materinya terkait tentang isi ke-Islaman, tidak hanya itu pengajaran dan pendidikan madrasah Ibtidaiyah sangat terasa bernuansa Islami dengan model pembelajaran berbasis agamis dan spiritualis yang mengutamakan akhlakul karimah / budi pekerti serta pembentukan karakter diri pada putra-putri di madrasah ibtidaiyah.

Berlangganan via Email