Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CCTV Buat Santri Giat ber Jamaah

Surabaya-24/4/2019, pemasangan CCTV di pondok pesantren An-Nuriyah Surabaya banyak membuat perubahan. Pemasangan CCTV pada tanggal 25 Maret 2019,dimulai pukul 07.30 dan selesai pada pukul 13.00. Pemasangan CCTV tentu memiliki alasan. Rendahnya kesadaran santri akan aturan yang harusnya ditaati, menjadi alasan kuat pemasangan CCTV. 
rumah gosipku

Aturan yang ada kerap kali dilanggar oleh santri, seperti : meletakkan barang diatas ring yang ada di lantai tiga. Hal ini dilarang sebab tak jarang benda itu jatuh dan menimpa santri yang sedang berjalan tepat dibawah ring tersebut. 

Pemasangan CCTV juga dapat memantau santri - santri yang hendak bolos mengaji dan sholat jamaah. Dengan adanya CCTV hal tersebut dapat diminimalisir sehingga pengurus tidak perlu ke lantai tiga. 
Sebelumnya, pengurus naik ke lantai tiga untuk mengobrak santri agar mengikuti kegiatan pondok. Pada dini hari pukul 04:30 pengurus akan memantau lewat CCTV. Pengurus juga memberi peringatan dengan bantuan speaker kepada santri.“ ayo ayo adik angkatan 18 bangun sholat subuh, yang pojok, kasur biru ayo dik jamaah” begitupun pengumuman yang diberikan pada angkatan 17, 16, dan 15.

Diharapkan dengan pemasangan CCTV ini dapat menertibkan kegiatan-kegiatan yang ada di pondok pesantren putri An-Nuriyah Surabaya. “Pemasangan CCTV membuat santri akan patuh, walaupun terpaksa “ujar Aisyah , mahasiswa UNUSA prodi ilmu gizi “begitu juga pendapat dampak pemasangan CCTV. Selvi, mahasiswa UINSA prodi ilmu komunikasi mengatakan “Bagus, karena dapat membuat santri menjadi disiplin dalam hal jamaah dan mengaji”.

Pemasangan CCTV memberikan dampak positif bagi santri. Pemasangan CCTV juga memudahkan pengurus dalam mengatur santri. Santri-santri yang biasanya bersembunyi di beberapa tempat akan terlihat dengan jelas. (FZH)

Berlangganan via Email