Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Verifikator Sinta untuk admin Perguruan Tinggi

Sinta (Indeks Sains dan Teknologi), memberikan akses ke kutipan dan keahlian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia. Sinta memberikan benchmark dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, hingga menganalisis tren penelitian dan direktori pakar.


SINTA (Science and Technology Index), memberikan akses ke data yang berkaitan dengan publikasi dan penelitian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web menawarkan akses yang cepat, mudah, dan lengkap untuk mengukur kinerja peneliti (Author), institusi (afiliasi), dan jurnal di Indonesia.

Baca Juga: Panduan Verifikator Sinta untuk LPPM

Dalam Pembuatan SINTA ini melibatkan sistem-sistem eksternal yang saling terintegrasi diantaranya Publikasi dengan basis data Scopus, WoS (Web Of Science), Google Scholar (GS), dan Garba Rujukan Digital (Garuda), Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan basis data Bima, data Akreditasi jurnal dengan basis data Arjuna, data Kekayaan Intelektual yang berbasis pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), serta data buku yang berdasarkan data pada Perpustakaan Nasional.

Lihat Juga: Video Panduan Sinta Wajib diketahui oleh Penu

Verifikator adalah seseorang yang ditugaskan untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap data yang tercatat di SINTA. Data tersebut meliputi penulis (Author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (Research), Pengabdian kepada Masyarakat (Community Service), Kekayaan Intelektual (Intellectual property rights/IPR) dan buku (book).

Baca Juga: Panduan Sinta Wajib Diketahui oleh penulis atau peneliti

Verifikator dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu:


Verifikator Pusat.

Verifikator Koordinator Wilayah (Verifikator Korwil).

Verifikator Perguruan Tinggi (Verifikator PT).

Verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Verifikator LPPM).

untuk lebih jelasnya bisa di unduh disini