Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyambut Hari Buruh Internasional

Sahabat dunia pgmi, tahukah kalian kapan hari buruh Internasional diperingati?,..hayooo tebak, yang pasti hari buruh Internasional diperingati pada tanggal 01 Mei 2019 dengan sebutan “May Day”, pada hari buruh Internasional tersebutkan, maka semua libur terutama para pekerja, karyawan, tenaga kerja perusahaan maupun pabrik. Kemudian awal mula hari buruh Nasional adalah ditetapkanya oleh Presiden kita bapak Susilo Bambang Yudoyono pada 01 Mei 2014, yang sampai sekarang diperingati, dulu era zaman Bapak Presiden Soeharto dilarang. Hari buruh Internasional merupakan peristiwa panjang bagi para pekerja setelah terjadinya revolusi Indutri, bagaimana saat itu para pekerja dipaksa bekerja 16 jam sehari, dibeberapa tempat kerja, waktu bekerja 19 jam perhari di dalam pabrik maupun perusahaan. hal ini menjadikan buruh merasah dirugikan.


Buruh Sedang Bekerja di Lahan Perkebunan


Awal mula hadirnya hari buruh merupakan sejarah pada tanggal 01 Mei 1886 sejumlah serikat pekerja yang ada di Negara Amerika Serikat melakukan aksi demonstrasi besar-besaran, dalam tuntutannya untuk diberlakukan bekerja selama 8 jam setiap hari serta adanya kenaikan upah yang layak buat buruh, dengan tuntutan tersebut terjadi demonstran besar-besaran diseluruh Negara AS, tidak kurang dari 100.000 buruh/tenaga kerja yang ada mogog massal. Hal ini terjadi berhari-hari sampai tanggal 04 Mei Malam, ini terjadi di alun-alun Chicago, sejumlah aktivis aksi bergantian menyampaikan aksinya dalam demo berlangsung. Jumlah demonstran berjumlah sekitar 3000an, karena hujan yang terjadi sangat deras sehingga pengunjuk rasa (buruh) meninggalkan lokasi.

Selanjutnya aparat ke amanan datang dengan jumlah 180 an ke lokasi para demonstran buruh, tetap suasana semakin memanas, bebeberapa para aktivis menjelaskan pada pihak aparat, akan tetapi tetap bersih keras membubarkan para demonstran buruh. Kata inspektur John Bonfield, “atas nama hukum saya memintak kalian membubarkan diri”. Pada saat itulah bom tiba-tiba meledak dekat polisi dan buruh, 67 luka-luka kena serangan, sementara 7 polisi tewas serta mulai menembaki demonstran, melukai 200 orang dan demonstran dan menewaskan beberapa orang., hal ini kabarkan majalah TIME menggambarkan peristiwa itu. Bom tersebut kemudian diketahui merupakan bom rakitan yang dibuat dari bahan-bahan dinamit dan kepingan tajam logam, begitu meledak arakitan bom, maka mengenai beberapa aparat polisi, kemudian hal ini dibalas oleh aparat polisi.


Memperingati Hari Buruh Internasional

Kemudian dalam peristiwa ini empat orang tewas dari barisan serikat buruh, serta kurang lebih 100 dari buruh ditahan, tidak diketahui orang yang melempar geranat kepada aparat polisi, dalam peristiwa di Chicago itu kemudian dikenal dengan insiden Haymarket atau kerusuhan Haymarket. Selanjutnya pada konfrensi Internasional sosialis tahun 1889 ditetapkan demonstrasi besar-besaran di Amerika Serikat dan Kanada serta insiden Haymarket sebagai momentum kelahiran perjuangan para buru. Karena awal mulai aksi tanggal 01 Mei 1886 maka ditetapkanlah sebagai hari buruh Internasional.

Demikianlah sobat dunia pgmi yang bisa kami bagi informasi mengenai hari buruh internasional yang ada dan berkembang serta peringatan hari buruh saat ini, yang terpenting dengan adanya hari buruh internasional merupakan momentum bagi kita semua utama para serikat buruh, bahwa kita semua berhak mendapatkan hak serta wajib mengikuti segala hal yang telah diatur dalam ketentuan perundang-undangan, akan tetapi undang-undang harus membela dan mementingkan nasib kaum buruh yang ada.

Bagaimana dengan peringan hari buruh di Indonesia sobat dunia pgmi?, di Indonesia sudah diperingati sejak 01 Mei 1920, namun pada masa orde baru hari buruh di Indonesia tidak lagi peringati serta adanya sebagai hari buruh sedunia. Resolusi dengan adanya peringatan hari buruh pekerja Internasional pada 01 Mei ini sebagai hari yang juga di sebut May Day, dengan libur dan memperingatinya. Lebih jelasnya baca juga https://www.merdeka.com/dunia/ini-sejarah-1-mei-dijadikan-hari-buruh-internasional-atau-may-day.html 

By : Taseman

Berlangganan via Email