Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Dan Manfaat PTK Penelitian Tindakan Kelas

Tujuan PTK dapat dicapai dengan menerapkan berbagai alternative untuk mengatasi masalah pembelajaran di kelas. PTK harus focus pada tindakan alternative yang direncanakan oleh guru, kemudian mencoba dan mengevaluasi. Apakah tindakan alternative tersebut dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. (Mahmud, 2011)



Adapun beberapa tujuan dari PTK (penelitian tindakan kelas), yakni sebagai berikut:

  • Untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas yang dipahami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar dan meningkatkan profesionalisme guru.
  • Peningkatan kualitas praktik pembelajaran dikelas secara terus-menerus, mengingat masyarakat berkembang secara cepat.
  • Peningkatan relevansi pendidikan, hal ini mulai dicapai melalui proses pembelajaran.
  • Sebagai alat untuk lebih inovatif terhadap pembelajaran.
  • Meningkatkan sifat profesional pendidik.
  • Membiasakan guru mengembangkan sikap ilmiah dan terbuka.


Selain itu, adapun manfaat penelitian tindakan kelas bagi siswa, guru, dan sekolah. Antara lain, sebagai berikut:

Manfaat bagi siswa dan pelajaran

Dengan adanya pelaksanaan PTK, kesalahan dan kesulitan dalam proses pembelajaran (baik strategi, teknik, konsep, dan lain-lain) akan dengan cepat dianalisis dan diagnosis, sehingga kesalahan dan kesulitan tersebut tidak akan berlarut-larut. Jika kesalahan yang terjadi dapat segera diperbaiki, maka pembelajaran akan mudah dilaksanakan, menarik, dan hasil belajar siswa diharapkan meningkat.


Ini menunjukkan adanya hubungan timbal balik antara pembelajaran dan perbaikan hasil belajar siswa. keduanya akan dapat terwujud, jika guru memiliki kemampuan dan kemauan untuk melakukan PTK.


Manfaat bagi guru

  • Guru memiliki kemampuan memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang mendalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya.
  • Dengan melakukan PTK, guru dapat berkembang dan meningkatkan kinerjanya secara profesional, karena guru mampu menilai, merefleksi diri, dan mampu memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya.
  • Melakukan PTK, guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.
  • Dengan PTK, guru akan merasa lebih percaya diri dan lebih memahami apa yang menjadi masalah di dalam kelas serta dapat menemukan solusi yang efektif. (Mahmud, 2011) 


Baca Juga: Pengertian PTK atau Penelitian Tindakan Kelas


Manfaat bagi sekolah

Sekolah yang para gurunya memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan atau perbaikan kinerjanya secara profesional, maka sekolah tersebut akan berkembang pesat. Sekolah tidak akan berkembang, jika gurunya tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri. Kaitannya dengan PTK, jika sekolah yang para gurunyya memiliki keterampilan dalam melaksanakan PTK tentu saja sekolah tersebut akan memperoleh manfaat yang besar, karena meningkatkan kualitas pembelajaran, mencerminkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. (Sanjaya, 2016)