Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Guru Sebagai Motivator dan Inspirator Bagi Para Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0


            Revolusi industri merupakan era dimana semua inovasi dapat berkembang dengan pesat. Era revolusi industri menjadikan manusia hidup dalam dunia digital yang serba maju dan canggih. Pada era ini semua mengalami banyak perubahan mulai dari adanya pasar baru yang mampu menggantikan pasar lama, hingga perubahan teknologi yang mampu menggantikan teknologi terdahulu. Begitu pula dalam dunia pendidikan, teknologi canggih sudah menjadi hal yang tidak lagi dapat dibendung. Oleh karena itu dunia pendidikan dituntut untuk berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

            Bericara dunia pendidikan tentunya tidak lepas dari peran guru sebagai kunci keberhasilan dari para siswa. Era revolusi industri akan menjadi tantangan yang baru bagi guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Khususnya bagi guru-guru yang belum mengerti akan pentingnya pendidikan berbasis online. Guru harus mempunyai kompetensi baru dalam mendidik siswa-siswi di era milenial sekarang ini. Karena tidak hanya peserta didik saja yang harus pandai dalam dunia digital, melainkan gurunya pun juga perlu. Guru dituntut supaya wajib untuk bisa menghidupkan literasi digital bagi para peserta didiknya. Pada era ini media pembelajaran sudah mulai menggunakan komputer, HP, proyektor, yang semuanya berbabis internet dengan jangkaun tidak terbatas. Otomatis para peserta didik dapat dengan mudah mengakses semua yang ingin mereka ketahui baik perihal materi pembelajaran maupun non pembelajaran.

Literasi digital tidak hanya proses pembelajaran Teknologi dan Informasi mengenai komputer, melainkan semua mata pelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.  Karena anak zaman milenial lebih tertarik membaca buku berbasis online dari pada buku cetak. Guru harus mampu meningkatkan keterampilan belajar tingkat tinggi dengan adanya perpaduan pendidikan karakter bagi peserta didik di era revolusi 4.0. Pola tersebut akan membuat guru mampu melompat lebih jauh ke depan dalam memberi bekal materi bagi peserta didik dengan kompetensi abad ke-21. Tujuannya adalah supaya pendidikan di era revolusi industri 4.0 tidak tertinggal dan selalu maju sesuai dengan perkembangan zaman.

            Tugas utama seorang guru adalah mendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, menilai, serta mengevaluasi setiap peserta didiknya. Tidak hanya mencerdaskan saja, namun guru juga harus mampu membentuk karakter serta kepribadian yang baik bagi peserta didik. Guru berperan sebagai pendidik dan orang tua di sekolah bagi para peserta didik, dan juga memberikan perhatian seta kepedulian yang tidak akan bisa tergantikan dengan canggihnya teknologi di era revolusi industri. Guru harus selalu berbenah diri dalam memberikan pendidikan supaya bisa mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Kompetensi guru harus selalu ditingkatkan, untuk menyiapkan para guru dalam menghadapi zaman yang terus berkembang. Ada tiga kompetensi yang wajib dimiliki oleh para guru pada zaman milenial saat ini. Tiga kompetensi tersebut meliputi.
11. Guru Wajib Bertindak Adil dan Memberikan Penilaian Secara Menyeluruh Terhadap Peserta Didiknya
Kemampuan belajar dari masing-masing peserta didik tentunya tidak sama. Dalam hal ini guru wajib untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didiknya. Baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun karakter dari setiap peserta didik. Guru harus memberikan kesempatan dan menampung ide kreativitas yang dimiliki dari masing-masing anak. Alangkah baiknya jika guru membuat laporan pencapaian hasil belajar untuk mengetahui kembali kemampuan dari para peserta didik supaya dapat terus ditingkatkan.

  2. Guru Harus Menguasai Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0
Guru harus mempunyai karakter yang jujur, sopan, bertanggung jawab, disiplin, dan pantang menyerah. Guru harus bisa memberi contoh dan menjadi contoh yang baik pagi para peserta didiknya. Karena nilai-nilai sosial seperti itu tidak akan bisa diperolah dari canggihnya teknologi di era revolusi industri. Guru dituntut untuk kreatif, kritis dan komunikatif agar proses pendidikan yang berlangsung mampu membawa peserta didik menjadi generasi yang siap dalam menghadapi kemajuan dan perkembangan zaman. Guru juga harus melek literasi pada abad ke-21, supaya dalam proses belajar mengajar tidak terjadi secara monoton dan hanya bertumpu pada media pembelajaran yang biasa saja sehingga peserta didik menjadi tidak berkembang.

33. Guru Mampu Melakukan Pembelajaran Inovatif dan Sesuai Dengan Passion Siswa
Pembelajaran yang disajikan haruslah enjoy dan siswa dituntut untuk lebih aktif dari pada gurunya. Dengan begitu siswa akan merasa lebih terlatih dalam mengolah kemampuan berfikirnya. Guru masa kini harus mampu menyediakan modul pembelajaran berbasis online tidak hanya paper. Namun tetap ada pengawasan dari guru serta orang tua. Tujuannya supaya peserta didik dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik dan tidak disalahgunakan untuk hal-hal lain yang bisa mengganggu proses pembelajaran. 

Jadi selain sebagai pembimbing, tentunya guru juga menjadi motivator dan ispirator bagi para peserta didiknya supaya peserta didik tidak terbelenggu pada era revolusi industri 4.0 yang semua teknologi serba canggih. Agar kedudukan guru tidak tergantikan oleh teknologi, guru harus paham dan mengerti akan literasi digital.

Oleh Nabila Retno

Berlangganan via Email