Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tegar dan Tabah Kunci Utama Hidup

Tegar
Tiada makna yang patut kita sematkan bagi orang yang memiliki kegigihan dan kekuatan untuk mampu bertahan selain ia tegar dan tabah dalam setiap keadaan serta kondisi. Sikap tegar atau tabah hanya mudah diucap, akan tetapi secara substansi memiliki nilai makna kekuatan bagi orang bisa bertahan di zona yang tidak stabil dan ia masi bisa tegar dari segala hal yang mengujinya, tegar dalam hal ini bisa masalah peribadi, hubungan percintaan, hubungan kekerabatan, hubungan persaudaraan ataupun yang lain yang dilanda ujian bagi yang menerimanya untuk tetap tegar tabah dan bersabar dengan kejadian yang dialami. Tegar dan tabah dua kata yang tidak dapat dipisah manakalah tiap manusia mengalami kesusahan ataupun kesulitan untuk tetap tegar atau tabah dalam mengahadapi.

Karen setiap ujian yang diberikan Allah swt melatih kita agar tegar dan tabah menghadapinya, karena kita akan diangkat drajat, tanpa ujian dan cobaan manusia tak akan tahu bagaimana prose situ berjalan (sunatullah) dengan semestinya. Sikap tegar dan tabah pada hakikatnya menyuruh kita untuk bersabar lebih dekit lagi, karena banyak diantara kita tiada mampu menahan kesabaran untuk tetap tegar dan tabah dalam menghadapi ujian, cobaan dan musibah yang terjadi, sehingga selalu menyalahkan bahkan mencari bahan pelampiasan dari sikap tidak tegar dan tabah. 

Banyak diantara kita bisa melihat dan memperhatikan sekeliling kita bagaimana masih banyak orang yang kehidupan dibawah (masih kekurangan), dibanding kita yang diberikan kelebihan oleh Allah swt dalam berbagai macam hal, bisa menikmati pendidikan, kehidupan yang layak dengan terpenuhinya kebutuhan baik sandang pangan paman serta kebutuhan dari yang terkecil maupun besar (kebutuhan skunder dan trasier). Perlu ucap syukur kita pada Allah swt atas anugrah nikmat yang diberikan sehingga apa yang kita butuhkan Allah swt memberikan, oleh karena itu tegar dan tabah merupakan kunci penambah nikmat Allah swt kepada kita agar lebih banyak bersyukur dan ber-terima kasih.

Berlangganan via Email