Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menyusun soal HOTS dengan mudah

Undang-undang pendidikan mengamanatkan terselenggaranya kurikulum 2013 dalam rangka mempersiapkan pebelajar yang mampu hidup sebagai pibadi dan warga nergara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan afektif serta memiliki kemampuan berkontribusi dalam kehidupan mermsayarakat, berbangsa dan bernegara serta peradaban dunia. 
Rumah Gosip


Unutk mewujudkan amanat tersebut senantiasa dilakukan perbaikan secara tersistematis seperti pemberlakukan kurikulum secara berjenjang mulai tahun ajaran 2013/2014 hingga target pelaksanaan di tahun ajaran 2018/2019 diprogramkan seluruh satuan pendidikan telah menerapkan kurikulum 2013.

Adanya penetapan target dibarengi dengan langkah strategis dalam mewujudkannya mulai dari penyediaan bahan/materi hingga peningkatan SDM melalui pelatihan secara berjejang, selain itu materi dan prosedur yang telah dirancang senantiasa dilakukan revisi demi penyempurnaan kurikulum.

Boomingya istilah Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam dunia pendidikan di Indonesia yakni setelah adanya revisi kurikulum 2013 hal ini berbarengan dengan adanya revisi perangkat pembelajaran yang dikenal dengan istilah Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) terintegrasi. RPP teritegrasi adalah perangkat pembelajaran yang didesain dengan mengintegrsikan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. 

HOTS merupakan kemampuan berfikir tingkat tinggi dalam bentuk kemampuan berfikir secara kritis, kreatif, logis, reflektif, serta kemampuan metakognitif, dalam tingkatan berfikir Taksonomi Bloom HOTS berada pada level menganalisis (C4),  Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6). Seorang pendidik wajib memahami bagaimana cara atau strategi menyusun soal HOTS dengan mudah.

Cara menyusun soal HOTS
1. Melakukan analisis terhadap Kompetensi Dasar (KD) yang akan dibuatkan Soal HOTS
2. Menyusun kisi-kisi soal HOTS
3. Menulis butir soal HOTS berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat
4. Membuat pedoman penilaian atau pedoman penskoran terhadap setiap butr soal
5. Melakukan telaah terhadap soal yang telah dibuat 
6. Melakukan revisi berdasarkan hasil telaah soal
7. Mengimplementasikan soal HOTS yang telah dibuat

Berikut contohnya yang anda bisa unduh dalam format excel
Demikian semoga memberi bermanfaat, dan jangan lupa kunjungi kami nanti untuk mendapat info terbaru dari kami. 

Berlangganan via Email