Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Pendidikan Attitude Itu Penting?

Problematikan pendidikan yang di alami oleh negri ini terlampau banyak, mulai dari sumber daya manusia, attitude dari peserta didik maupun pendidik, sarana dan prasarana penunjang dari keberhasilan suatu pendidikan juga  menjadi problematika  pendidikan yang di hadapi oleh bangsa Indonesia ini, lantas apakah yang harus di lakukan dalam memecahkan masalah tersebut? Atau dengan minimal memcahkan salah satu dari peoblematika yang di alami oleh pendidikan yang ada di Indonesia ini. Misalnya denggan persoalan attitude yang terjadi di dalam dunia pendiidkan bangsa Indonesia ini.

Attitude

Pendidikan dasar merupakan suatu pondasi bagi anak untuk menjadikannya manusia yang berkualitas, dan melalui pendidikan dasar peserta didik di bekali dengan kemampuan dasar yang berhubungan dengan kemampuan berfikir yang kritis , menulis, membaca , berhitung, serta juga di bekali dengan kemampuan komunikasi yang memudahkan dan juga merupakan dari tuntutan kemajuan zaman, kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah, bahasa ibu maupun juga bahasa Internasional.untuk mempermudah dalam kehidupan  bermsyaeakat. Akan tetapi juga pendidikan dasar di lengkapi dengan pendidikan keagamaan yang berjuan untuk menjadikan peserta didik tidak hanya menjadi manusia yang mampu dan pintar dalam hal akademis, akan tetapi juga menjadi manusia yang agamis.

Tetapi, mari kita lihat bersama bahwasanya memasukkan pendidikan agama ke dalam pendidikan dasar juga belum memecahkan masalah pendidikan terkait dengan attitude yang terjadi di Indonesia ini, banyak masalah yang mencoreng dunia pendidikan di negri ini, contohnya beberapa waktu yang lalu ada seorang siswa yang dengan sengaja membully atau tidak menganggap guru tersebut, dan juga ada seorang dari tenaga pendidikan yang mencabuli siswa nya sendiri. Kasus tersebut menjadikan bukti bahwasanya problematika dalam hal attitude ini belum ter pecahkan hingga saat ini.Dalam pendidikan dasar terebih khusus dari Madrasah Ibtida’iyah (MI) sangat penting untuk menekankan kepada peserta didik tidak hanya di bidang akademis tetapi di bidang keagamaan. Pendidikan islam yang ada di MI sudah di atur dan juga memiliki standart yang baik. Yaitu dengan ada nya pendidika Aqidah Akhlak perserta didik di ajarkan tentang akhlakhul karimah, akan tetapi tidak hanya sampai di situ, jika kita hanya mempelajarinya tetapi tanpa ada praktik di dalamnya maka sama saja, tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Pendidikan Akhlak sangatlah di butuhkan dalam era seperti sekarang ini, dan juga implementasinya dalam kehidupan sehari-hari  tidak hanya di sekolah akan tetapi di rumah juga, lingkungan bermain. Tetapi guru memiliki keterbatasan untuk mengawasi siswa dalam setiap satu hari penuh, maka dari itu berkerja sama dengan walimurid uga sangat di butuhkan untuk memantau peserta didik sehingga kita sebagai guru mudah mengevaluasi peserta didiknya.

Tidak sampai di situ saja, contoh prilaku dan juga tutur kata yang sopan dari guru dan juga orang tua juga mempengaruhi sikap dari seorang anak, yang mudah sekali menirukan orang dewasa seperti kita. Maka dari itu sebagai gurur dan juga orangtua di harapkan agar menjaga sikap dan juga tutur kata saat di depan anak –anak, pembiasaan diri untuk melakukan perbuatan baik juga dapat berpengaruh untuk jenjang yang selanjutnya. Di karenakan suatu pondasi itu penting untuk membekali anak atau peserta didik kedepan ke jenjang selanjutnya.

Dapat di simpulkan bahwasanya problematika attitude dalam pendidikan di Indonesia dapat di atasi , tidak hanya dengan memberikan pelajaran keagamaan saja, akan tetapi dengan contoh tindakan dan tutur kata yang baik dari seorang guru maupun orang tua di rumah di harapkan dapat membentuk anak atau peserta didik dengan memiliki kemampuan akademis yang bagus, tetapi juga memiliki attitude atau prilaku akhlakul karimah yang baik nan menyejukkan hati. 

By : Auliyah Imaroatul H

Berlangganan via Email