Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGAIMANA MANFAAT MUSIK UNTUK JURUSAN PGMI UINSA SURABAYA?

PGMI adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.PGMI \Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan prodi unggulan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunana Ampel Surabaya. Di PGMI mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya untuk mengajar di Madrasah Ibtidaiyah atau dipersiapkan untuk menjadi guru yang berkompeten. PGMI memfasilitasi mahasiswanya untuk mempelajari ilmu Keguruan juga mengembangkan minta dan bakatnya dalam paduan suara, banjari, tari, dan kemampuan berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Prodi.


Musik


Namun sayangnya PGMI tidak memfasilitasi mahasiswanya  yang ingin mengembangkan bakatnya dalam senin MUSIK. Dalam bentuk pengurusan surat  izin dan, mungkin dipakainya alat2 musik itu pas ada acara PGMI sendiri aja, tidak dibentunya group band dari PGMI itu sendiri, jadi anak-anak PGMI yang mempunyai skill bermain musik terutama yg sudah fakum, tidak adanya  tempat (studio) untuk latihan. Hal inilah yang sangat disayangkan, karna mengingat sebagai calon guru bakat yang dimiliki sangatlah penting untuk dikembangkan, guna menjadi bekal untuk mengajar. Padahal musik sangatlah bermanfaat untuk pembelajaran, berikut ini adalah manfaat musik untuk membantu perkembangan belajar anak :
  1. Musik akan membuat siswa rileks dan mengurangi stress yang akan menghambat proses pembelajaran. 
  2. Merangsang kreativitas dan kemampuan berpikir siswa sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik.
  3. Membantu kreativitas dengan membawa otak pada gelombang tertentu. 
  4. Merangsang minat baca, keterampilamn motorik dan perbendaharaan kata.
  5. Sangat efektif untuk proses pembelajaran yang melibatkan pikiran sadar maupun pikiran bawah sadar.

Manfaat musik jmyg sebenarnya itu tergantung pada cara kita menggunakannya, kapan dan apa saja jenis musikya. Berikut ini penggunaan musik dalam pembelajaran :
  1. Musik digunakan sebaagai pembukaan sehingga pada waktu yang sesuai akan sangat membantu mempengaruhi perhatian siswa di awal proses pembelajaran.
  2. Musik digunakan sebagai pembatas waktu, contohnya jika  guru memberikan tugas kepada siswa, maka guru dapat membatasi waktu untuk mengerjakan tugas sampai selesai musik tersebut.
  3. Musik digunakan untuk membantu diskusi, saat melakukan diskusi mainkan musik sebagai latar belakang. Peran musik disini adalah untuk menciptakan atmosfir yang mendukung proses diskusi.
  4. Musik digunakan untuk membangkitkan semangat dan energi, saat suasana kelas agak menurun, siswa sudah mulai mengantuk, bosan, atau letih mainkan musik dengan tempo yang tinggi sambil melakukan gerak badan atau brain gym. 
  5. Musik untuk penutup, jika ada musik pembukaan maka harus ada musik penutup. Musik ini dimainkan saat siswa telah selesai belajar dan bersiap untuk pulang sehingga pada saat pulang siswa dapat pulang dengan senang dan gembira.


Jadi, musik itu banyak manfaatnya bagi pembelajaran dan mahasiswa PGMI pasti ada yg beringinan menjadi guru musik meski belajar dari nol. Dan yang sudah mempunyai skill bermusik pastinya ingin dikembgkan lagi dan lagi terus menerus. Mengingat pentingnya musik dalam membantu perkembangan pembelajaran anak usia dini sudah sewajarnya jika PGMI UIN sunan Ampel  menjadikan ketrampilan bermusik menjadi pengembangan diri yang dapat diikuti mahasiswa Pgmi Uin Sunan Ampel Surabaya. Sudah sepatutnya juga PGMI menyediakan ruangan untuk latihan mengasah kemampuan bermusik, mengingat PGMI UIN Sunan Ampel sudah memiliki alat musik seperti gitar listrik, bass, keyboard, dll. Untuk masalh talenta dan pengalaman bermusik yang dimiliki mahasiswa Uin sunan Ampel tidak perlu diragukan lagi karena banyak mahasiswa PGMI UIN Sunan Ampel yang dahulunya adalah pemain drumband, pemain band, dll.

Pengembangan diri musik di PGMI UIN sunan Ampel jika di adakan, akan membantu akreditasibagiUIN Sunan Ampel sendiri. Selainitu apabila di pupuk dapat menjadi prestasi yang dapat dibanggakan oleh PGMI. Ketrampilan bemusik dapat juga berperan penting sebagai bekal menjadi guru madrasah ibtidaiyah. Karena pada dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah sering kali menyewa guru musik dari luar sekolah, karena tidak memiliki guru eklas yang dapat mengajarkan musik. Apabila PGMI UIN Sunan Ampel mampu menghasilkan lulusan PGMI yang memiliki point plus sebagai guru musik akan jauh lebih bermanfaat untuk mengatasipersaingan. Dalam pembelajaran seni budaya dan ketrampilan terdapat materi tenntang membaca tangga nada, macam-macam tempo, dll yang berhubungan dengan musik. Dengan adanya pengembangan diri musik ini dapat menambah ilmu yang tidak didapatkan mahasiswa PGMI UIN Sunan Ampel di mata kuliah seni budaya dan ketrampilan.karena pada dasaranya mata kuliah seni budaya dan ketrampilan langsung praktek bermain alat musik tanpa teori.

Mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari musik untuk anak dan guru, diharapakan PGMI UIN Sunan Ampel memfasilitasi mahasiswanya untuk menegmbangkan kemampuan musik dengan bilmbingan dosen yang dapat menambah wawasan bermusik mahasiswa PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya.

By : M Rihi Sujjadan

Berlangganan via Email