Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU?

Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap guru. Karena dengan melakukan sebuah kegiatan pembelajaran ini maka seorang guru tersebut akan dapat berkembang dengan baik. Ketika kita membicarakan tentang kegiatan pembelajaran ini maka kita mungkin akan langsung mengarahkan pandangan kita pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung disekolah. Terlintas pandangan kita,bagaimana kegiatan pembelajaran disekolah tersebut dapat berjalan baik sesuai konsep kurikulum?

Perencanaan Pembelajaran Bermakna


Tentunya untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif ini memerlukan banyak komponen yang harus diperhatikan. Bebarapa di antaranya adalah mengenal tenaga pendidik, para peserta didik, media pembelajaran,materi pembelajaran,strategi pembelajaran dan perencanaan kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut masing-masing harus dapat digunakan secara maksimal agar proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung efektif.

Jika kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan sebuah perencanaan pembelajaran yang benar-benar matang maka akan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh. Yang pertama adalah mengenai semakin mudahnya para tenaga pendidik/guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didik/seorang murid.

A. apa pengertian perencanaan pembelajaran?
Pembelajaran pada dasarnya merupakan proses aktivitas yang dilakukan secara tertata dan teratur, berjalan secara logis dan sistematis mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya. Setiap kegiatan pembelajaran bukan merupakan proyeksi keinginan dari guru secara sebelah pihak, akan tetapi merupakan perwujudan dari berbagai keinginan yang dikemas dalam suatu kurikulum.

B. bagaimana cara agar mencapai tujuan pembelajaran?
1. Seorang guru yang ingin melibatkan diri dalam suatu kegiatan perencanaan, harus mengetahui prinsip-prinsip perencanaan, seperti yang dikemukakan oleh segala yang meliputi: 
2. Menetapkan apa yang mau dilakukan oleh guru,kapan dan bagaimana cara melakukanya dalam implementasi pembelajaran.
3. Membatasi sasaran atas dasar tujuan intruksional khusus dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui proses penentuan target pembelajaran.
4. Mengembangkan alternatif-alternatif yang sesuai dengan strategi pembelajaran.
5. Mengumpulkan dan menganalisis informasi yang penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

C. tujuan dan fungsi perencanaan pembelajaran?
Tujuan pembelajaran pada dasarnya adalah rumusan kualifikasi kemampuan yang harus dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Rumusan kualifikasi kemampuan yang harus dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Rumusan kualifikasi kemampuan yang harus dimiliki sisiwa setelah mengikuti pembelajaran tersebut dalam pembelajaran tersebut dengan “perubahan perilaku”(change of behavior). Adapun jenis perubahan perilaku tersebut secara garis besarnya meliputi bidang pengetahuan (kognitif),sikap(apektif) dan keterampilan (psikomotor). Selain dari memiliki tujuan, perencanaan pembelajaran pun memiliki fungsi, yaitu menurut secara spesifik fungsi perencanaan pembelajaran tersebut diantaranya adalah:
1. Mengorganisir pemebalajaran
2. Berpikir lebih kreatif untuk mengembangkan apa yang harus dilakukan siswa
3. Menetapkan sarana dan fasilitas untuk mendukung pembelajaran
4. Memetakan indikator hasil belajar dan cara untuk mencapainya 
5. Mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajaran

Dengan mempelajari pengertian,prinsip serta tujuan perencanaan pembelajaran maka kami menyimpulkan :
1. Memudahkan dalam menyusun setiap rencana pembelajaran
2. Membantu tenaga pengajar untuk memperjelas tujuan pendidikan
3. Membantu guru memberi pemahaman yang lebih jelas kepada peserta didik
4. Mengurangi kegiatan belajar yang tidak ada makna dan tujuan yang jelas
5. Membantu tenaga pendidik dalam mengelola proses pembelajaran agar terorganisir dan teratur.
DAFTAR PUSTAKA 
Hernawan, H A dkk, 2007,Belajar dan pembelajaran,Bandung : Upi press
Djalil Aria, dkk, 2008, pembelajaran kelas rangkap,jakasrta: Universitas terbuka
Suryanto adi, dkk, 2008,evaluasi pembelajaran di SD, jakarta : Universitas terbuka
https://sumberbelajarsmkn10.wordpress.com/kompetensi-profesional/konsep-dasar-perencanaan-pembelajaran/

By : Putri Farihanum M

Berlangganan via Email