Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Strategi pembelajaran digunakan dalam pembelajaran?

Halo apa kabar? Semoga baik baik saja ya.  Oh iya, saya kali ini akan membahas tentang strategi pembelajaran dan apa saja strategi pembelajaran itu dan ada berapa?

Strategi Pembelajaran


Nah, selanjutnya Apa yang kamu ketaui tentang strategi pembelajaran? Pengertian strategi pembelajaran secara garis besar yaitu rencana atau program pembelajaran yang mementingkan proses penyampaian materi secara lisan dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan tujuan agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara maksimal atau bisa dikatakan maksud usaha dan tindakan seorang guru untuk mencapai target yang telah di tentukan. Bahkan dari kata strategi ini juga bisa dimaknai sebagai model umum kegiatan guru dan murid dalam mewujudkan suatu kegiatan belajar mengajar untuk mencapai harapan yang telah di gariskan. Nah, yang harus kita ketahui bahwasannya banyak orang yang berasumsi jikalau strategi, metode, model, pendekatan dan teknik pembelajaran itu sama. Padahal, dari kata tersebut dari segi maknanya saja sudah berbeda, bahkan pula kebanyakan orang orang menyamakan hal tersebut, dan kengawuran tersebut perlu kita ralat.

Bagaiamana caranya untuk merubah kekeliruan yang telah popular tersebut? Nah, hal yang harus kita lakukan adalah mengenalkan arti dari makna kata tersebut khususnya bagi para guru kalau antara kata satu dengan yang lain mempunyai peran sendiri sendiri.
1. Strategi pembelajaran
Suatu tindakan atau rencana dan penggunaan metode untuk memanfaatkan berbagai sumber kekuatan dalam sebuah pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hasil.

2. Metode pembelajaran
Sebuah cara yang dipakai dalam penerapan rencana yang telah disusun dalam kegiatan konkret untuk mencapai poin pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam strategi pembelajaran seperti ceramah, simulasi, diskusi.

3. Model pembelajaran
Suatu bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal hingga pembelajaran yang disusun secara khas oleh seorang pengajar.

4. Teknik pembelajaran
Suatu cara yang dilakukan seorang pengajar dalam melaksanakan pembelajaran secara khusus seperti penggunaan metode ceramah.

5. Pendekatan pembelajaran 
Prospek maupun titik tolak seorang guru terhadap teknik berlangsungnya pembelajaran, yang menyatakan terhadap suatu pandangan. Sifatnya sangat umum karena didalamnya menguatkan, menampung, memotivasi dan melatari metode dalam pembelajaran.

Dalam penyusunan sebuah strategi  baru, dibutuhkan proses penuyusunan plan kerja meskipun belum sampai tahap tindakan. Sebuah strategi dirancang untuk mencapai mencapai suatu tujuan, yang artinya bahwa setiap petunjuk dari segala keputusan rancangan strategi adalah bentuk pencapaian target. Ada beberapa macam strategi pembelajaran yang perlu dilakukan seorang guru :

1) Strategi pembelajaran ekspositori
Strategi pembelajaran ekspositori yaitu strategi pemelajaran yang titik tumpunya pada proses penyampaian sebuah Materi secara lisan dari pendidik kepada sekelompok siswa dengan tujuan supaya siswa dapat memahami materi secara maksimal. Strategi pembelajaran ini merupakan suatu bentuk dari pendekatan pembelajaran yang orientasinya kepada seorang pendidik, mengapa demikian? Sebab, dalam strategi tersebut guru sangat berpengaruh atau berperan penting.

2) Strategi pembelajaran inquiry
Strategi pembelajaran inquiry atau yang biasa disebut dengan SPI yaitu rangkaian pembelajaran yang acaranya memfokuskan pada proses berbicara dan berpikir secara  logis dan kritis untuk mencari dan menemukan jawaban dari masalah yang dipersoalkan.

3) Strategi pembelajaran inkuiri sosial 
Strategi pembelajaran inkuiri sosial yaitu strategi pembelajaran yang rangkaian kegiatan belajar mengajarnya melibatkan secara optimal dari seluruh kemampuan atau potensi siswa untuk menganalisis dan mencari secara logis, kritis, sistematis, analitis, sehingga mereka mampu merumuskan penemuannya sendiri dengan sikap penuh percaya diri.

4) Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir 
Strategi pembelajaran peningkatan kemapuan berpikir yaitu strategi  yang menitikberatkan pada kemampuan berpikir siswa.  Dalam pembelajaran strategi ini pula, guru tidak menyajikan langsung begitu saja kepada siswa, tetapi siswa juga harus dibimbing untuk proses menemukan sendiri rancangan yang harus di kuasai pelantaran proses dialogis terus menerus dengan memanfaatkan pengalaman.

5) Strategi pembelajaran kooperatif 
Strategi kooperatif atau yang biasa disebut strategi kelompok adalah sistem kegiatan belajar mengajar siswa dalam kelompok kelompok tertentu untuk mencapai suatu keinginan pembelajaran yang telah dirumuskan. Strategi ini menggunakan sistem tim kecil atau pengelompokkan dan pengelompokannya itu mulai dari empat sampai enam orang yang memiliki latar belakang potensi akademik, ras, jenis kelamin, atau suku yang berbeda. Sistem penilaian tersebut dilakukan terhadap kelompok dan setiap kelompok akan mendapatkan reward jika kelompok tersebut menunjukkkan persyaratkan.

6) Strategi pembelajaran kontekstual CTL
Contextual teching learning atau yang biasa disebut dengan strategi kontekstual yaitu rancangan belajar yang membantu seorang pendidik menghubungkan materi antara kondisi dunia nyata siswa dengan materi pembelajaran dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

7) Strategi pembelajaran afektif
Strategi pembelajaran afektif sangat berbeda dengan strategi pembelajaran keterampilan dan yang kognitif. Afektif hubungannya dengan nilai yang sulit ditakar sebab menyangkut kesadaran yang tumbuh dalam seorang diri siswa. Akan tetapi, penilaian yang menjadi kesimpulan sampai saat ini harus bisa dipertanggungjawabkan dan membutuhkan kejelian dan observasi secara menerus dan hal tersebut sangatlah tidak mudah untuk dilakukan.

8) Strategi pembelajaran berbasis masalah
Strategi pembelajaran masalah dapat ditafsirkan sebagai runtutan kegiatan pembelajaran yang memfokuskan pada proses pemecahan masalah yang dihadapi secara ilmiah. Nah, lantas metode apa yang tepat untuk menggambarkan strategi ini? Ada dua metode untuk strategi pembelajaran berbasis masalah yaitu:
a. Metode problem solving
Bukan hanya sekedar mengajar, akan tetapi juga metode berpikir. Sebab, dalam metode tersebut dapat menggunakan metode yang lain, dimulai dari mencari data sampai pada menarik suatu kesimpulan.
b. Metode diskusi
Siswa dituntut agar mampu menemukan titik permasalahan dan memecahkannya dari masalah yang sedang dihadapi dengan cara berdiskusi.

Sekian dan semoga artikel dari saya bermanfaat bagi yang mau memabacanya. 
By: Layyinatul Fadlilah

Berlangganan via Email