Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana STRATEGI PEMBELAJARAN?

PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Di dunia pendidikan, strategi dapat diartikan sebagai sebuah rencana, metode, atau rangkaian aktifitas yang dibuat oleh para guru agar peserta didik dapat mencapai tujuan dari proses pembelajaran. Menurut Sanjaya (2007), strategi dalam dunia pendidikan diartikan sebagai sebuah perencanaan yang didalamnya berisi tentang kegiatan yang dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, dapat disimpulkan strategi pembelajaran adalah sebuah rencana kegiatan yang menggunakan metode dan memanfaatkan berbagai fasilitas maupun kekuatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Akan tetapi, sebelumnya harus menentukan rumusan tujuan yang jelas agar dapat diukur keberhasilannya.

MACAM-MACAM STRATEGI PEMBELAJARAN DAN METODENYA
Berikut ini adalah beberapa macam strategi pembelajaran:
1. Strategi Ekspositori
Strategi ekspositori adalah strategi pembelajaran yang mana lebih menekankan berorientasi kepada guru. Disini guru akan menyampaikan materi secara verbal kepada siswa. Dalam strategi ini guru memegang peranan yang sangat penting karena strategi ini lebih berpusat pada guru. Berikut beberapa metode yang menggambarkan strategi ekspositori:
a. Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode dimana guru akan menjelaskan materi secara lisan kepada para siswa agar mencapai tujuan tertentu. Metode ini sesuai dengan strategi ekspositori yang mana menggunakan ceramah satu arah.
b. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode dimana guru akan menjelaskan materi dengan cara memperagakan suatu proses atau situasi yang sedang dipelajari kepada para siswa. 
c. Metode Sosiodrama
Metode sosidrama adalah metode yang pada dasarnya mendramatisasi tingkah laku yang hubungannya dengan masalah sosial. Guru kan akan memberikan penjelasan kepada para siswa dengan mendramatisasikan tingkah laku.
2. Strategi Inkuiri
Strategi inquiry adalah strategi pembelajaran yang mana lebih menekankan berorientasi kepada siswa. Disini siswa akan dituntut untuk berfikir secara kritis dan analitis agar dapat mencari dan menemukan sendiri jawaban dari sebuah masalah. Dalam strategi ini menempatkan siswa sebagai objek karena lebih menekankan kepada aktifitas siswa. Strategi inquiry ini menekankan untuk membangun intelektual siswa. Berikut beberapa metode yang menggambarkan strategi inkuiri:
a. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu metode yang menyajikan materi melalui cara memecahkan masalah dan menganalisis secara terbuka sehingga para siswa akan melakukan diskusi untuk memecahkan sebuah masalah yang telah diberikan oleh guru. Dengan metode ini akan membuat siswa menjadi lebih aktif.
b. Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalah suatu metode yang menyajikan materi dengan guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan suatu pekerjaan sehingga dapat membuat siswa enjadi aktif.
c. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu metode yang membuat siswa melakukan percobaan untuk mempelajari dan membuktikan materi yang telah mereka pelajari. Jadi metode ini juga dapat membuat siswa menjadi aktif dengan berdasar pada pengalaman mereka.
d. Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah suatu metode dimana guru menyajikan materi dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh para siswa. Akan tetapi, dapat pula pertanyaan dari siswa kepada guru. Dengan metode ini membuat siswa mempunyai kesempatan untuk bertanya perihal materi yang belum dipahami.
3. Strategi Inkuiri Sosial
Strategi inkuiri sosial adalah strategi pembelajaran yang melibatkan kemampuan siswa secara keseluruhan untuk mencari dan menyelidiki secara lebih sistematis, kritis, logis, dan analitis sehingga dapat menyimpulkan sendiri dengan percaya diri. Berikut beberapa metode yang menggambarkan strategi inkuiri sosial:
a. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu metode yang membuat siswa melakukan percobaan untuk mempelajari dan membuktikan materi yang telah mereka pelajari. Jadi metode ini juga dapat membuat siswa menjadi aktif dengan berdasar pada pengalaman mereka.
b. Metode Latihan
Metode latihan adalah suatu metode yang mungkin hampir sama dengan metode penugasan. Dimana siswa akan diajarkan melatih kemampuan yang mereka miliki agar semakin terbiasa.
4. Contextual Teaching and Learning (CTL)
Contextual teaching and learning adalah strategi pembelajaran yang mana lebih menekankan agar siswa lebih terlibat secara penuh dalam proses pembelajaran agar dapat menemukan materi yang akan dipelajarinya dan akan dihubungkan dengan kondisi kehidupan yang nyata sehingga mereka akan terdorong untuk menerapkannya dalam dunia nyata. CTL sendiri memiliki beberapa karakteristik diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Pembelajaran dilakukan dalam konteks yang autentik.
b. Memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan tugas yang bermakna.
c. Pembelajaran akan memberikan pengalaman bermakn kepada siswa.
d. Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan membentuk kelompok, berdiskusi antar siswa.
e. Pembelajaran dapat memberikan rasa kebersamaan dan saling memahami antar sesama siswa.
f. Pembelajaran akan dilakukan secara aktif, produktif, kreatif, dan sealu mementingkan kerja sama antar siswa.
g. Pembelajaran dilakukan dengan kondisi yang menyenangkan bagi siswa.
5. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Stategi pembelajaran berbasis masalah adalah strategi belajar yang mana lebih menekankan bagaimana memecahkan sebuah masalah secara ilmiah. Sehingga membuat siswa berpikir kritis. Berikut beberapa metode yang menggambarkan strategi pembelajaran berbasis masalah:
a. Metode Problem Solving
Metode problem solving adalah bukan hanya metode mengajar tetapi juga metode perpikir, karena metode ini dimulai dengan mencari data hingga membuat kesimpulan pemecahan masalah.
6. Strategi Kooperatif
Stategi kooperatif bisa juga disebut strategi pembelajaran secara berkelompok merupakan kegiatan belajar yang dilakukan oleh para siswa dilakukan secara berkelompok, baik kelompok besar atau juga kelompok kecil yang didalamnya terdapat siswa yang heterogen. Berikut beberapa metode yang menggambarkan strategi kooperatif atau berkelompok:
a. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu metode yang menyajikan materi melalui cara memecahkan masalah dan menganalisis secara terbuka sehingga para siswa akan melakukan diskusi untuk memecahkan sebuah masalah yang telah diberikan oleh guru. Dengan metode ini akan membuat para siswa menjadi salaing berinteraksi dalam satu kelompok untu memecahkan masalah.


By : Eko Wahyu Dyah

Berlangganan via Email