Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGAIMANA STRATEGI PEMBELAJARAN?

Assalamu'alaikum wr. wb. Halo teman teman semua bertemu lagi nih. Disini saya akan membahas suatu materi yang berkaitan dengan strategi pembelajaran. Apakah kalian sudah tau apasih strategi pembelajaran itu? Untuk lebih lengkapnya yuk mari kita simak artikel di bawah ini. Selamat membaca:

Bagaimana strategi pembelajaran?

A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Pengertian Strategi pembelajaran secara bahasa berasal dari kata  “Strategia” yang artinya seni penggunaan rencana dalam meraih suatu tujuan. Strategi pembelajaran diartikan sebagai perencanaan rangkaian kegiatn yang dirancang guna untuk meraih suatu tujuan dalam bidang pendidikan. Secara Istilah sendiri Strategi pembelajaran diartika sebagai suatu rencana, metode dan perangkat aktivitas yang terencana untuk meraih tujuan pembelajaran. Definisi lain dari strategi pembelajaran yaitu suatu rencana rangkaian kegiatan yang pada pemakaian metode dan penggunaan akan semua sumber daya atau kekuatan demi adanya pembelajaran yang disusun untuk meraih tujuan tertentu.

B. Definisi dari Strategi Pembelajaran menurut para ahli yaitu :
1. Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977)
Definisi strategi pembelajaran menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril adalah strategi  pelajaran yang mana diorganisasikan, di sistematiskan dan di rincikan yang berpacu pada konsep.
2. Gerlach dan Ely (1980)
Definisi strategi pembelajaran menurut Gerlach dan Ely adalah suatu cara untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran yang di fokuskan pada sifat, lingkup dan membagikan sebuah pengalaman belajar pada siswa guna untuk memacu dan memotivasi siswa.
3. Dick dan Carey (1985)
Pengertian strategi pembelajaran menurut Dick dan Carey adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.
4. Frelberg dan Driscoll (1992)
Pengertian strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula.
5. Frelberg dan Driscoll (1992)
Pengertian strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll adalah untuk mencapai berbagai tujuan dalam memberi materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda pula.

C. Macam Macam Strategi Pembelajaran
Dibawah ini adalah macam - macam dari strategi pembelajaran.
1. Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE)
Strategi pembelajaran ekspositori yaitu strategi pembelajaran yang berpacu pada suatu materi yang disampaikan oleh guru kepada sekelompok siswa dalam lingkup belajar guna untuk membuat siswa lebih menguasai dan memahami materi yang di sampaikan. Pada strategi pembelajaran ekspositori ini mengutamakan pada sudut pandang guru sebagai pelaku utama dalam strategi ini. Karena guru berperan penting dalam strategi pembelajaran ini yang mana guru yang harus menyampaikan materi. Dalam sistem ini guru menyampaikan materi dalam bentuk yang sudah di persiapkan agar nantinya siswa dapat menangkap dan memahami materi secara maksimal.

2. Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)
Strategi Pembelajaran Inquiry (SPI) yaitu suatu strategi pembelajaran yang mana lebih mengutamakan dari segi pemikiran, pemikiran yang kritis dan konseptual dengan materi yang telah ada maupun yang telah di sampaikan.  Proses berpikir ini biasa dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari pendekatan yang lebih mengutamakan peran siswa di dalamnya. Hal ini juga sebagai bentuk melatih kecerdasan intelektual siswa dalam berpikir. Perkembangan mental (intelektual) itu menurut Piaget dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu maturation, physical experience, social experience dan equilibration.

3. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)
strategi pembelajaran berbasis masalah yaitu suatu rangkaian strategi pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses penyelesaian suatu masalah yang mana dihadapi dengan cara ilmiah dan kritis. Dilihat dari aspek psikologi belajar SPBM bersandarkan kepada psikologi kognitif yang berangkat dari asumsi bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman. dengan adanya strategi pembelajaran ini siswa dilatih untuk menghadapi suatu masalah dan menyelesaikannya dengan cara ilmiah dan kritis.


4. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)
strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir merupakan suatu strategi pembelajaran Yang mana lebih mengutamakan kepada cara berpikir siswa dalam pembelajaran ini materi tidak langsung disajikan oleh guru akan tetapi siswa dituntut untuk memperoleh materi sendiri sehingga siswa terbiasa aktif dan mampu mengolah materi yang telah disampaikan maupun yang belum disampaikan.
Model strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir adalah model pembelajaran yang mampu meningkatkan cara berfikir siswa atas suatu materi bahkan atas suatu permasalahan dalam hal pembelajaran.

5. Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)
Strategi pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau pembentukan tim kecil dalam suatu pembelajaran tertentu. Didalam kelompok tersebut terdiri dari beberapa siswa dengan latar belakang individu yang berbeda baik dari segi cara berfikir, ras, suku, dll. Sehingga setiap individu mampu berinteraksi dan menyesuaikan diri agar mencapai tujuan belajar yang di inginkan. Sistem penilaian dilakukan terhadap kelompok. Setiap kelompok akan memperoleh penghargaan (reward), jika kelompok tersebut menunjukkan prestasi yang dipersyaratkan. Hal tersebut juga dapat menstimulus kinerja siswa dalan belajar sehingga berlomba lomba mendapatkan yang terbaik.

6. Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL)
Strategi pembelajaran kontekstual/Contextual teaching and learning (CTL) yaitu suatu konsep belajar yang bisa membantu guru menghubungkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan strategi ini mampu mendorong siswa membuat hubungan antara suatu pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari. Demikian artikel tentang strategi pembelajaran semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita. Wassalamu'alaikum wr.wb.

By : Gisca Kurnia Putri A

Berlangganan via Email