Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Bahasa Indonesia dikalangan Remaja dan Anak di Era Globalisasi

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dimana setiap suku-suku mempunyai bahasa masing-masing bahasa Indonesia hadir sebagai alat komunikasi yang sangat penting untuk menjembatani perbedaan bahasa pemersatu bangsa, oleh karena itu bahasa Indonesia mempunyai peranan penting dalam membangun manusia Indonesia yang seutuhnya. Selain itu bahasa Indonesia perlu dibina di Indonesia terutama pada kalangan remaja dan anak karena pengaruh dari luar dan asing sangat  besar terjadi diera globalisasi ini. Hal-hal ini sangat diperlukan agar tidak terbawa arus oleh budaya asing yang tidak sesuai dengan bahasa dan budaya. Bahasa Indonesia juga memiliki identitas bangsa sehingga semua masyarakat yang berasal dari daerah berbeda akan mempunyai satu identitas yaitu orang negara Indonesia dan orang yang berbahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia dikalangan Remaja dan Anak di Era Globalisasi


Era globalisasi adalah tantangan bagi Indonesia  untuk dapat mempertahankan dirinya ditengah pergaulan antar bangsa yang sangat rumit .jati diri bahasa Indonesia adalah bahasa yang sederhana, mudah dipelajari dan tidak rumit dan hal-hal ini mempermudah bangsa asing ketika mempelajari bangsa Indonesia. Menurut catatan koentjaraningrat(1993:3), sebagian besar negara-negara diddunia adalah multietnik ,dari sekitar 175 negara anggota PBB, hanya 12 negara yang penduduknya dapat dikatakan homogeny.diantara 12 negara yang multietnik it masih banyak  hingga kini yang belum memiliki bahasa nasional. Oleh karena itu bangsa Indonesia yang terdiri atas 250 lebih suku bangsa dengan tidak kurang 500 bahasa etniknya masing-masing.untuk itu,bangsa Indonesia harus menjaga.salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah masalah jati diri bangsa.

Jati diri bahasa Indonesia adalah  memperlihatkan bahwa bahasa  Indonesia  adalah bahasa yang sederhana, tata bahasanya mempunyai sistem sederhana, mdah dipelajari,dan tidak rumit.Kesederhanaan dan ketidakrumitan inilah salahsatu hal yang mempermudah bangsa asing ketika belajar Indonesia .namun,kesederhanaan dan ketidakrumitan tidak mengurangi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam pergaulan dan kehidupan ditengah-tengah pergaulan antarbangsa.bahasa Indonesia telah membuktikan diri dapat digunakan untuk menyampaikan pikiran-pikiran yang rumit dalam ilmu pengetahuan dengan jernih, jelas, teratur,dan tepat .bahasa Indonesia menjadi ciri budaya bangsa Indonesia yang dapat diandalkan di tengah-tengah pergaulan antar bangsa pada era globalisasi ini.

Bahkan, bahasa Indonesia saat ini menjadi bahan pembelajaran negara asing seperti: Australia, Belanda, Jepang, dan lain- lain. dan didalam era globalisasi juga bangsa Indonesia harus ikut berperan didalam dunia persaingan bebas dan berperan sebagai  prasarana berfikir,pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek itu .dari pengalaman saya penurunan dalam pemakaian bahasa Indonesia tidak hanya terjadi dikalangan remaja,namun juga terjadi pada anak-anak  usia dini.

Adapun dampak positif perkembangan bahasa  Indonesia diera globalisasi ini antara lain:
1. Sangat mudah untuk bertukar seperti artikel memali media elektronik
2. Penggunaan bahasa Indonesia akan lebih baik dan benar.
Adapun dampak negatif  perekembangan Indonesia diera globalisasi ini antara lain:
1. Mempengaruhi pola berfikir masyarakat dengan adanya hal-hal baru
2. Hilangnya budaya-budaya  yang tradisional dinegara Indonesia  sehingga anak lebih memilih  permainan yang berbasis online dan remaja lebih sering menggunakan bahasa gaul.
3. Bercampurnya bahasa Indonesia dengan bahasa asing 
4. Memperkaya kosakata bahasa Indonesia 

Pada tahapan-tahapan  awal  anak berkomunikasi melalui bahasa,dan saat ini banyak anak yang ketika belajar berbicara tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja,akan tetapi dibarengi dengan bahasa-bahasa lainnya seperti bahasa inggris lebih diutamakan untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya,akan tetapi anak  tersebut belum mengetahui dampak akan minimalisnya bahasa Indonesia .sedangkan pada kalangan remaja bahasa Indonesia baik dan benar sudah tidak  digunakan dalam kehidupan sehari-hari  diera globalisasi ini.

Sedangkan bahasa yang digunakan remaja telah  bercampur dengan bahasa lain yang  belum diketahui  munculnya darimana,contohnya ” PHP yang artinya Pemberi Harapan Palsu “,”MAGER yang artinya Males Gerak “ dan masih banyak lagi yang sering disebut remaja sebagai bahasa gaul akan tetapi para remaja belum mengerti tentang bahasa itu kecuali dari struktur seperti mengikutinya.pengaruh global teknologi pada kalangan remaja dan anak akan memperkaya kosakata bahasa Indonesia dan mempunyai pengaruh juga terhadap bahasa Indonesia yang mengalami pertukaran informasi bahasa asing. Dan ada pengaruh lain yaitu bahasa prokem atau bahasa gaul adalah bahasa yang digunakan dikalangan remaja sehingga masyarakat didapat memahaminya dalam proses berkomunikasi.namun saat ini pemakaian bahasa Indonesia dikalangan remaja dan anak  baik dalam kehidupan sehari-hari  mulai bergeser digantikan dengan bahasa yang gaul dan perkembangan teknologi.

Bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia  dalam situasi resmi  yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.padahal sebagai generasi muda kita harus bangga dengan bahasa yang kita miliki ,selain itu  kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia ber nasionalisme yang tinggi .mungkin kita tidak menggunakan secara sangat baik dan benar, akan  tetapi menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari contohnya dalam dunia perkuliahan kita mengadakan forum resmi  diskusi menggunakan bahasa Indonesia  dengan menggabungkan satu forum dengan dialeg bahasa daerah atau bahasa gaul yang seharusnya  menggunakan bahasa Indonesia seutuhnya karena kita berada didalam forum resmi.

Penggunaan bahasa Indonesia dikalangan remaja dan anak  saat ini hampir sudah jarang dan sedikit sekali yang menggunakan bahasa Indonesia dengan benar.Jadi kesimpulannya  bahasa Indonesia merupakan bahasa yang seharusnya kita jaga karena perkembangan bahasa Indonesia terletak pada bangsa nya sendiri.Baik dan buruknya ,maju dan mundurnya,dan teratur tidaknya  bahasa Indonesia  adalah tanggung jawab  orang yang mengaku sebagai bangsa indeonesia yang baik.Terutama setelah kita  mengetahui dampak positif dan negatifnya,serta perkembangan bahasa Indonesia  dikalangan remaja dan anak diera globalisasi ini.dan Kita sebaiknya  memperbaiki adanya dampak negatif dari yang ada demi menjaga ekstensi bahasa Indonesia  dimata dunia saaat ini.

Walaupun didalam era globalisasi ini pemakaiaian bahasa semakin banyak ,masyarakat Negara akan semakin kuat jika mempertahankan bahsa ibu negaranya,dan untuk mencegah bangsa Indonesia agar tidak terbawa arus oleh pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan  budaya dan bahasa bangsa Indonesia maka perlu juga pemakaian bahasa Indonesia yang disiplin .Pemakaian bahasa Indonesia yang disiplin ialah pemakai bahasa Indonesia  yang patuh terhadap semua kaidah-kaidah atua pemakaian bahasa yang sesuai dengan kondisinya ,dengan disiplin inilah bahasa Indonesia akan membantu bahasa Indonesia dari pengaruh-pengaruh negatif tersebut.

Daftar pustaka
http://ikhtisar-ku.blogspot.co.id/2014/12/perkembangan-bahasa-Indonesia-di-era.html
http://menurhidayani.blogspot.co.id/2012/12/perkembangan-bahasa-Indonesia-di-era.html

by: Nur Hayati Achmadah

Berlangganan via Email