Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Pendidikan Bahasa Indonesia?


Apa sih  itu bahasa? Dan apa itu Bahasa Indonesia? Mungkin selama ini kita sering atau bahkan selalu menggunakan berbagai macam bahasa termasuk bahasa indonesia untuk dijadikan sebagai bahasa sehari-hari tetapi apakah kita sudah mengetahui apa arti dari bahasa dan bahasa Indonesia itu sendiri?. Selain itu, apakah pengertian dari pendidikan? Ada banyak sekali pendidikan di Indonesia, tapi apakah kita juga sudah mengetahui pengertian dari pendidikan?. Dan disini kita akan belajar bersama-sama tentang arti bahasa, pendidikan, serta arti dari bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan penjelasannya.

Bagaimana Pendidikan Bahasa Indonesia?


Dilansir dari Wikipedia kata bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain menggunakan tanda misalnya, kata atau gerakan. Bahasa alami adalah bahasa bicara atau isyarat, tetapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media menggunakan stimulus audio, visual, atau taktil. Contohnya adalah tulisan grafis, braille, atau siulan. Apapun bahasanya selalu bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu. Bahasa selalu berubah dan bervariasi sepanjang waktu dan sejarah evolusinya dapat direkonstruksi ulang dengan membandingkan bahasa modern dan menentukan sifat mana yang harus dimiliki oleh bahasa leluhurnya supaya perbuahan dapat terjadi nantinya. Sekelompok bahasa yang diturunkan dari leluhur yang sama biasanya dikenal sebagai rumpun bahasa.

Pendidikan adalah pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekolompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan peneltian. Pendidikan sering terjadi dibawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Kata pendidikan berasal dari bahasa Latin yaitu ducare, berarti “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” dan awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”.

Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Sedangkan Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu baku yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan Bangsa Indonesia. Sedangkan dari sudut pandang linguistik Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa dari sekian banyak bahasa yang ada. Penamaan “Bahasa Indonesia” dimulai sejak sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dan diresmikan penggunannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sampai saat ini bahasa Indonesia adalah bahasa yang berkembang karena bahasa Indonesia terus menghasilkan kata-kata yang baru , baik melalui serapan bahasa daerah atau bahasa asing.

Meskipun mudah untuk dipahami dan dituturkan oleh warga Indonesia, bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia sendiri kerap kali menggunakan versi sehari-hari atau mencampuradukkan dengan bahasa Melayu dan bahasa ibunya. Meskipun demikian, bahasa Indonesia ini digunakan sangat luas di perguruan, universitas, media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan masih banyak lagi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  bahasa Indonesia dapat digunakan dengan baik oleh semua warga Indonesia.  Karena fonologi dan tata bahasa dari bahasa Indonesia dianggap relative mudah. Selain itu, menurut sebagian orang dasar-dasar penting untuk komunikasi  dasar dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu yang singkat.

Mengapa kita harus menggunakan bahasa Indonesia? Karena kita adalah orang Indonesia dan bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang telah diresmikan di Indonesia. Selain itu, bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa. Karena banyaknya suku, bangsa, dan bahasa di setiap daerah di Indonesia membuat bahasa Indonesia sering dipakai oleh semua suku di Indonesia sebagai pemersatu bangsa yang memiliki beragam suku yang berbeda-beda. Bahasa Indonesia bukan hanya untuk pemersatu bangsa tetapi juga sebagai identitas bangsa itu sendiri. Bahasa Indonesia juga merupakan salah satu sarana untuk mengenali dan mengembangkan kebudayaan hasil karya Indonesia.

Oleh karena itu, bahasa Indonesia merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri. Sehingga sangat penting bagi kita untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa wajib bagi bangsa Indonesia itu sendiri. Selain itu, pemakaian bahasa yang baik dan benar juga mencerminkan kepribadian dari sesorang tersebut. Karena jika orang itu benar-benar terdidik maka dia akan mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar bisa membedakan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan bahasa yang formal dan tidak formal. Dan di zaman sekarang yaitu zaman yang modern ini banyak sekali, generasi muda sudah mulai jarang untu mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena mereka lebih suka mempelajari dan mendengarkan lagu atau bahasa-bahasa dari luar negeri. Mereka lebih senang mencampur adukkan bahasa agar lebih terlihat modern.

Meskipun mudah untuk dipelajari dan dipahami. Apa mahasiswa dari fakultas sastra dan bahasa setelah 15 tahun mempelajari tentang sastra dan bahasa Indonesia akan tetap ingat betul dan benar-benar mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara tulis maupun langsung? Lalu bagaimana dengan kemampuan dari mahasiswa pasca sarjana? Seperti halnya mahasiswa S1 dan D3 ternyata masih banyak diantar mereka yang lemah dalam berbahasa Indonesia, oleh karena itu langkah bagaimana tanggapan para dosen jika ternyata lulusan yang bergelar sastra dan bahasa Indonesia setelah 15 tahun mereka lupa akan caranya berbahasa yang baik dan benar?.

Jadi intinya kita sebagai generasi muda sekaligus sebagai generasi penerus bangsa harus mempuyanyai kesadaran akan pentingnya melestarikan serta mempe,ajari bahasa Indonesia, jika bukan diri kita sendiri maka siapa lagi yang akan melestarikan atau bahkan memperkenalkan bahasa Indonesia kepada semua orang termasuk jika ada warga dari pedalaman dan mereka belum memahami betul cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Dan kita sebagai generasi muda harus menjadi pembimbing mereka agar mereka juga dapat memahami dan dapat berbahasa Indonesia yang dan benar. Selain itu kita sebagai generasi muda harus selalu dengan bahasa kita yaitu bahasa Indonesia. Mempelajari bahasa Indonesia juga termasuk bentuk kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia. Jika kita berfikir bila belajar bahasa Indonesia itu adalah hal yang kuno, membuang-buang waktu, dan lain sebagainya maka itu adalah salah besar karena dengan belajar berbahasa Indonesia banyak manfaat yang akan kita dapatkan dan itu akan membantu kita dalam berkomunikasi yang benar dalam kehidupan sehari-hari atau juga dapat membantu kita memahami istilah-istilah atau ejaan-ejaan yang sebelumnya belum kita ketahui.  

DAFTAR PUSTAKA
  1. Wikipedia, Bahasa , Offline(https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasadiakses 27 Agustus 2019)
  2. Wikipedia, Pendidikan, Offline (https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikandiakses 28 Agustus 2019)
  3. Wikipedia, Bahasa Indonesia,Offline (https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia diakses 27 Agustus 2019)


By: Nabila Rachman

Berlangganan via Email