Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan media utama dalam berkomunikasi sehingga kebutuhan terhadap pemahaman berbahasa sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari . Kata bahasa dari bahasa Sanskerta bhāṣā adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda misalnya kata dan gerakan. Atau alat untuk beriteraksi dan berkomunikasi dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep dan perasaan. pengertian pendidikan menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia. Jadi pendidikan bahasa adalah suatu proses yang tanpa henti karena kehidupan manusia bersifat dinamis, pendidikan dan bahasa merupakan suatu kesatuan karena bahasa merupakan media komunikasi atau simbol bunyi,  Oleh sebab itu penting untuk melakukan adanya pendidikan bahasa.  Pendidikan bahasa harus mengikuti perkembangan zaman, Karena bahasa akan terus berkembang dan bertambah seiring berjalannya waktu.

Pendidikan Bahasa Indonesia


Kenapa perlu adanya pendidikan bahasa Indonesia?. Bahasa merupakan sarana pemersatu sebuah negara dan bahasa pemersatu kita adalah bahasa Indonesia. Tanpa adanya pendidikan bahasa Indonesia akan sulit tersampaikan ke masyarakat, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memerlukan pengetahuan tentang pentingnya menggunakan bahasa Indonesia. Dengan berbahasa yang baik dan benar akan mencerminkan pribadi seseorang, karena seorang yang terdidik kemampuan berbahasa yang baik dan benar akan bisa membedakan kapan bisa menggunakan bahasa formal dan kapan menggunakan bahasa informal. Terkait dengan kondisi saat ini dan seiring dengan perkembangan zaman, para generasi muda sudah mulai jarang sekali menggunakan atau mempelajari bahasa indonesia sesuai kaidah-kaidah bahasa. Yang terlihat dari kebiasaan mendengarkan lagu luar negeri seperti K-pop, penggunaan bahasa campuran Inggris-Indonesia karena ingin terlihat modern, nah disinilah pentingnya peran guru dalam memberikan nilai-nilai yang berkaitan tentang pentingnya menggunakan bahasa Indonesia. sehingga, ada kesadaran atau tumbuh rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. pada hakikatnya mendidik berbeda dengan mengajar, yang berarti mendidik merupakan menanamkan nilai-nilai dan ilmu, sedangkan mengajar hanya menyampaikan ilmu saja. 

Penggunaan bahasa Indonesia mengenal variasi-variasi, artinya bahasa Indonesia yang digunakan oleh seseorang mengandung perbedaan dengan penggunaan oleh orang lainnya. Penggunaan bahasa yang bervariasi itu dapat dikarenakan oleh faktor lingkungan sosial atau lingkungan geografisnya (Rusyana, 1984: 139-140). Jadi bahasa indonesia bersifat fleksibel yang artinya siapapun dan dimanapun dapat menggunakannya. Bahkan untuk bangsa lain pun juga boleh belajar dan menggunakan  bahasa indonesia. kita juga mengetahaui bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai macam suku dan budaya yang beraneka ragam, bahasa dan dialek daerah yang berbeda-beda, dengan menggunakan bahasa indonesia tidak ada pembeda antara bahasa daerah satu dengan yang lainnya. Penggunaan bahasa sesuai dengan tempatnya juga perlu diketahui, sebab jika kita berada dilingkungan keluarga tentunya akan berbeda dengan bahasa dilingkungan kantor.

Di keluarga kita bisa menggunakan bahasa yang Informal, sedangkan saat ita berada dikantor tentunya bahasa yang digunakan adalah bahasa Formal. Pentingnya untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan tempatnya adalah untuk memepermudah penyampaian sebuah informasi, dan komunikasi antara orang satu dengan yang lainnya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Indonesia, tugas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud adalah menjaga, merawat, dan memartabatkan bahasa negara yaitu bahasa Indonesia. Sesuai amanat UU itu juga, bahasa Indonesia wajib digunakan di ruang publik dan fasilitas pelayanan umum.

Bahasa apakah yang paling sering kita gunakan? Bahasa daerah, bahasa internasional, atau bahasa nasional? Seringkali kita tidak terlalu memikirkan bahasa yang kita gunakan dan hanya memilihnya sesuai selera. Pada waktu ingin menggunakan bahasa daerah, kita menggunakan bahasa daerah masing-masing. Saat ingin menggunakan bahasa internasional, kita menggunakan bahasa Inggris. Ketika ingin menggunakan bahasa nasional, kita menggunakan bahasa Indonesia. Jadi bahasa ada waktu penggunaannya masing-masing. Ada saatnya menggunakan bahasa informal dan formal. Pentingnya pengetahuan tentang berbahasa tentunya harus dimulai sejak dini dan pengaruh lingkungan sekitarnya.

Dengan adanya pendidikan bahasa disekolah-sekolah merupakan awal dan dasar yang baik. Jangan hanya terhenti di sekolah saja, tapi jika kita menjadi orangtua ataupun kakak dari adik, maka kewajiban kita adalah mengembangannya dan menerapkan kembali apa yang telah di ajarkan. Jangan sampai kita mengubah-ubah atau bahkan tidak membantu peran pendidikan. Terutama kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga karna bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional. Jika tidak dimulai dari diri kita sendiri, lalu siapa? Apa yang akan terjadi jika bahasa Indonesia tidak lagi dibanggakan dan punah. Sesuai dengan isi dari sumpah pemuda yang ketiga (28 Oktober 1928) “Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. dari kutipan tersebut dapat disimpulkan secara historis Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sejak sumpah pemuda. Oleh karenanya, sumpah pemuda sebagai bentuk simbolisasi penggunaan bahasa persatuan Indonesia dan memupuk rasa semangat untuk tetap menjaga bahasa Nasional. Saat ini perkembangan situasi pendidikan bahasa Indonesia sudah banyak mengalami perubahan banyak guru yang mengajarkan bahasa Indonesia secara instan. Jadi  peran guru sangat vital dalam membentuk cara berbahasa generasi muda.

Daftar pustaka
  1. https://www.zonareferensi.com/pengertian-bahasa/ JEJAK-JEJAKKU: Penggunaan Bahasa Indonesia di Lingkungan Akademik Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia oleh Apep Saepudin - Kompasiana.com 
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia
  3. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli, Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dan Secara Umu
  4. Wahyo, Tri. Volume 12 Nomor I Januari – Juni tahun 2016. Pengaruh pemahaman aspek filosofi bahasa jawa terhadap pola komunikasi masyarakat dalam bahasa indonesia. Universitas Negeri Jakarta: Pusat Pengembangan Bahasa dan Budaya.
  5. Turahmat. PBSI Vol. 1 No. 1, Januari – Juli 2013. Pengembangan Model Sinestik Dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama yang Bermuatan karakter Pada Mahasiswa PBSI.  Universitas Islam Sultan Agung Semarang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung. 


By: Fahriza Femenia

Berlangganan via Email