Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTINGNYA BAHASA INDONESIA DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Di Indonesia banyak sekali berbagai macam bahasa daerah seperti; bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Madura, bahasa Minangkabau, bahasa Melayu, bahasa Bali, bahasa Batak, bahasa Aceh dan sebagainya. Contoh Bahasa Indonesia disebut sebagai bahasa nasional ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang jawa tetapi kita tidak bisa bahasa jawa cukup kita berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga termasuk bahasa pemersatu. Kenapa disebut bahasa pemersatu? Karena bahasa Indonesia kehadiranya mampu diterima disemua khayalak baik dari kota, desa, pejabat, golongan atas, golongan bawah, laki - laki, perempuan, orang dewasa, remaja dan anak kecil.

PENTINGNYA BAHASA INDONESIA DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA


Mengapa kita harus belajar Bahasa Indonesia?

Bahasa adalah alat komunikasi yang melalui percakapan dengan kata-kata. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasioanal bagi rakyat Indonesia.Bahasa yang mempersatukan komunikasi dari berbagai suku di Indonesia. Bahasa yang sangat penting untuk dipelajari lebih dalam bagi bangsa Indonesia, terutama para generasi muda penerus bangsa. Saat ini para generasi muda mengabaikan pentingnya mempelajari Bahasa Indonesia. Bahasa yang seharusnya kita pelajari dan pahami justru disepelekan oleh para generasi muda bangsa. Misalnya pada saat mata pelajaran Bahasa Indonesia, para siswa sibuk dengan kesibukannya masing-masing. Ada yang ngobrol sama teman sebangku ketika pembelajaran berlangsung, bahkan ada yang sampai tidur ketika guru menerangkan mata pelajaran Indonesia. 

Mereka menganggap bahwa belajar Bahasa Indonesia itu akan membuang-buang waktu saja yang tidak begitu penting karena mereka merasa sudah bisa berbahasa Indonesia dan tidak harus lagi belajar bahasa Indonesia. Mereka juga menganggap bahwa pelajaran Bahasa Indonesia itu membosankan sehingga mereka asyik dengan dunianya sendiri. Mereka justru bersemangat ketika mempelajari bahasa asing. Menurut mereka bahasa asing sangat penting dipelajari untuk masa depan. Contohnya bahasa Inggris, mereka akan lebih bangga ketika sudah bisa dan menguasai Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus mempelajari Bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh untuk memperkaya kata-kata Bahasa Indonesia yang kita miliki. Tidak ada ruginya bagi kita untuk mempelajari Bahasa Indonesia lebih dalam lagi, justru dengan mempelajari Bahasa Indonesia kita akan mendapat manfaat yang akan membantu kita dalam komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Beberaa manfaat mempelajari bahasa Indonesia, yaitu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam, rangka pelestarian dan pengembangan budaya, meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, dan membantu mengemukakan pendapat yang baik dan sopan

Mempelajari bahasa Indonesia sangat penting bagi kita karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh semua warga negara Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah dan berbagai macam bahasa yang berbeda. Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu dalam berkomunikasi dengan msayarakat dari daerah yang berbeda. Ketika kita bertemu dengan orang dari daerah yang berbeda dan bahasa yang berbeda juga akan sulit berkomunikasi jika menggunakan -masing. Kita tidak akan mengerti apa yang sedang dibicarakan dan bagaimana daerahnya masing cara menyampaikan tujuan kita. Maka dari itu, untuk memudahkan dalam komunikasi dengan orang yang memiliki bahasa yang berbeda, digunakanlah bahasa Indonesoia agar lebih mudah dipahami dan dimengerti tujuan yang akan kita sampaikan atau akan kita terima dari orang lain. Namun, ketika berbicara harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam bahasa tiap daerahnya masing-masing. Untuk itu, Bahasa Indonesia yang akan mempersatukan perbedaan bahasa tersebut yang membantu dalam menyampaikan maksud yang akan disampaikan dan yang diterima. Tentu tidaklah mudah berkomunikasi dalam Bahsa Indonesia yang baik, benar, dan sopan serta baku. Untuk mencapai semua itu, harus melalui proses belajar. Oleh karena itu, mempelajari Bahasa  Indonesia sangatlah penting bagi kita terutama para generasi penerus bangsa yang akan bertanggung jawab pada negaranya.

Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Dasar Jiwa Nasinalisme
a.Lambang Kebanggan Kebangsaan
Didalam fungsinya sebagai lambing kebanggaan kebangsaan,bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan.atas dasar kebanggan ini,bahasa Indonesia harus terus dijaga,pelihara dan kembangkan serta rasa kebanggan pemakainya senantiasa kita bina

b.Lambang Identitas Nasional
Bahasa Indonesia fungsinya sebagainidentitas nasional,yang mengarah pada penghargaan terhadap bahasa Indonesia sekain bendera dan lambing Negara.di dalam fungsinya bahasa indoensia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri sehingga serasi dengan lambing kebangsaan yang lain.bahasa Indonesia memiliki identitasnya sendiri apabila masyarakat pemakainya terutama kaum muda dan pelajar membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain.

c.Alat Perhubungan Antar Warga,Antar Daerah, Antar Budaya
Bahasa Indonesia memiliki peranan yang vital di masyarakat umum dan nasional.berkat adanya bahasa Indonesia masyarakat dapat berhubungan satu dengan yang lain sedemikian rupa sehingga kesalah pahaman sebagai akibat dari perbedaan latar belakang social budaya dan bahasa tidak peril di khawatirkan masyarakat dapat berpergian dapat berpergian ke seluruh pelosok tanah air sengan hanya memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai satu-satunya alat komunikasi.

d.Alat Pemersatu Suku Budaya dan Bahasanya
Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu suku,budaya dan bahasa,maksudnya bahasa memungkinkan keserasian diantara suku-suku tanpa harus menghilangkan  identitas kesukuan dan kesetiaankepada nilai-nilai social budaya

Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara
a.Bahasa Resmi Kenegaraan
Maksud dari bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan adaah bahwa bahasa Indonesia dipakai didalam kegiatan -- kegiatan resmikenegaraan seperti upacara,peristiwa dan kegiatan knegaraan baik dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tulisan.Salah satu kegiatan tersebut adalah penulisan dokumen dan putusan-putusan serta surat-surat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan badan-badan kenegaraan lainnya,serta pidato-pidato kenegaraan.

b.Bahasa Pengantar dalam Pendidikan
Bahasa Indonesia memiliki fungsi vital di dunia pendidikan di nusantara ini,mulai dari taman kanan-kanak sampai dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia,kecuali pada daerah tertentu yang masih menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar.Seperti aceh,batak,Sunda,Jwa,Madura,Bali dan Makasar,akan tetapi sampai taun ketiga sekolah dasar.

c.Alat perhubungandalm tingkat Nasional
Dalam hal ini bahasa Indonesia bukan saja dipakai sebagai alat komunikasi timbal balik antara pemerintah dan masyarakat luas,dan bukan saja sebagai alat perhubungan antar daerah,dan antar usku,melainkan juga sebagai alat perhubungan di dalam masyarakat yang sama latar belakang social,budaya dan bahasanya.

d.Alat Pengembangan Kebudayan,Ilmu Pengetahuan,Dan Teknologi
Di dalam hubungan ini,bahasa Indonesia adalah satu satunya alat yang memungkinkan kita membina dan mengembangkan kebudayaan nasional sedemikian rupa sehingga bahasa Indonesia memiliki ciri-ciri dan identitasnya sendiri yang embedakannya dengan budaya daerah. Jadi kesimpulannya adalah  kita sebagai generasi muda marilah kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar karena Bahasa Indonesia adalah identitas dari negara kita, kita seharusnya tidak mudah menyepelekan pelajaran Bahasa Indonesia, ayo bersama-sama menjaga bahasa kita dan mencintai bahasa kita sendiri, menjujung tinggi Bahasa Indonesia agar bisa menjadi Bahasa Internasional.

Daftar Pustaka
https://www.kompasiana.com/apepsaupudin/5849075464afbdff1cbe62do/pentingnya-belajar-bahasa-indonesia
https://www.kompasiana.com/eganurfadillah5648/5bf66149c112fe709c530512/kedudukan-dan-fungsi-bahasa-indonesia?page=all (diakses 29 Agustus 2019)

By: Maulidia Khasanah Ali Islami

Berlangganan via Email