Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Sejak Dini

Bahasa Indonesia  adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sebagai rakyat Indonesia tidak hanya menjadikan bahasa Indonesia sebagai sebuah alat komunikasi semata, melainkan sebagai identitas Negara yang diakui oleh undang-undang. Bahasa Indonesia mengajarkan bagaimana cara berbahasa dan bertutur kata yang baik dan benar. Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa kesopan-santunan. Oleh karena itu, di era globalisasi ini dan ditambah pula dengan maraknya “bahasa gaul” dikalangan masyarakat, bahasa Indonesia harus tetap terjaga agar tidak memudar seiring dengan perkembangan zaman.

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Sejak Dini


Kemampuan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar juga sangat diperlukan dalam bentuk tulisan misalnya membuat surat, laporan, makalah dan sebagainya. Bahasa Indonesia merupakan warisan budaya yang harus dijaga keaslian dan keutuhannya, karena tidak ada negara selain indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia. Dan dalam penggunaan bahasa Indonesia sangat unik. Bahasa Indonesia tidak boleh dilupakan, untuk itu harus terus dipelajari sampai kapan pun karena masih banyak yang belum diketahui bagaimana cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia dimasukkan dalam kategori mata pelajaran yang wajib.

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Karena itulah bahasa indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa indonesia yang berbeda-beda ini. Komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang bukan hanya komunikasi secara lisan, juga secara tulisan. Banyak orang menganggap tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia karena merasa apabila lawan bicara mengerti maka tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia yang terkesan baku. Memang alasan ini cukup bisa diterima, bahasa Indonesia tidak hanya mengajarkan kalimat baku dan sebagainya tetapi juga mengajarkan mengenai intonasi, penekanan kalimat, dan etika berbicara kepada orang lain. Dititik inilah bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari.

Bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari secara baik dan benar sebagai alat untuk mengenali dan mengembangkan kebudayaan serta hasil karya bangsa. Bagaimana mungkin dapat mengapresiasi hasil karya seperti puisi, syair, cerita, dan lainnya jika tidak mampu mengerti dan mempelajari karya-karya tersebut. Agar karya dari bangsa tetap bisa dikenali seterusnya maka harus belajar menggunakan dan mempelajari bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Peranan Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-Hari secara umum bahasa didefinisikan sebagai lambang. Bahasa adalah alat komunikasiyang berupa sistem lambang bunyi yangdihasilkan alat ucap manusia. Sebagaimana yangtelah diketahui, bahwa bahasa terdiri atas kata-kata atau kumpulan kata. Masing-masing mempunyai makna, yaitu hubungan abstrak antara kata sebagai lambang dengan objek ataukonsep yang diwakili kumpulan kata. Fungsiutama bahasa adalah sebagai alat komunikasiatau sarana untuk menyampaikan informasi.Dari sudut pandang linguistik, bahasaIndonesia adalah salah satu dari banyak ragambahasa Melayu.

Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90 persen warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Peran bahasa sebagai bahasa negara yang artinya bahasa indonesia sebagai bahasa pengantar dalam acara-acara formal seperti sidang MPR, sekolah, kuliah, pekerjaan , dan lain-lain. Fungsi bahasa sebagai bahasa lainnya adalah bahasa Indonesia sebagai alat penghubung tingkat nasional dan sebagai alat pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peran bahasa Indonesia yang kedua adalah sebagai bahasa nasional yaitu sebagai lambang kebanggaan bangsa, rakyat Indonesia patut bangga terhadap bahasa Indonesia, karena tidak semua negara didunia ini yang memiliki bahasa nasional. Fungsi lainnya adalah bahasa indonesia sebagai identitas bangsa dan sebagai alat pemersatu dan penghubung antar daerah, hal tersebut dikarenakan negara indonesia terdiri dari berbagai jenis ras, agama, suka bangsa dan bahasa yang berbeda disetiap daerah di indonesia, dengan bahasa Indonesia maka setiap warga dari seluruh daerah di indonesia dapat berkomunikasi dengan baik.

Bahasa memiliki peranan dan fungsi bahasa tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yakni sebagai alat untuk mengekspresikan diri, sebagai alat komunikasi, sebagai alat integrasi dan beradaptasi social dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat melakukan control sosial.
1. Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri
2. Bahasa sebagai Alat Komunikasi
3. Bahasa sebagai Alat Integrasi dan
4. Adaptasi Sosial
5. Bahasa sebagai Alat Kontrol Sosial
“Apakah bahasa dapat mempengaruhi perilaku manusia?”
Para ahli seperti sapir dan worf mengatakan, bahwa tidak ada dua bahasa yang memiliki kesamaan untuk dipertimbangkan sebagai realitas sosial yang sama. Sapir dan Worf menguraikan dua hipotesis
mengenai keterkaitan antara bhasa dan pikiran.
1. Hipotesis pertama adalah lingusitic realitivity
Hypotesis yang mengatakan bahwa perbedaan struktur bahasa secara parallel dengan perbedaaan kognitif non bahasa, perbedaan bahasa menyebabkan perbedaan pikiran orang yang menggunakan bahasa tersebut.

2. Hipotesis yang kedua adalah linguistic determinism 
Hipotesis yang mengatakan bahwa struktur bahasa mempengaruhi cara individu mempresentasikan dan menalar dunia perceptual.Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi bahasa dengan kepribadian seseorang, seperti :
1. Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi
manusia tentu sangat mempengaruhi perilaku manusia, karena bahasa merupakan alat komunikasi yang bias dibilang sangat sensitive.
2. Begitu banyak ragam bahasa yang dimiliki
negara kita ini, karena hal inilah bahasa dapat mempengaruhi pribadi seseorang, biasanya pada saat seseorang dengan suku tertentu berbicaradengan bahasa sukunya, sementara lawan bicaranya tidak mengerti dengan bahasa tersebut, hal itu bisa saja membuat orang tersebut menjadi kesal.
3. Dalam bahasa pasti ada syarat atau aturan tertentu yg sudah ditentukan sebelumnya seperti dalam bahasa indonesia terdapat SPOK (Subjek,Predikat, Objek dan keterangan), selain itu juga aturan yang juga sudah ditetapkan oleh para ahli bahasa indonesia yaitu EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) serta tanda baca.

Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional merupakan usulan dari Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah.Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat menyatukan persatuan seluruh rakyat Indonesia, hal ini tentu sangat penitng untuk tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sendiri. Ada beberapa hal yang dapa mempengaruhi betapa pentingnya bahasa Indonesia terhadap tatanan hidup masyarakat, diantaranya:
1. Menurut fungsi dan peranan bahasa. Menurut fungsi dan peranan bahasa jelas bahwa bahasa
Indonesia begitu penting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, karena fungsi bahasa sendiri adalah sebagai alat komunikasi antar sesama anggota masyarakat, begitupun bahasa Indonesia yang merupakan satu bahasa yang telah ditetapkan sebagai bahasa komunikasi di negara ini.

2. Menurut ragam bahasa (variasi bahasa)
Pada pembahasan pertama saya sudah meyinggung tentang betapa banyaknya ragam bahasa di Indonesia, hal ini membuat bahasa Indonesia begitu penting perannya dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. karena bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa dari ratusan bahasa yang ada dinegara ini.

3. Menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) & tanda baca. 
Tanpa tan abaca dan EYD tentu kita akan sulit berbahasa Indonesia yang baik dan benar, karena bahasa Indonesia banyak dipengaruhi dari bahasa melayu. Hal ini menjadikan EYD dan tanda baca menjadi begitu penting dalam tatanan kehidupan bermasyarakat karena dapat membantu kita berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama masyarakat Indonesia. Dari kedua pembahasan diatas saya mengambil
Daftar Pustaka
- nellahotosit.wordpress.com
- sikojek.blogetik.com
- reinemarie.wordpress.com
- marlinism.blogspot.com
- fathiraditya.blogspot.com/2012/10/peranan-
bahasa-indonesia-dalam.html
- widhiarso.staff.ugm.ac.id
- id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia
- saharione.blogspot.com/2011/09/pengaruh-
bahasa-terdap-perilaku-manusia.html
-http://apkexcellent.blogspot.com/2013/11/pentingnya-belajar-bahasa-indonesia.html#ixzz5xx1wLxsi 

By: Na'ilah Yasharoh

Berlangganan via Email