Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Memperlajari Bahasa Indonesia?

Bagi para manusia pribumi Indonesia pasti tidak asing kan mendengar bahasa Indonesia, meskipun terlahir dari berbagai suku yang mempunyai berbagai bahasa daerah, pasti ada saja bahasa Indonesia itu ada di selipan bahasa daerah itu sendiri contohnya seperti,  aku, tidak, apa, dan masih banyak lagi. Heran gak sih jika melihat orang yang dari pedalaman bicara dengan bahasa daerahnya tapi saat ditanya menggunakan bahasa Indonesia mereka juga mengerti. Itulah hebatnya bahasa Indonesia, bahasa persatuan tapi apakah kalian tau dari kapan sih bahasa Indonesia itu diresmikan atau di sah kan? Kenapa kita harus tau, karena ada pepatah  mengatakan tak kenal maka tak sayang, tapi yang lebih tepat tak kenal maka ta’aruf atau perkenalan. Jadi dimulai dari mengenal bahasa dulu lalu menjadi cinta tanah air.

Pentingnya Memperlajari Bahasa Indonesia?


Dilansir dari wikipedia penamaan “bahasa Indonesia” diawali sejak dicanangkan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928 yang diusulkan secara resmi oleh Muhammad Yamin sebelumnya bahasa Indonesia dikenal sebagai bahasa Melayu. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi melalui percakapan dengan kata-kata. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional bagi rakyat Indonesia. Bahasa juga merupakan sarana dalam berkomunikasi bagi bangsa Indonesia. Bahasa yang dapat mempersatukan berbagai suku yang ada di Indonesia menjadi satu kesatuan, meskipun berbagai suku mempunyai bahasa daerah tersendiri, tetapi dapat disatukan dengan bahasa Indonesia. Bahasa yang sangat penting untuk dipelajari lebih dalam bagi bangsa Indonesia, terutama para generasi muda penerus bangsa.

Tetapi nyatanya generasi muda yang katanya, majunya suatu bangsa dapat dilihat dari seperti apa generasi mudanya, malah mengabaikan atau bahkan acuh tak acuh dengan bahasa negarannya sendiri. Mengganggap bahwa belajar bahasa Indonesia adalah hal yang membosankan, meraka merasa sudah bisa berbahasa Indonesia lalu mengapa harus dipelajari lagi dan merasa bahwa bahasa Indonesia tidak penting atau tidak ada gunanya untuk masa depan mereka. Menurut mereka lebih baik menguasai bahasa asing saja. Jika tidak dari generasi muda yang mempunyai kesadaran akan pentingnya melestarikan bahasa Indonesia, maka siapa lagi, kita sebagai generasi muda harus bangga mempelajari bahasa negara kita sendiri yaitu bahasa Indonesia.

 Kita calon penerus bangsa sangat harus dengan bangga mempelajari bahasa Indonesia dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh untuk menambah lagi pengetahuan tentang bahasa Indonesia yang kita miliki. Dan mempelajari bahasa Indonesia juga bentuk dari kecintaan kita terhadap tanah air.Jika saat ini masih ada yang berfikir mempelajari bahasa Indonesia adalah kuno, membuang- buang waktu, hanya sebagai formalitas, tentu itu salah besar karena tidak ada ruginya kita mempelajari lebih dalam tentang bahasa yang kita miliki karena kita akan mendapat manfaat dan mampu membantu kita dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari atau pun membantu kita memahami istilah-istilah yang sebelumnya belum kita ketahui dari bahasa Indonesia.

Beberapa manfaat yang menambah pengetahuan, dan keterampilan berkomunikasi pada bahasa Indonesia dengan baik dan benar, melestarikan dan mengembangkan budaya, serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi , dan seni berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, dan membantu menyampaikan pendapat dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan sopan.

Penting sekali bagi kita untuk mempelajari bahasa Indonesia yang merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh semua warga negara Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah dan berbagai macam bahasa yang berbeda tiap daerahnya. Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu dalam berkomunikasi dengan masyarakat dari daerah yang berbeda tersebut.  Meskipun hanya berbeda kota saja bahasa daerah itu berbeda, sebagai contoh bahasa daerah Jawa Timur, Surabaya bahasa daerahnya sudah berbeda dengan bahasa di daerah kediri, ataupun Jombang, tetapi dapat disatukan menggunakan bahasa Indonesia. Ketika kita bertemu dengan orang yang berbeda daerah dengan kita dan mempunyai bahasa yang berbeda juga akan sulit sekali berkomunikasi dengan lancar.

Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam berkomunikasi dengan orang yang berbeda daerah, digunakanlah bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami dan dimengerti maksud dan tujuan yang akan kita sampaikan atau yang akan kita terima dari orang lain. Tetapi, ketika berbicara harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak menyinggung perasaan orang lain, atau agar tidak terjadi kesalah pahaman. Tentu saja tidaklah  mudah berkomunikasi atau berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, sopan, serta baku. Agar semua itu dapat tercapai, kita perlu melalui proses belajar. Belajar dengan penuh rasa cinta, bersungguh-sungguh mempelajari bahasa tanah air.  Oleh karena itu, mempelajari bahasa Indonesia sangatlah penting bagi kita terutama pada generasi penerus bangsa yang akan bertanggung jawab pada nasib negaranya di kemudian hari.

Jangan sampai bahasa negara kita tercinta ini diambil oleh negara lain, dengan maksud, yang giat dalam mempelajari bahasa Indonesia malah orang asing, orang yang bukan asli negara Indonesia. Sudah cukup sumber daya alam Indonesia yang diambil,  jangan budaya, bahkan bahasa pemersatu bangsa yaitu bahasa Indonesia. Hanya ada satu cara agar hal tersebut tidak terjadi. Yaitu dengan menanamkan nilai cinta tanah air, merubah pola pikir generasi muda agar dapat mempelajari bahasa Indonesia dengan suka cita tanpa paksaan atau hanya sebagai formalitas semata.  Dengan mempelajari bahasa Indonesia, secara tidak langsung itu adalah bentuk membela atau mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan cinta kepada bahasa kita. Kita dapat mempelajari lebih dalam terhadap bahasa Indonesia itu sendiri, jangan khawatir tentang pekerjaan, karena sekarang sudah banyak pekerjaan yang membutuhkan orang yang cakap atau fasih berbahasa Indonesia. Sebagai contoh adalah menjadi penulis cerpen atau sastra, guru bahasa Indonesia, penerjemah bahasa, jurnalis, dosen, penulis script film, pengusaha percetakan, editor, pemain drama, leksikografer, jurusan sastra juga dapat bekerja di kantor kedaulatan besar. Sekarang dengan seiring kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, semakin banyak prospek pekerjaan yang dapat diambil dari jurusan bahasa Indonesia sehingga bahasa Indonesia yang dianggap kuno sudah tidak ada lagi. Sekali lagi tanamkan pada diri kita pentingnya mempelajari bahasa Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia, Bahasa Indonesia, online,(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia diakses 25 Agustus 2019).

By: Aulia Hafidzah

Berlangganan via Email