Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Pentingnya Pendidikan Bahasa Indonesia?


Bahasa Indonesia adalah bahasa warga negara indonesia yang digunakan untuk interaksi sosial, karna manusia adalah makhluk sosial yang perlu berkomunikasi sesama manusia supaya interaksi berlangsung dengan interaktif, tentu saja membutuhkan alat, sarana atau media, dan yang paling utama digunakan manusia adalah “BAHASA” untuk memudahkan sistem kerja atau bisa disebut juga bahasa kerja, bahasa sekolah,  walau berbeda ragam asal daerah. Seseorang mulai mengenal bahasa sejak di lingkungan keluarganya, kemudian berlanjut kelingkungan sekolah, dan masyarakat. Ini semua yang disebut dengan dunia pendidikan . lingkungan memiliki pengaruh yang besar dalam suatu pendidikan. Indonesia memerlukan sumber daya manusia dalam jumlah mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan, untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting, untuk memiliki peranana dalam pengelolahan  dan menciptakan generasi penerus yang memiliki nilai lebih.

Bagaimana Pentingnya Pendidikan Bahasa Indonesia?


Dalam dunia pendidikan bahasa memang menjadi pondasi utama di setiap negara oleh karenanya Indonesia sebagai salah satu bagian dari negara juga harus mengutamakan bahasa nasiaonalnya, Indonesia yang menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia, yang dijadikan sebagai bahasa nasiaonal. Maka dalam pendidikan perlu menerapkan pembelajaran berbahasa Indonesia syang baik dan benar sebagai rasa kecintaan terhadap bahasa indonesia

Oleh karna itu Pendidikan bahasa Indonesia sangat penting  dan merupakan salah satu pelajaran yang wajib di ajarkan dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Akan tetapi yang sangat mengherankan bagi warga negara Indonesia yang mempelajari pendidikan bahasa Indonesia masih banyak yang belom mengerti dengan baik secara lisan maupun tertulis, ada sebagian pula yang mahir berbahasa atau menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal ini terlihat dari pelajar pelajar nasional yang ada di pribumi.

Tujuan pengajaran bahasa Indonesia adalah siswa-siswi mapu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, tapi apakah realitnya seperti itu? Saya yakin pasti hanya 25% saja, karna sudah para siswa-siswi sudah  memiliki bhasa pertama yang menggunakan bahasa daerah. Oleh karna itu ganti bahsa Indonesia ini merupakan ganti bahasa kedua dari bahasa daerah.

Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah satu bahasa dari ragam bahasa melaya, akan tetapi bahasa Indonesia lebih dikhususkan bahasa yang mudah di pahami dan di mengerti, Bagi para manusia pribumi Indonesia pasti tidak asing kan mendengar bahasa Indonesia, meskipun terlahir dari berbagai suku yang mempunyai berbagai bahasa daerah, pasti ada saja bahasa Indonesia itu ada di selipan bahasa daerah itu sendiri contohnya seperti  aku, tidak, kamu, sama dan masih banyak lagi.

Penanaman “bahasa Indonesia” diawali sejak adanya sumpah memuda, 28 oktober 1928, untuk menghindari kesan “imprealisme bahasa”, jika bahasa melayu tetap di gunakan, saat ini varian bahasa melayu digunakan di Riau maupun semenanjung malaya, oleh karna itu bahasa Indonesia bahasa yang hidup, bahasa yang mudah, yang terus mengahasilakn kata-kata baru, baik dari penciptaan, sastrawan, maupun penyerapan dari ragam bahasa daerah maupun bahasa asing.

Tidak heran jika melihat orang yang dari pedalaman bicara dengan bahasa daerahnya tapi saat ditanya menggunakan bahasa Indonesia mereka juga mengerti, meskipun mereka hanya memhami dan tidak tahu mengucapkannya. Itulah kesempurnaan bahasa Indonesia, bahasa persatuan yang menyatukan warga negara walaupun beda daerah.

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam bahasa tiap daerahnya masing-masing. Untuk itu, bahasa Indonesia yang akan mempersatukan perbedaan bahasa tersebut yang membantu dalam menyampaikan maksud yang akan disampaikan dan yang diterima. Tentu tidaklah mudah berkomunikasi dalam bahsa Indonesia yang baik, benar, dan sopan serta baku. Untuk mencapai semua itu, harus melalui proses belajar. Oleh karena itu, mempelajari bahasa  Indonesia sangatlah penting bagi kita terutama para generasi penerus bangsa yang akan bertanggung jawab pada negaranya, oleh karna bagi sebagai mahasiswa cinta berbahasa kita harus membudyakan berbahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam bebicara kepada guru, teman, ataupun petugas sampah semuanya sama karn bahasa Indonesia bahasa persatuan.

Peran aktif seorang guru dalam penyampaian materi pelajaran bahasa Indonesia di kelas sangat menentukan diterima atau tidaknya pesan dan informasi oleh siswa. Kesalan -kesalahan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia harus diberikan motivasi kepada siswa untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dan memahami kebenaran dari kesalahan tersebut. disitulah peran guru untuk meluruskan dan mengarahkannya dengan motivasi tersebut.

Bahasa Indonesia merupakan produk bahasa yang lahir di bangasa Indonesia sendiri, namun juga melalu prose yang panjang . bahkan hingga sekarang, bahsa Indonesia masih terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, setiap saat bahasa Indonesia bisa bertambah kosa katanya. Perkembangan zaman yang cepat terutama di era globalisasi ini menurut bahasa Indonesia untuk selalu berbenah sehingga dapat menampung berbagai macam-macam istilah yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia.

Berbagai macam fungsi bahasa Indonesia salah satunya yang di sebutkan seperti diatas sebagai pemersatu bangsa , sebagai penulisan karya ilmiyah dengan baik dan benar, karya ilmiah tersebut hendaknya juga ditulis dalam bahasa Indonesia agar anak negeri juga dapat mempelajari karya tersebut, masih banyak lagi fungsi bahasa Indonesia seperti menumbuhkan sikap nasioanalisme, cinta produk dalam negeri , melihat dari fungsi tersebut maka bahasa Indonesia perlu dipelajari. Menumbukan kebanggan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong siswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai identitas diri sendiri.

Dalam perguruan tinggi, kita akan sering membuat karya ilmiah, bukan hanya karya ilmiah yang akan kita buat  melainkan lapora praktikum , skripsi, thesis dan karya tulis lainnya. Diperguruan tinggi kita akan menpelajari dimana kita dituntut untuk mempertahankan bahasa Indonesia. Ini diakukan supaya tidak luntur oleh kalanga banyak pemuda dan pengaruh budaya asing yang cenderung mempengaruhi pemikiran generasi muda.

Dengan demikian sangat penting mengadakan mata kuliah bahasa Indonesia selain karena bahasa sendiri dan sebagai bahasa pemersatu dengan cara ini juga kita secara tidak langsung telah melestarikan bahasa kita. Siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia kalau bukan kita sebagai warna negara Indonesia.

By: MUNAWAROH

Berlangganan via Email