Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul di Era Milenial?

Modern ini, alat elektronik semakin canggih. Pemuda Indonesia harus tangguh dan berani dalam bertindak untuk ikut campur kepedulian terhadap suatu program dan memantapkan karakter bangsa ini menuju generasi muda yang unggul dan mandiri. Untuk itu, sebagai pemuda Indonesia kita harus berbahas yang baik dan benar, karena bahasa yang mencerminkan pribadi seseorang, jika kita selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan penuh kesantunan, orang akan mencitrakan kita sebagai pribadi yang baik dan berbudi. Sebaliknya, jika dalam kesehariannya seorang tidak setuju dengan pendapat santun baik dan benar maka, orang lain akan menilai kita sebagai pribadi yang buruk.

Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul di Era Milenial


Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki setiap individu untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan tanda atau simbol, misalnya kata-kata dan gerak tubuh. Menurut Wikipedia, Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu Baku yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan dijadikan sebagai bahasa pemersatu Bangsa. Meskipun bangsa Indonesia mempunyai macam bahasa yang berbeda-beda tetapi semua masyarakat Indonesia pasti bisa berbicara dengan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Bahasa Indonesia diresmikan tepatnya sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja. Sedangkan menurut saya pribadi, bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi dan menjadi identitas suatu negara karena digunakan sebagai alat komunikasi utama dalam berinteraksi sosial. Seandainya tidak bisa berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar setidaknya kita mempunyai keinginan untuk belajar.

Bahasa indonesia adalah bahasa nasional yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang mempunyai peran sebagai penyampaian interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari, sebagai alat untuk adaptasi dan kontrol sosial, selain itu bahasa indonesia juga bisa digunakan untuk menciptakan karya-karya sastra yang berkualitas, dan menjadi media untuk berekspresi menyampaikan perasaan. Fakta menarik tentang Bahasa Indonesia yang seharusnya membuat kita bangga menjadi orang Indonesia :
  1. Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di ibu kota Vietnam.
  2. Bahasa Indonesia sangat mendunia di dunia maya. Buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di Asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa 3 yang paling banyak digunakan dalam postingan di wordpress.
  3. Bahasa Indonesia di dunia menduduki peringkat 3 dalam bahasa tersulit di Asia dan peringkat ke 26 di dunia.

Bahasa gaul adalah macam-macam ragam bahasa Indonesia tidak baku yang sering digunakan anak-anak remaja di era milenial. Bahasa ini menjadi ciri khas orang Indonesia bahkan jarang dijumpai di negara lain. 
Ciri-Ciri Bahasa Gaul :
a. Kosakata Khas : berbicara = ngomong, cantik = kece, kaya = tajir.
b. Penghilangan huruf (fenom) awal : saja = aja, memang = emang, sudah = uda.
c. Penhilangan huruf “h” : hilang = ilang, hangat = anget, tahu = tau.
d. Penggantian huruf “a” menjadi “e” : teman = temen, senang = seneng, cepat = cepet.
e. Peluluhan sufiks me-, pe- : membaca = baca, bermain = main, berbelanja + belanja

Perkembangan bahasa Indonesia saat ini mulai menurun karena masuknya bahasa asing dan kata asing yang mudah diserap menjadi kosa kata Indonesia. Keberagaman bahasa serapan ini menjadi masalah bagi keaslian bahasa yang sangat mengkhawatirkan pada penggunaan tata bahasa yang sembarangan dalam bentuk ucapan ataupun tulisan. Di era milenial ini anak-anak remaja sangat bangga menampakkan bahasa gaul atau bahasa alay pada media sosial, khususnya situs-situs jejaring sosial. Salah satu faktor utama pendorong fenomena ini adalah televisi, film animasi import dari negara tetangga, Upin-Ipin yang diputar di televisi dengan menggunakan bahasa Melayu yang sering mereka lihat. Hal ini menjadi keberadaan bahasa Indonesia mulai terkalahkan dengan munculnya bahasa lain seperti bahasa gaul atau bahasa alay.

Pengaruh bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia membuat remaja semakin sulit mengetahui bagaiamana berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penggunaan bahasa gaul yang terlalu sering, membuat orang-orang tak sadar bahwa bahasa tersebut bukan bahasa baik dan kurang sopan untuk di dengar. Sering kita ketahui dalam acara formal banyak orang-orang berpidato menggunakan bahasa gaul dan alasannya tidak sengaja.

Dampak positif dan negatif bahasa gaul :
a. Dampak Positif
Menjadikan pengguna lebih kreatif, asalkan dipakai pada situasi yang tepat, media yang tepat dan komunikasi yang tepat.
b. Dampak Negatif
Mempersulit pengguna untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Gejala bahasa gaul atau bahasa alay yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia, karena dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada lunturnya bahasa Indonesia. Perlu waspada dan berhati-hati dalam begaul, karena tidak setiap bahasa gaul itu menunjukkan perilaku modern bahkan apabila seorang remaja tidak mempunyai filter terhadap penggunaan bahasa gaul karena takut disebut kuper maka, akan terjerumus kepada hal-hal yang negatif.

Adanya faktor era modern yang mengikuti pola hidup ikut-ikutan akan berpengaruh terhadap nilai-nilai islami. Untuk itu kita sebagai manusia yang berakal tentunya dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan adanya bahasa gaul yang tidak islami dapat merusak akhlak generasi muslim terutama anak-anak dan remaja. Dengan adanya majalah-majalah, televisi, serta musik yang merupakan media informasi sehari-hari dapat diperoleh para remaja akan cepat tersebarnya bahasa gaul, apalagi dalam media yang ditampilkan tokoh-tokoh terkenal yang menjadi idola para remaja saat ini. Cara berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar :
  1. Mengetahui pengertian berbahasa yang lebih mendalam akan pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Menanamkan sikap cinta bahasa Indonesia pada anak-anak khususnya remaja dengan berbagai cara, seperti mengadakan lomba puisi dan lainnya.
  3. Inisiatif dan kemauan yang kuat dari dalam diri kita sendiri.

Setiap generasi muda hidup di era yang berbeda-beda, remaja milenial yang mengaku jarang tersentuh pembelajaran berbahasa Indonesia mengatakan kondisi yang membuat konsep berbahasa mereka cenderung berbeda ketimbang generasi era sebelumnya.

Daftar Pustaka
Wikipedia, 3 Agustus 2019, pukul 22.56. Bahasa Indonesia 26 Agustus 2019 https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia (online)
By: NADHIFA ZAHARA SALSABILA

Berlangganan via Email