Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Pencegahan Virus Agar Tidak Mudah Menular

5 Cara Pencegahan Virus Agar Tidak Mudah Menular

Pencegahan virus corona dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat. Pencegahan ini dianggap cara terbaik untuk menghindari penyakit karena sampai sekarang belum ada obat dan vaksinnya. Hingga kini jumlah kasus infeksi virus corona baru (2019-nCoV) tercatat sudah mencapai lebih dari 2.700 kasus dan 80 kematian. Para pakar memprediksi jumlahnya masih akan terus meningkat. Berikut cara pencegahan virus corona yang dirangkum detik com dari berbagai sumber:
  1. Masker
    Dalam konteks kehidupan sehari-hari pemakaian masker bedah atau ojol disarankan dipakai karena dapat membantu mengurangi risiko penularan. Beberapa ahli menyebut pemakaian masker ini lebih baik daripada tidak sama sekali. dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas menyebut bila memungkinkan bisa memakai masker N95. Masker ini menutup rapat area hidung dan mulut sehingga efek perlindungannya lebih baik untuk mencegah virus corona daripada masker bedah biasa.
  2. Cuci tangan
    Beberapa kasus penularan diprediksi terjadi ketika tangan yang menyentuh permukaan terkontaminasi oleh virus lalu tak sengaja memegang wajah. Virus corona lalu berpindah dari tangan ke hidung atau mulut. Biasakan diri rajin mencuci tangan dengan sabun dan sebisa mungkin jangan sering-sering menyentuh wajah.
  3. Tutup mulut saat bersin dan batuk
    Pencegahan virus corona juga bisa dilakukan dengan kesadaran diri untuk selalu menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk. Tujuannya agar kuman penyakit apapun yang mungkin ada tidak mudah tersebar menjangkit orang lain.
  4. Masak sampai matang
    Halaman informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan agar masyarakat menghindari kebiasaan mengonsumsi daging yang tidak dimasak sampai matang. Alasannya karena beberapa penyakit, termasuk salah satunya virus corona, bermula dari hewan sebelum menginfeksi manusia.
  5. Istirahat cukup dan makan bergizi
    Tidak semua orang yang terinfeksi virus corona baru ini meninggal. Ada orang yang berhasil sembuh berkat kondisi imunnya dan layanan kesehatan baik.

Untuk menjaga imunitas tubuh tetap dalam kondisi prima maka jangan sampai kita kurang istirahat dan makan makanan bergizi.

Sumber utama: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4874850/5-cara-pencegahan-virus-corona-terapkan-supaya-tak-mudah-tertular