Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mensyukuri Nikmat Allah SWT atas Segala Karunia Yang Telah Diberikan

Mensyukuri Nikmat Allah SWT atas Segala Karunia Yang Telah Diberikan


Bersyukur atas nikmat Allah SWT atas apa yang telah diberikan, merupakan wujud syukur kita, kata-kata mutiara tersebut keluar dari salah satu teman mengajar di Kampus Al-Khoziny Buduran Sidoarjo yang mengingatkan saya akan apa yang harus di syukuri dan dijalani, hidup itu perjuangan dan proses yang harus dilewati dengan menikmati segala pemberian atas segala yang maha kuasa berikan. Oleh karena itu bersyukur harus dilakukan dengan tiga hal diantaranya:
  1. Bersyukur dengan lisan (bii lisan) dengan ucapan lisan dengan mengucapkan syukur alhamdulilah atas segala pemberian-Nya yang begitu besar berupa kesehatan dan ketenangan serta kebahagian yang kita hadirkan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjiwai segala perilaku kita dengan hal-hal positif, ikhlas, sabar, dan menghayati semuanya atas anugrah yang maha kuasa berikan.
  2. Bersyukur dengan hati (biil qolbiih) dengan menerima dalam hati, apa yang kita rasakan, serta terima merupakan anugrah yang maha kuasa terbaik, karena kita semua hidup di dunia ini menerima ujian, serta disuruh beribadah kepada Allah SWT dan beramal shaleh, sehingga kita wajib menerima dan menjalaniNya dalam kehidupan dengan berpengharapan bahwa hati, jiwa pikiran kita menerima segalanya dari yang maha kuasa alam semesta.
  3. Bersyukur dengan tindakan (biil arkhaan) berbuatan merupakan implementasi real (nyata) bahwa kita menikmati segala pemberian yang maha kuasa dengan menyukuri nikmatnya karunia-Nya sehingga kita bisa berbagi melalui rizki yang diberikan ke kita untuk orang lain.

Berlangganan via Email