Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTINGNYA PENDIDIKAN

PENTINGNYA PENDIDIKAN

Hallo, Assalamualaikum teman-teman!. Apa kabar kalian semua? Semoga selalu diberi kesehatan dan kebaikan. Kali ini saya akan membahas tentang betapa pentingnya pendidikan bagi kita semua. Apakah kalian sudah mendapatkan pendidikan yang layak? Apakah kalian sudah mengerti apa itu pendidikan? Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan bagi  seluruh masyarakat. Secara umum, pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat atau sekelompok manusia yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian, dan pelatihan. Sedangkan definisi dari pendidikan sendiri adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan secara sistematis untuk mewujudkan suasana pembelajaran atau belajar-mengajar supaya seseorang mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dengan adanya pendidikan, seseorang akan memiliki kecerdasan, akhlak yang mulia, kepribadian yang baik, kekuatan spiritual, dan keterampilan lainnya yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Sedangkan dalam B.Inggris, kata pendidikan disebut juga dengan education yang secara etimologis kata tersebut berasal dari bahasa Latin, yaitu eductum. Kata eductum terdiri dari dua kata, yaitu E yang berarti perkembangan dari dalam, dan Duco yang berarti sedang berkembang. Sehingga secara etimologis, pendidikan merupakan proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu. Jadi secara kesimpulan, pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran terhadap seseorang supaya memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membantu mereka menjadi seseorang yang kritis dalam berpikir.

Pendidikan sangatlah penting dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan, baik segi pekerjaan, keluarga, ataupun yang lainnya. Kenapa pendidikan sangat dibutuhkan? Karena dengan adanya pendidikan dapat membantu seseorang memiliki kecerdasan, mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya, dapat membentuk watak, dan membentuk kepribadian yang baik untuk menjadi seseorang yang bermartabat. Selain itu, pendidikan juga dapat menciptakan generasi bangsa yang unggul, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan mudah, dan mencegah generasi yang bodoh. Jika kita memiliki pendidikan yang baik, kita akan semakin dihargai dan dihormati oleh masayarakat sekitar. Tetapi jika sebaliknya, kita tidak memiliki pendidikan yang baik, kita akan diremehkan oleh masyarakat sekitar dan akan dianggap bodoh oleh masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai penerus bangsa harus semangat dalam menunutut ilmu agar kita memiliki pendidikan yang baik dan juga ilmu yang bermanfaat.

Pendidikan merupakan dimana seseorang akan memulai untuk membangun alur hidupnya masing-masing, dan lewat pendidikan mereka akan dibimbing, diarahkan, dan dibekali teori-teori bagaimana cara untuk membangun dan menjalani kehidupan yang baik dan layak. Setiap orang pasti membutuhkan pendidikan, baik orang yang sudah dianugerahi kecerdasan maupun orang yang belum dianugerahi kecerdasan, baik orang yang normal akal sehatnya maupun orang yang memiliki kelainan. Pendidikan akan menjadikan seseorang lebih luas wawasannya, lebih bijaksana, dan memiliki kepribadian yang tangguh. Pendidikan juga dapat membedakan kedudukan kita di masyarakat. Orang yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi, maka orang itu akan lebih terpandang dan dihargai dalam masyarakat. Dalam segi tingkat mendapatkan pekerjaan, pendidikan juga sangat berpengaruh. Terutama dalam hal jabatan, orang yang memiliki pendidikan yang tinggi akan diberikan amanah dalam jabatan yang tinggi pula. Sebaliknya, sedangkan orang yang memiliki pendidikan rendah akan diberikan amanah jabatan yang rendah pula. Karena setiap pekerjaan akan disesuaikan dengan kemampuan seseorang. Dan hal itu juga akan menentukan pendapatan dari pekerjaannya.

Pendidikan memiliki jenjang yang dimulai dari POSYANDU, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan dasar, yaitu Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtida’iyah (MI), pendidikan menengah, yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS), pendidikan atas, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA), dan pendidikan atau perguruan tinggi. Berbicara tentang pendidikan, tentu semua orang akan berpendapat dan beranggapan bahwa pendidikan adalah sebuah modal berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan juga pendidikan adalah salah satu Hak Asasi Manusia (HAM). Seseorang yang mampu menyelesaikan pendidikan baik sampai jenjang kuliah, atau sampai jenjang SMA, bahkan hanya jenjang SMP, itu artinya mereka sudah memiliki seebuah modal berharga yang seharusnya dimiliki oleh semua orang untuk dapat bersaing dalam zaman modernisasi ini dan akan sangat berguna dalam mewujudkan cita-cita yang diinginkan.

Pendidikan juga bisa berawal dari bayi yang masih didalam kandungan. Seperti hal yang banyak dilakukan oleh orang-orang, yaitu memainkan musik disamping perut sang Ibu, mengumandangkan adzan disamping perut sang Ibu, dan yang paling banyak dilakukan adalah membaca surat-surat Al-Qur’an didekat perut sang Ibu. Kegiatan itu dilakukan agar sang bayi terbiasa mendengarkan hal-hal yang baik dan diharapkan ketika kelak bayi sudah lahir bisa menirukan kegiatan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya dapat dilakukan di lingkup sekolah, tetapi pendidikan bisa di lakukan melalui cara apapun seperti melalui keluarga, masyarakat, atau sebagainya. Pendidikan memang sangat penting, terutama bagi anak-anak. Karena usia anak-anak sangatlah butuh pendampingan, bimbingan, dan arahan yang jelas dan baik. Jangan sampai membiarkan anak-anak terlantar dan tidak mendapatkan pendidikan sama sekali, karena juga akan mempengaruhi generasi bangsa kedepannya. Dengan pendidikan, anak-anak juga mendapatkan dan mengenal hal yang baru. Misalnya, anak yang baru masuk TK, mereka akan merasa senang sekali karena merasa mempunyai hal-hal yang baru, termasuk mainannya, teman-temannya, dan lain sebagainya.

Pendidikan yang kita dapatkan pertama tentunya berasal dari keluarga. Karena semua orang tentu terlahir dari seorang keluarga. Dan jauh sebelum kita mendapatkan pendidikan dari sekolah, kita terlebih dahulu mendapatkan pendidikan dari keluarga dimana mereka telah ada sebagai lembaga yang memainkan peran penting dalam pendidikan, yakni sebagai peletak dasar. Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari sejak mereka lahir sampai meninggal dunia. Proses pendidikan ini berjalan selama seumur hidup, sehingga peranan keluarga sangat penting bagi anak terutama orang tua. Orang tua mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang. Kasih sayang yang diberikan orang tua kepada anaknya tidak akan ada habisnya dan tak akan ternilai harganya. Keluarga sebagai sumber kekuatan yang membangun, oleh karena itu dapat timbul perilaku saling membantu, saling menghargai dalam lingkungan keluarga, diterima, dicintai, dan dihormati dengan baik. Dalam keluarga seseorang juga mempelajari banyak hal, dari bertutur kata yang sopan, berinteraksi yang baik, menyatakan keinginan dan perasaan, menyatakan pendapat, berperilaku yang baik, dan lain sebagainya.

Pendidikan di sekolah merupakan pendidikan yang didapatkan setelah kita mendapatkan pendidikan dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga dan pendidikan di sekolah memiliki suasana yang berbeda. Dimana pendidikan di sekolah disertai dengan fasilitas, seperti kursi, meja, papan tulis, beserta seseorang yang memakai seragam yang biasanya di panggil Bu guru atau Pak guru. Sekolah merupakan lembaga formal yang mempunyai tugas untuk mendidik semua orang. Peranan sekolah sangatlah besar dalam tukar menukar pikiran peserta didik. Guru harus berupaya agar pelajaran yang diberikan cukup untuk kebutuhan peserta didik masing-masing dengan memberikan ilmunya kepada peserta didik sesuai kemampuan yang telah di miliki. Guru juga harus membina peserta didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian yang baik. Hanya dengan cara tersebut yang dapat membantu anak berkembang. Peranan guru sebagai pendidik merupakan peranan memberikan bantuan dengan dorongan, serta tugas-tugas yang membantu anak menjadi disiplin dan bertanggung jawab atas apa yang telah didapatkan selama belajar di sekolah. Pelajaran yang diberikan juga harus mampu meningkatkan ketertarikan anak dalam belajar.

Selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, pendidikan di sekolah juga berfungsi sebagai sarana, cara atau alat untuk mengembangkan kepribadian, emosional, moral dan sosial. Karena sangat bermanfaat ketika anak sudah mulai turun dalam kehidupan masyarakat, salah satunya agar komunikasi atau interaksi antara anak dengan lingkungan sekitar dapat berjalan dengan baik. Pendidikan di sekolah juga sebagai sarana penanaman nilai kegamaan seseorang, hal ini memberikan pengaruh besar pada anak. Semakin kualitas pendidikan di sekolahnya semakin baik, maka akan semakin menghasilkan seseorang yang berkualitas baik pula.

Peranan masyarakat juga sangat penting bagi seseorang. Ini disebut dengan pendidikan non formal. Pendidikan non formal merupakan pendidikan di luar sekolah, yaitu pendidikan yang didapatkan oleh seseorang secara teratur dan terarah. Pendidikan juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Jika lingkungan tersebut positif dan memberikan dukungan kepada seseorang tersebut, pasti seseorang tersebut akan semangat dan gigih dalam mencapai apa yang diinginkannya. Tapi sebaliknya, jika lingkungan tersebut negatif dan tidak memberikan dukungan terhadap pendidikan seorang anak, maka sesorang anak itu akan bermalas-malasan dalam menggapai apa yang diinginkannya dan menganggap pendidikan itu tidak penting. Di zaman modernisasi seperti ini, sangat diharapkan generasi muda dapat mengembangkan ilmu yang didapatkan selama dia berpendidikan dan di didik oleh suatu lembaga pendidikan. Itulah betapa pentingnya menjadi seseorang yang terdidik baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Menuntut ilmu tidak ada batasan usia atau dapat dikatakan selama kita hidup merupakan proses pendidikan, baik pendidikan dalam keluarga, pendidikan di sekolah, dan pendidikan di masyarakat. Dengan pendidikan, banyak sekali hal yang dapat kita dapatkan. Tapi entah mengapa masih banyak orang-orang di sekitar yang menyepelekan pendidikan dan tidak mementingkan pendidikan sebagaimana mestinya. Tidak hanya di desa-desa terpencil saja, bahkan di kota-kota besar masih banyak anak yang tidak dapat pendidikan yang harusnya dia peroleh. Dan sepertinya kesadaran mereka tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak penerus bangsa masih perlu ditingkatkan.

Masyarakat harus sadar dan mengetahui bahwa pentingnya pendidikan bukan hanya untuk menunjang kehidupan sehari-hari, melainkan juga untuk cara mengetahui cara bergaul dan menghargai orang-orang di sekitar kita. Oleh sebab itu, pendidikan sangatlah menjadi kebutuhan penting bagi kita semua. Karena dengan pendidikan, kita dapat mengubah taraf penghidupan  lebih layak dan kita dapat menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan Negara. Dan diharapkan kepada masyarakat agar mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat bersaing dengan bangsa lain dan agar menjadikan manusia-manusia yang mempunyai wawasan yang luas. Semoga dengan pendidikan, kehidupan kita akan menjadi lebih baik. Sekian terimakasih, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Wassalamualaikum wr. Wb.

By: Adinda Zulihah Salsabila

Berlangganan via Email