Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANALISIS PROBLEM PEMBELAJARAN DI KELAS TINGKAT SEKOLAH DASAR

ANALISIS PROBLEM PEMBELAJARAN DI KELAS TINGKAT SEKOLAH DASAR

Assalamu'alaikum. Jumpa lagi dengan artikel dari saya. Kali ini saya akan mrmbahas tentang problem, analisa dan penyelesaian yang biasa terjadi saat pembelajaran dikelas tingkat sekolah dasar. Apa sajakah problem yang biasa terjadi? Langsung kita simak saja artikel dibawah ini.

Apakah kalian pernah mengetahui apa saja problem yang biasa terjadi pada saat pembelajaran di sekolah tingkat SD/MI? Banyak sekali problem yang harus di selesaikan oleh guru pada saat menghadapi murid saat pembelajaran berlangsung. Salah satu problem yang biasa terjadi di sekolah dasar yakni pada tingkat kelas 1 - 2 masih ada siswa yang belum bisa baca tulis. Hal ini disebabkan karena berbagai hal.

Salah sarunya  bisa saja karena kurangnya perhatian orang tua dalam perkembangan pembelajaran anak. Biasanya cara mengatasi problem yg demikian perlu lah orang tua lebih memperhatikan lagi dan memberikan bimbingan khusus pada anaknya. Atau penyelesaian pada sekolah biasanya diadakannya bimbingan khusus baca tulis di sekolah diluar jam pelajaran. Lalu apakah ada problem yang terjadi pada siswa kelas 3-6? Tentu saja ada. Problem pada siswa kelas 3-6 mereka cenderung bosan dengan pembelajaran didalam kelas yang monoton.

Terkadang banyak sekali guru yang masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa lebih bosan karena siswa merasa pasif dikelas sehingga banyak siswa yang mengantuk. Sebagai guru, maka perlu menggunakan metode atau strategi yang bisa membuat siswa berperan aktif juga dalam pembelajaran. Selain itu, guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa mampu berkonsentrasi dalam pembelajaran dan juga siswa merasa senang terhadap pembelajaran yang berlangsung. Dan juga agar siswa lebih semangat dalam melakukan pembelajaran hendaknya guru memberikan stimulus contohnya seperti pemberian reward berupa bintang, nilai, barang atau dan lain - lain.  Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb

By: GISCA KURNIA

Berlangganan via Email