Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Penyebab Siswa Males Membaca Buku?

Bagaimana Penyebab Siswa Males Membaca Buku?

Membaca buku merupakan gudang ilmu atau bisa di artikan sebagai pusat ilmu, karena dengan kita rajin membaca buku tentunya pengetahuan kita akan lebih luas, tetapi probelem yang kita hadapi adalah minimnya siswa membaca buku. Mungkin perlu adanya bimbingan agar para siswa lebih rajin dalam membaca buku. Untuk itu para guru harus bisa berinofasi untuk membuat siswa itu rajin membaca buku antara lain:

1. Memberi wawasan tentang pentingnya membaca buku, untuk itu para guru harus mengasih motifasi tentang manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari membaca buku dengan itu maka bisa meningkatkan siswa dalam membaca.

2. Mengasih selogan di setiap kelas yang menarik dan bermuatan tentang pentingya membaca buku karena hal itu mampu membuat siswa mengerti tentang pentingnya membaca buku. Selogan yang baik adalah selogan yang mempu menginofasi siswa untuk meningkatkan minat baca dari siswa. 

3. Menata buku yang rapi dan tempat yang yaman dengan kondisi yang seperti itu tentunya siswa akan lebih seneng dalam membaca. Kondisi yang yaman bisa kita ciptakan lewat lingkungan yang bersih sejuk dan tidak berising kerena dengan seperti itu tentunya siswa akan yaman dalam membaca.

4. Mengadakan kunjungan rutin setiap kelas dalam satu minggu sekali kerana dengan adanya seperti itu adalah salah satu cara untuk mengenalkan siswa tentang membaca. Mengadakan kunjungan setiap satu minggu sekali adalalah upaya untuk menyerantakkan dalam pengenalan membaca setiap siswa.

5. Mengasih pretasi setiap tahun tentang siswa yang paling gemar membaca dengan apsen siswa yang paling banyak memasuki perpustakaan. Mengasih prestasi siswa adalah upaya untuk saling berlomba lomba dalam gemar membaca, tentunya hal itu sangat baik untuk memacu siswa dalam rajin membaca buku.

Penyebab-penyebab siswa males membaca buku antara lain:
1. Terlalu aktif dalam bermain hp seperti geme dan lain lain, untuk itu perlu pemhaman dari wali murid untuk membatasi tentang pengunaan hp kerana dapat menghambat siswa dalam belajar maupun membaca.
2. Terlalu asik bermain dengan temen temen-tentunya akan menghambat perkembangan siswa dalam belajar maupun membaca.
3. Males iyalah hal yang wajar tetapi kalau kemalasan di biarkan tentunya akan sangat menghambat tentang minat membaca buku maupun belajar.

Dari dua hal di atas bisa di simpulkan bahwa membaca buku sangat penting dan sangat perlu untuk di kembangkan agar para generasi muda memiliki pengetahuan yang luwas, untuk itu perlu dari seorang guru untuk mengembangkan agar minat baca setiap siswa lebih baik lagi, meningkatkan minat membaca bukan siatu hal yang mudah bagi guru tetapi harus di usahakan agar para siswa mempuyai pengetahuan yang luas. 

By: Sunanto

Berlangganan via Email