Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Tumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Anak

4 Cara Tumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Anak

Menjadi pewirausaha dianggap sebagai jalan keluar untuk mengatasi berbagai masalah di dunia kerja. Bahkan, Mary Mazzio, pembuat film sekaligus seorang pengusaha di Amerika, mengatakan bahwa setiap orang memiliki kewajiban untuk menjadi wirausaha. "Namun Anda harus bertanya bagaimana cara menciptakan nilai lebih pada produk, dan mengetahui cara bisnis yang lebih baik," ungkap Mazzio. Untuk menambah ilmunya tentang wirausaha, Mazzio banyak mewawancarai para pengusaha sukses seperti Richard Branson, pemilik Virgin Group, dan Arthur Blank, co-founder The Home Depot. Dalam wawancaranya, satu hal yang paling diingat oleh Mazzio adalah sifat kewirausahaan ini bisa diajarkan pada anak-anak, agar mereka memiliki jiwa wirausaha sejak kecil. 

Untuk menanamkan jiwa wirausaha pada anak-anak, ini yang harus Anda lakukan: 1. Tumbuhkan rasa percaya diri "Anak saya sangat pemalu ketika masih kecil, dan ia akan mengarang berbagai alasan untuk menolak permintaan saya untuk mulai berwirausaha," ungkap Mazzio. Sebaiknya didik anak untuk lebih percaya diri dan menghilangkan rasa malu dalam dirinya. Berhenti berpikir tentang rasa malu terhadap orang lain, dan berhentilah untuk hanya berpikir tentang diri sendiri. Ajak anak untuk mulai berani berinteraksi dengan orang lain, dan tampil lebih percaya diri akan kemampuan mereka. 2. Membuat kamar inspirasi Dimana para pengusaha mendapatkan inspirasi dan ide-ide terbaik mereka? Menurut Mazzio, sebagian besar ide terbaik para pengusaha dihasilkan dari sebuah ruang untuk berpikir kreatif. Buatlah sebuah ruang bermain yang penuh dengan berbagai hal yang bisa meningkatkan kreativitas anak. "Jika anak-anak merasa bosan, hindari untuk membeli mainan untuk mereka. Ajari mereka untuk memikirkan cara menghibur diri mereka sendiri," sarannya. Proses ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak memecahkan masalah mereka, lebih kreatif, dan punya inisiatif yang tinggi. Inilah salah satu modal seorang pengusaha yang sukses. 3. Tingkatkan produktivitas Ketika bekerja atau berwirausaha, uang memang merupakan imbalan yang akan didapatkan sebagai hasil dari produktivitas dan kreativitas mereka. Namun, biasakan untuk mengajarkan pada anak-anak bahwa uang tidak selalu bisa menjamin kebahagiaan mereka. Beri pengertian pada anak, bahwa sebenarnya proses produktiflah yang terpenting dalam pekerjaan. Karena proses produktif akan memberi mereka rasa kebebasan dan kemerdekaan. "Pacu mereka untuk giat belajar matematika dan keterampilan menulis, karena dua pelajaran ini bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, dan bisa digunakan untuk memenangkan rencana bisnis untuk investor," tukasnya. 4. Jangan remehkan kegagalan Mazzio mengungkapkan bahwa nilai kewirausahaan bukan hanya dibutuhkan untuk menciptakan bisnis yang sukses.
Kewirausahaan juga merupakan cara hidup dan cara berpikir seseorang. Ketika yang tertanam pada diri kita adalah wirausaha merupakan cara untuk mendapat kesuksesan dan menghasilkan uang yang banyak, jangan heran bila kita mengalami kegagalan. "Banyak orang yang meremehkan kegagalan, dan kadang bicara dalam konteks menghina. Padahal dari kegagalan kita bisa belajar. Pengusaha yang besar adalah orang yang bisa bangun dan menarik diri kembali setelah gagal," tukasnya. Belajar dari kegagalan bisa memperluas karakter Anda, dan membuat Anda berpikir lebih kreatif tentang bagaimana mencapai berbagai hal yang sulit dicapai. Ajarkan anak-anak untuk siap menghadapi berbagai kegagalan yang mungkin terjadi, dan ajarkan mereka untuk lebih berani menghadapi berbagai risiko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Tumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Anak",https://edukasi.kompas.com/read/2012/03/31/07363944/4.cara.tumbuhkan.jiwa.wirausaha.pada.anak.

3 Cara Menanamkan Jiwa Wirausaha pada Anak Sejak Dini
Mungkin sebagian besar orang tua yang merupakan seorang wirausahawan ingin meneruskan bisnis ke anaknya karena dengan begitu mereka masih dapat mengontrol jalannya bisnis tersebut. Namun, apabila seorang anak tidak dididik untuk menjadi wirausaha sejak dini, dikhawatirkan ia akan kaget dan kebingungan dengan hal yang asing baginya.

Menanamkan jiwa wirausaha pada anak sejak dini bukanlah perkara yang sulit. Terlebih lagi jika Anda sebagai orang tua sudah berpengalaman di dunia bisnis. Berdasarkan hasil lansiran dari inc.com, begini cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan dunia bisnis ke anak Anda:

1. Rencanakan perjalanan
Rencanakan perjalanan yang jauh berbeda dengan kampung halaman Anda. Sesekali ajak anak Anda keluar untuk membuka pola pikirnya. Anak-anak lebih mudah mengerti apabila mereka melihat langsung dibandingkan hanya sekadar diceritakan. Biarkan anak Anda mengeksplor pikirannya dan tertarik pada hal yang telah Anda tunjukkan.

2. Jelaskan investasi kepada mereka dengan cara yang menyenangkan
Ajari anak-anak untuk menyisihkan uang mereka untuk ditabung dan membeli apa yang mereka inginkan. Biarkan hal itu membutuhkan waktu yang lama, hal itu sekalian melatih jiwa mereka untuk bersabar dan semuanya membutuhkan proses.

Percakapan ini dapat memicu rasa ingin tahu mereka dan membantu mereka fokus pada kemungkinan ketika berinvestasi daripada apa yang tersedia saat ini. Semakin banyak investasi dibahas, semakin anak-anak lebih nyaman menjadi dengan gagasan risiko dan kegagalan. Risiko melekat pada kesuksesan bisnis, dan membekali anak-anak dengan kesempatan untuk mengambil risiko yang diperhitungkan akan membantu membangun kepercayaan diri. Ditambah lagi, semakin mereka menemui kegagalan dan belajar darinya, semakin tangguh mereka akan menjadi pengusaha.

3. Bagikan cerita tentang wirausaha lain.
Pengusaha dan pendiri bisnis sering memiliki cerita yang menarik! Sementara banyak anak-anak mungkin memiliki pahlawan yang pasti layak dikagumi itu, baik mereka petugas pemadam kebakaran atau dokter, Anda dapat mengajari anak-anak Anda untuk mengagumi perjalanan mereka yang telah memulai dan menjalankan bisnis juga.

Seri buku "Who Was / Is" memiliki beberapa buku tentang pengusaha terkenal, seperti Richard Branson, Steve Jobs, dan Henry Ford, semuanya ditulis dengan gaya yang menarik bagi anak-anak. Cara terbaik yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak untuk mencintai kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi adalah dengan menunjukkan kepada mereka betapa Anda menyukainya dan berbagi cerita dengan mereka.

Jadi, jika Anda kekurangan cerita sebelum tidur, masukkan mereka dengan anekdot tentang forays pertama Anda untuk memulai bisnis, dan pastikan untuk berbagi sebanyak kegagalan sebagai keberhasilan. Ajarkan mereka tidak apa-apa mengambil risiko. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan memiliki pengusaha kecil di tangan Anda.

https://www.wartaekonomi.co.id/read190285/3-cara-menanamkan-jiwa-wirausaha-pada-anak-sejak-dini