Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JANGAN RAGU MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA PADA ANAK SEJAK KECIL

JANGAN RAGU MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA PADA ANAK SEJAK KECIL

JANGAN RAGU MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA PADA ANAK SEJAK KECIL
Bagi Anda yang baru mempunyai anak, ada baiknya untuk mengajarkan buah hati Anda untuk mengenalkan sifat wirausahawan. Memiliki jiwa wirausahawan akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, mampu berpikir kreatif dan inovatif, serta lebih menghargai uang dan barang. bagaimanakah cara untuk mendidiknya? simak ulasan berikut ini:

1. Inovatif dan kreatif
Sifat yang paling utama dari kewirausahaan adalah inovatif dan kreatif. Sifat ini dapat membantu anak-anak untuk berkreasi menciptakan sesuatu yang baru. Inovasi dan kekreativitasan dapat diibaratkan sebagai pondasi yang akan menopang sebuah usaha. Mengapa demikian? Dengan berani berinovasi serta menuangkan ide-ide dalam bisnis yang dirintis, maka pengalaman dan wawasan yang dalam terkait dengan bisnis tersebut akan dirasakan oleh sang pelaku bisnis. Selain itu, inovasi dan kreativitas juga akan berperan dalam perkembangan bisnis. Tanpa kedua hal tersebut, sebuah bisnis akan kesulitan untuk terus maju dan memiliki daya saing. Ajarkan anak-anak Anda untuk menciptakan ruang untuk solusi kreatif dan usaha.

2. Tidak mudah menyerah.
Untuk Anda orang tua, ada baiknya untuk mengajarkan kepada anak untuk belajar dari kegagalan. Sifat kewirausahaan tersebut dirasa akan membuat sang anak untuk tidak mudah menyerah. Kegagalan dalam berbisnis merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari. Seseorang yang mudah menyerah akan kesulitan membangun bisnisnya dan berkompetisi di pasar karena tidak siap menghadapi tekanan yang datang. Penting bagi setiap pelaku bisnis untuk memiliki mental baja dan selalu bangkit saat gagal. Ajarkan kepada mereka untuk tetap bangkit setelah mengalami kegagalan dan tetap berpikir positif.

3. Pengambil keputusan
Ajarkan kepada anak Anda untuk percaya diri ketika akan mengambil sebuah keputusan. untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan tersebut, tanamkan selalu kepada anak anda untuk berani mengambil keputusan ketika dihadapkan pada suatu masalah.

4. Mandiri
Sifat mandiri yang merupakan salah satu sifat kewirausahaan yang patut diajarkan kepada anak anda. Sebagai orangtua sebaiknya jangan terlalu memanjakan anak dengan selalu menuruti semua keinginannya. Didik anak untuk mandiri dan tidak terlalu sering merajuk. Boleh saja sesekali menuruti permintaannya, tetapi jangan terlalu mudah terbujuk rengekan atau tangisannya ketika meminta sebuah barang.

5. Jiwa Pemimpin
Sifat pemimpin harus diajarkan kepada anak dari kecil, penting sekali bagi anda sebagai orangtua untuk membangun dan menerapkan jiwa kepemimpinan yang amanah dan jujur pada diri anak. jiwa pemimpin dapat diajarkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan kepada anak baik untuk mengembangkan sifat pribadi anak itu sendiri serta membantu untuk menanamkan sifat positif pada anak-anak sedari kecil. Orangtua bisa memberi contoh kepada anak di kehidupan sehari-hari.

https://www.jurnal.id/id/blog/sifat-wirausahawan-yang-dapat-diajarkan-kepada-anak/

Di tengah persaingan kerja yang semakin ketat, menjadi wirausaha adalah salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Sebagai orang tua, tak ada salahnya bila sejak dini Anda ikut menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak. Menjadi wirausaha memang tak melulu menjadi pengusaha. Namun, banyak hal yang bisa dipelajari  si kecil. Mereka dapat lebih bertanggung jawab dan berani mengejar kesempatan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar dapat menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak. Yuk simak! Ajarkan Anak Anda tentang Pentingnya Uang genai uang. Para orang tua dapat meluangkan waktu dan mengajarkan mengenai konsep pendapatan dan pengeluaran. Yang tak kalah penting, ajari anak untuk mulai menabung dari uang jajan miliknya. Lebih baik lagi bila konsep itu dipraktikkan. Misalnya memberikan imbalan berupa uang atau camilan favorit bila anak berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan. Sebaliknya, bila ia merusakkan benda pribadi, ajari ia menabung untuk membeli barang yang baru.

1. Ajari Anak Mengenai Konsep Ekonomi
Ajarkan anak mengenai konsep ekonomi sederhana. Mulai dari mengenali nilai mata uang hingga bagaimana cara kerja transaksi keuangan. Anda dapat bersama dengan sang buah hati bermain jual beli. Nantinya akan ada yang menjadi pembeli dan penjual. Sediakan uang mainan atau buat uang sendiri dari kertas dan dituliskan nominal uangnya.

2. Buat Bank Ide
Bila anak memiliki ide untuk berwirausaha, ajar ia untuk membuat bank ide. Setiap kali ia memiliki ide mengenai usaha yang akan ia buat kelak, anak bisa menuliskannya di sebuah buku khusus. Terus motivasi si kecil agar jangan lelah berusaha untuk mewujudkan ide-idenya nanti.

3. Tetapkan Target
Salah satu strategi untuk berhasil dalam berwirausaha adalah memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya. Ajari si kecil bagaimana cara yang efektif untuk mencapai tujuan dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat.
Contohnya si anak menargetkan bisa mengumpulkan uang sebesar Rp.100.000 dalam jangka watu satu bulan. Ajarkan ia langkah-langkah untuk mencapai target tersebut. Misalnya dengan menyisihkan sebagian dari uang jajannya.

4. Ikutkan Anakan dalam Kegiatan Wirausaha
Merupakan kesempatan yang baik bila di lokasi tempat tinggal Anda diadakan kegiatan bazar atau penggalangan Anda. Para orang tua bisa turut berpartisipasi dengan mengajak anak. Kegiatan ini dijamin dapat menumbuhkan jiwa wirausaha anak. Berikan dia imbalan dari keuntungan hasil penjualan yang diperoleh agar ia merasa bersemangat untuk terlibat di kegiatan serupa di masa yang akan datang.

5. Bekali dengan Ketrampilan Dasar
Ketrampilan dasar seperti matematika dan menulis akan sangat berguna dalam dunia wirausaha kelak. Pacu anak untuk giat mempelajarinya karena selain dapat memenangkan kesepakatan bisnis, ketrampilan dasar ini juga berguna dalam kehidupan sehari-hari.  Dengan memiliki kemampuan ini, anak akan diajarkan menjadi mandiri.

6. Jangan Remehkan kegagalan
Nilai kewirausahaan tak hanya bertujuan melahirkan bisnis yang sukses melainkan juga mengajarkan cara berpikir untuk mengatasi masalah. Ketika orang tua telah menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak, mereka akan menganggap kegagalan hal yang wajar. Bila anak gagal mencapai tujuan yang telah ia tetapkan, jangan remehkan hal tersebut dengan mengeluarkan kata-kata yang menghina. Yakinkan sang buah hati, justru dari kegagalan ia bisa belajar menjadi lebih baik.

Demikianlah 7 hal yang bisa Anda terapkan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak. Meski sering diremehkan, menjadi seorang wirausaha tak hanya sekadar mengumpul pundi-pundi rupiah tapi juga dapat membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda turut mempersiapkan masa depan anak.
https://www.educenter.id/jangan-ragu-menumbuhkan-jiwa-wirausaha-pada-anak-sejak-kecil/

Berlangganan via Email