Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jagalah Kesehatan Supaya Tidak Mudah Terpapar Covid-19

Sekarang ini siapa sih yang tidak tahu tentang virus covid-19? Seluruh dunia digemparkan dengan informasi tentang virus yang mematikan, menyebar dan meluas dengan cepat ke beberapa negara di dunia. Virus covid-19 pertama kali di identifikasi di kota Wuhan, Cina, pada Desember 2019, dan sejak itulah virus ini menyebar secara cepat ke negara-negara lain.
Jagalah Kesehatan Supaya Tidak Mudah Terpapar Covid-19

Singkatan dari Covid-19 adalah coronavirus disease 2019. Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah salah satu virus atau wabah penyakit yang dapat menganggu dan menyerang pernapasan pada manusia. Virus ini dapat menimbulkan gangguan terhadap sistem pernapasan, paru-paru basah, bahkan sampai-sampai dapat menyebabkan kematian dengan begitu cepat kalau tidak segera ditangani. Covid-19 ini merupakan jenis virus baru dari coronavirus yang bisa menular ke siapa saja, baik itu anak bayi, anak-anak, orang yang sudah dewasa, orang yang sudah tua, ibu menyusui, maupun ibu hamil.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan virus ini menjadi pandemi. Covid-19 juga sudah menyebar ke 200 lebih Negara di belahan dunia termasuk Indonesia. Penyebarannya pun sangat cepat dan dapat menyebabkan jutaan manusia gugur saat melawan wabah penyakit covid-19 ini. Bahkan banyak petugas medis pun juga terpapar virus ini ketika menangani pasien yang terinfeksi covid-19. Meskipun begitu, seluruh masyarakat dihimbau supaya tidak panik dengan adanya virus ini, dan jangan memberikan berita hoax yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat.

Gejala awal yang dialami ketika terkena infeksi virus ini sama dengan seperti gejala ketika lagi flu, seperti: batuk, pilek, demam, serta sakit tenggorokan. Namun, secara umum gejala-gejala untuk menandakan ketika seseorang terkena atau terinfeksi virus ini yaitu: demam yang tinggi suhunya diatas 38°C, sesak nafas, dan batuk. Ketika daya tahan tubuh kita lemah, dengan mudah dan cepat virus ini bereaksi dan menyerang sistem pernafasan kita. Menurut beberapa penelitian gejala virus corona dapat muncul dalam waktu 2-14 hari setelah terkena virus ini. Covid-19 ini bisa menularkan dengan melalui beberapa cara, diantaranya: melakukan kontak secara langsung dengan orang yang terinfeksi covid-19 seperti berjabat tangan atau bersentuhan dengan orang yang terinfeksi covid-19.

Nah, untuk itu pemerintahan sudah menghimbau dan menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tetap berada di rumah saja dan menjaga kesehatan agar tidak mudah terpapar wabah virus covid-19 ini. Menjaga kesehatan tubuh merupakan faktor yang utama yang harus dilakukan agar tidak mudah terpapar virus covid-19. Mari kita tingkatkan kesehatan kita agar tidak mudah terkena virus ini dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut: pertama, berolahraga dengan rutin di dalam rumah saja.

Dengan berolahraga tubuh kita menjadi sehat dan pastinya tidak mudah terpapar penyakit. Kedua, menghindari minum-minuman yang mengandung gula. Karena minum-minuman yang mengandung banyak gula itu tidak sehat bagi tubuh. Ketiga, banyaklah minum air putih. Minumlah air putih dengan jumlah yang banyak setiap hari agar badan kita menjadi segar dan sehat. Keempat, berlatih untuk meditasi. Dengan melakukan meditasi seseorang mampu membantu untuk meredakan kecemasan, depresi. Karena jika seseorang mengalami panik dan cemas maka daya tahan tubuh kita menjadi lemah sehingga virus ini mudah menyerang tubuh kita. Kelima, istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup dapat menghidarkan penyakit, karena dengan istirahat badan kita menjadi lebih sehat dan tak mudah terpapar penyakit. Keenam, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung multivitamin, seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengosumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dengan rutin bisa memberikan berbagai vitamin yang dikandung di dalamnya, sehingga nutrisi yang masuk ke tubuh terpenuhi dengan baik. 

Masyarakat dihimbau untuk melakukan pencegahan dengan cara selalu mencuci tangan dimanapun kita berada, bisa menggunakan sabun atau hand sanitizer ketika terpaksa untuk keluar rumah. masyarakat juga harus berjaga jarak dengan siapa saja, hindari tempat keramaian, selalu memakai masker ketika hendak keluar rumah, dan jangan lupa menjaga kebersihan di sekitar kita, hindari kontak langsung degan orang yang terinfeksi covid-19, mengurangi kegiatan diluar rumah. Cara pencegahan tersebut dilakukan untuk mematikan mata rantai virus covid-19, agar korban dari virus ini sedikit dan tidak bertambah lagi.

Kebijakan pemerintah untuk menangani virus ini agar tidak menyebar luas lagi dengan diadakannya lockdown. Sudah banyak beberapa negara menerapkan lockdown di sejumlah wilayah negaranya. Mari kita bekerja sama dan mematuhi peraturan pemerintah, untuk mengantisipasi banyaknya korban jiwa dari virus atau wabah ini . Dengan cara berdiam diri di rumah saja, jika tidak ada kepentingan mendesak jangan keuar rumah, jika hendak keluar rumah harus menggunakam masker.

Posting Komentar untuk "Jagalah Kesehatan Supaya Tidak Mudah Terpapar Covid-19"

Berlangganan via Email