Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Di Era 4.0

Pendidikan adalah proses belajar mengajar yang dilakukan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki nilai keagamaan, kepribadian, kecerdasan, serta ketrampilan guna untuk memajukan bangsa Negara Indonesia. Saat ini tentu semua orang telah mengenal tentang pendidikan dan semua orang pun telah mendapatkan pendidikan. Pendidikan yang didapat dimulai dari lingkungan keluarga,masyarakat dan lingkungan sekolah. Dalam dunia pendidikan tentunya tak lepas dari seorang pendidik dan anak didik. Guru memiliki peran yang penting dalam mendidik siswanya karena guru akan mentransfer semua ilmu yang di dapatnya untuk diberikan kepada semua siswanya. 
Pendidikan Di Era 4.0

Pendidikan dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu Pendidikan formal yang biasanya dilakukan di sekolahan, pendidikan nonformal didapatkan di taman pendidikan al qur’an atau melalui kursus, dan pendidikan informal ini biasanya didapatkan dari lingkungan keluarga yang terbentuk dari kegiatan belajar mandiri atau biasanya dikenal dengan otodidak. Sehingga pendidikan tidak hanya berpatok pada bangku sekolah saja.

Di era yang sangat modern ini pendidikan tidak hanya di lakukan di sekolahan atau universitas melainkan pendidikan juga didapatkan dari sebuah media internet. Karena perkembangan teknologi yang begitu canggih dan saat ini di Indonesia sudah memasuki pada era revolusi industri 4.0. dengan hal ini seseorang diharapkan mampu bersaing dan memiliki bekal ilmu yang cukup. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh industri 4.0 ini disebut dengan pendidikan 4.0 dimana proses pembelajaran harus dapat memanfaatkan teknologi digital yang dikenal dengan cyber sistem dan mampu membuat proses pembelajaran secara kontinu yang tak kenal batas waktu serta ruang.

Tantangan pendidikan di era 4.0 ini sangatlah besar. Pasalnya bukan hanya tentang sarana prasarana dan juga pemerataan pendidikan namun tentang standar mutu para lulusan yang dapat bersaing dengan perkembangan zaman. Seorang pendidik harus dapat beradaptasi dengan zaman modern ini dan harus dapat menguasai lebih dahulu teknologi agar dapat bersesuai dengan para anak didiknya. Hal ini membuat kualitas para guru harus di tingkatkan agar dapat mengajarkan materi dengan pendekatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar agar lulusan yang dicetak tidak ketinggalan oleh teknologi

Seorang pendidik di era 4.0 harus memiliki standar kompetensi yang unggul seperti memiliki  keterampilan dan berfikir kritis unruk memecahkan suatu masalah, ketrampilan dalam berkomunikasi, memiliki inovasi dan kreatif, dapat mengembangkan teknologi informasi dan memanfaatkkan teknologi dengan baik , dan memiliki media yang cukup untuk mengajar anak didiknya. 

Tidak hanya berpatokan pada kualitas guru namun metode pembelajaran di era 4.0 ini pun harus di tingkatkan. Peran pemerintahan pun dibutuhkan untuk mengubah metode pembelajaran yaitu dengan menyediakan fasilitas teknologi yang mumpuni di setiap sekolahan. Pemerintahan juga harus memperhatikan kembali kurikulum yang digunakan agar sesuai dengan pembelajaran di era 4.0

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kehidupan seseorang. Saat ini juga pendidikan di Indonesia telah memasuki era revolusi industi 4.0. Agar dapat menyeimbangi maka salah satu caranya adalah meningkatkan kualitas para tenaga pengajar, memperbaiki sarana prasarana, dapat mengunakan teknologi dengan baik, serta kurikulum pendidikan perlu adanya direvisi agar sesuai dengan era 4.0. Hal ini dilakukan agar para anak didik bangsa Indonesia tidak ketinggalan dengan teknologi informasi dan akan menjadikan Indonesia Negara maju.

Posting Komentar untuk "Pendidikan Di Era 4.0"

Berlangganan via Email