Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Akidah Ahklak Kelas 4 MI Sesuai KMA 183 tahun 2019

Setelah terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah terdiri dari;  al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs dan MA/ MAK semua peminatan. Keperluan untuk MA Peminatan Keagamaan diterbitkan buku Tafsir, Hadis, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadit, Ushul Fikih, Ilmu Kalam, Akhlak Tasawuf dan Bahasa Arab berbahasa Indonesia, sedangkan untuk peminatan keagamaan khusus pada MA Program Keagamaan (MAPK) diterbitkan dengan menggunakan Bahasa Arab.
Buku Siswa Akidah Ahklak Kelas 4 MI Sesuai KMA 183 tahun 2019

Beberapa materi dalam buku ini yakni Kalimat tayyibah adalah kalimat atau ucapan yang baik, contohnya kalimat Subhanallah. Subhanallah disebut juga bacaan tasbih. Zat yang paling suci di alam semesta ini hanyalah Allah Swt. Hanya Allah lah yang memiliki segala kesempurnaan. Suci dari segala bentuk  kemusyrikan dan kekurangan.

Kalimat “Masyaallah” yang artinya “ Allah Swt telah berkehendak akan hal itu” diucapkan ketika melihat sesuatu atau kejadian yang indah maupun menakjubkan, Contohnya, ketika melihat bangunan yang indah dan megah, memasuki kebun yang cantik, teknologi yang canggih atau prestasi yang membanggakan, fisik yang kuat, melihat bangunan yang indah dan megah, memasuki kebun yang cantik, teknologi yang canggih atau prestasi yang membanggakan, fisik yang kuat, melihat keindahan pemandangan alam, orang yang cantik atau tampan, serta mukjizat-mukjizat, dan karomah.

Penciptaan alam semesta dan seisinya telah cukup menjadi bukti kebesaran Allah. Kalimat tayyibah Allahuakbar mengingatkan manusia betapa Allah Maha besar. Dan tidak ada yang melebihi kebesaran Allah. Mengingat kebesaran Allah dapat menghindarkan manusia dari sifat sombong.

Buku teks pelajaran  PAI dan Bahasa Arab yang diterbitkan Kementerian Agama merupakan buku wajib bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah. Agar ilmu berkah dan manfaat perlu keikhlasan dalam proses pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik dibangun dengan kasih sayang dalam ikatan mahabbah fillah, diorientasikan untuk kebaikan dunia sekaligus di akhirat kelak.  

Oleh karena itu, buku ini masih dalam tahap uji publik sehingga para pembaca dapat memri saran terkait kesempurnaan buku ini, untuk lebih jelasnya bisa di unduh disini

Berlangganan via Email