Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Bahasa Arab Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 tahun 2019

Setelah terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah terdiri dari;  al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs dan MA/ MAK semua peminatan. Keperluan untuk MA Peminatan Keagamaan diterbitkan buku Tafsir, Hadis, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadit, Ushul Fikih, Ilmu Kalam, Akhlak Tasawuf dan Bahasa Arab berbahasa Indonesia, sedangkan untuk peminatan keagamaan khusus pada MA Program Keagamaan (MAPK) diterbitkan dengan menggunakan Bahasa Arab.
Buku Siswa Bahasa Arab Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 tahun 2019

Sebagai langkah awal, pengguna perlu membaca bagian pendahuluan buku ini untuk  memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 sesuai KMA 183 tahun 2019.

Melalui pembelajaran yang aktif dan kontekstual, peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa arab serta menunjukkan rasa kepedulian antar sesama dengan memberi salam, menjawab salam dan menanyakan kabar antar sesama.  

Selain itu peserta didik juga dibekali dengan sikap-sikap terpuji dalam berkomunikasi seperti sikap jujur kepada orang yang berada di sekelilingnya. Kemudian peserta didik dilatih untuk menganalisis bunyi, kata dan makna yang diajarkan terkait التعارف serta mampu menuliskannya dengan kaidah penulisan huruf hijaiyah yang benar.  

Buku teks pelajaran  PAI dan Bahasa Arab yang diterbitkan Kementerian Agama merupakan buku wajib bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah. Agar ilmu berkah dan manfaat perlu keikhlasan dalam proses pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik dibangun dengan kasih sayang dalam ikatan mahabbah fillah, diorientasikan untuk kebaikan dunia sekaligus di akhirat kelak.  

Oleh karena itu, buku ini masih dalam tahap uji publik sehingga para pembaca dapat memri saran terkait kesempurnaan buku ini, untuk lebih jelasnya bisa di unduh disini