Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Media Dalam Pembelajaran

Kata media memiliki bentuk jamak berupa medium. Media berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti perantara atau pengantar.  Menurut AECT (Association for Education Communications and Technology) mengemukakan bahwa media pembelajaran sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
Ciri-Ciri Media Dalam Pembelajaran

Dalam kegiatan belajar mengajar, media pembelajaran merupakan suatu kebutuhan primer untuk melancarkan pembelajaran. Menciptakan situasi belajar yang efektif dan efisien dengan menggerakkan segala sumber belajar.  Dalam hal ini, media pembelajaran sebagai salah satu pendukung yang mendorong proses pembelajaran. Adapun beberapa manfaat media pembelajaran antara lain seperti kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara mantab, dapat memberikan pengajaran secara ilmiah, dapat menciptakan kedekatan antara penyalur pesan (tenaga pendidik) dengan penerima pesan (peserta didik), serta dapat menyajikan pendidikan secara luas, dapat meningkatkan mutu pendidikan.  

Dalam media pembelajaran, tidak lepas dari istilah belajar dan pembelajar. Tujuan belajar ialah adanya perubahan perilaku pada peserta untuk agar menjadi lebih baik. Sedangkan, pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan, serta mengharapkan terjadi perubahan perilaku yang lebih baik.  Memberikan batasan dalam media pembelajaran dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, serta kemauan semangat belajar dalam diri peserta didik. Pemilihan media pembelajaran yang tepat oleh seorang pendidik berdasarkan teknik dan langkah-langkah yang benar tentu dapat menyukseskan program belajar agar tercapai perubahan tingkah laku yang diharapkan.  

Pada kenyataannya banyak tenaga pendidik yang belum memahami serta tidak melakukan teknik dan langkah-langkah pemilihan media pembelajaran yang tepat. Masih banyak para pengajar yang mengandalkan papan tulis sebagai satu-satunya media pembelajaran. 

Oleh karena itu, media pembelajaran merupakan kebutuhan yang tidak dapat dielakkan dalam rangka menyukseskan program belajar peserta didik. Pada hakikatnya media pembelajaran merupakan sebuah komponen pendidikan yang dapat merangsang semangat belanjar peserta didik.  Secara sederhana media pembelajaran merupakan alat peraga yang dapat mempermudah penyampaian pesan dari sumber pesan kepada penerima pesan.  

Sebagai tenaga pendidik memiliki kekreatifan dan berpikir inovatif merupakan hal yang penting. Menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovasi dapat meningkatkan mutu pendidikan. Media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar antara lain power point, video, kaset, audio, slide, film strip, OHP, film, radio, televisi, dan lain sebagainya. Selain itu, media pembelajaran berupa dapat berupa seminar, diskusi, simulasi, karyawisata, studibanding, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Media Dalam Pembelajaran
Ciri-ciri umum media pembelajaran adalah sebagai berikut :
  1. Saat ini media pembelajaran memiliki pengertian fisik yang dikenal sebagai hardware atau benda yang dapat dirasakan dengan panca indera.
  2. Media pembelajaran memiliki pengertian nonfisik yang biasa dikenal dengan software atau pesan yang disampaikan melalui hardware.
  3. Media pembelajaran memiliki penekanan pada visual dan audio.
  4. Media juga memiliki pengertian sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
  5. Media digunakan dalam proses komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa.
  6. Dapat digunakan secara massal contohnya televisi dan radio juga secara perorangan contohnya modul.

Selain ciri-ciri diatas, ada tiga ciri media menurut Gerlach dan Ely yang dikutip dari buku Arsyad Azhar adalah sebagai berikut :

Ciri fiksatif
Ciri fiksatif menggambarkan kemampuan media untuk merekan, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi dalam suatu peristiwa atau objek. Peristiwa atau objek itu dapat disusun atau diurutkan kembali dengan media seperti video tape, fotografi, audio tape, dan lain sebagainya. 

Ciri manipulatif
Ciri manipulatif ini menggambarkan transformasi dari suatu peristiwa atau objek.  Suatu peristiwa yang awalnya memakan waktu berhari-hari dapat disajikan hanya dalam waktu dua sampai tiga menit saja dengan teknik time lapse recording.

Ciri distributif
Ciri distributif suatu media memungkinkan suatu peristiwa atau objek dapat ditransportasikan melalui ruang. Dalam waktu yang bersamaan peristiwa tersebut disajikan kepada siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama dengan kejadian tersebut. Sekali informasi direkam dalam format media apapun dan dapat diproduksi berapa kalipun meskipun secara berulang-ulang.

Berlangganan via Email