Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-dasar dan Ciri-ciri Media Pembelajaran

Dasar dari penggunaan media pembelajaran ini dibagi menjadi dua kategori yaitu:

1) Landasan Psikologis
Pada umumnya kedudukan media pembelajaran ini berfungsi sebagai alat perantara atau alat pengatur pesan dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan memberikan stimulus kepada siswa agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru, dari konsep-konsep yang masih abstrak menjadi gambaran yang lebih konkrit. 
Dasar-dasar dan Ciri-ciri Media Pembelajaran

Sikap dan perilaku seseorang akan mengalami perubahan, setelah mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Penggunaan media dalam pembelajaran fiqih akan membantu siswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru lewat materi yang disampaikan oleh guru dibandingkan dengan jika guru hanya melakukan pendekatan secara verbal

2) Landasan Religius
Manusia mempunyai potensi untuk berkembang dengan apa dimilikinya seperti halnya pendengaran, penglihatan maupun hati (pikiran). Sesuatu hal yang kongkrit akan lebih mudah dipelajari dari pada sesuatu yang abstrak. Sesuatu yang abstrak itu perlu dikongkritkan. Untuk itu media pembelajaran diperlukan audio visual dalam
pendidikan 

Ciri-ciri Media Pembelajaran
Berdasarkan beberapa uraian tentang media diatas, dapat dikemukakan ciri-ciri umum bahwa yang terkandung pada media adalah : 

  1. Media pendidikan memiliki pengertian fisik yang dikenal sebagai perangkat keras (hardware), yaitu sesuatu benda yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan panca indera. 
  2. Media pendidikan memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai perangkat lunak (software), yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang merupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.
  3. Penekanan dakam media pendidikan terdapat pada visual dan audio.
  4. Media pendidikan memiliki makna sebagai alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
  5. Media Pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
  6. Media pendidikan dapat digunakan secara massal (misalnya pada radio, televisi), kelompok besar dan kelompok kecil (misalnya film, slide, video, OHP), atau perorangan (misalnya dalam  modul, komputer, radio tape/ kaset, video recorder).
  7. Sikap, perbuatan, organisasi, strategi, dan manajemen yang berhubungan dengan penerapan suatu ilmu.


Berlangganan via Email