Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran

Dirumuskan oleh beberapa ahli mengenai pengertian sumber belajar, diantaranya : Menurut Dageng, Sumber belajar adalah segala sesuatu yang berwujud benda dan orang yang dapat menunjang belajar sehingga mencakup sumber yang dapat dimanfaatkan oleh pengajar agar terjadi perilaku belajar. Menurut Januszewski dan Molenda, Sumber belajar adalah semua sumber seperti pesan, orang, bahan, teknik, alat, latar yang digunakan peserta didik baik secara individu maupun kelompok untuk memfasilitasi kegiatan belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Sementara menurut Seels dan Richey menjelaskan bahwa sumber belajar adalah segala sumber yang digunakan sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar, termasuk system pendukung, materi ataupun lingkungan pembelajaran.
Pengertian Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran

Sumber belajar bukan hanya materi atau alat yang digunakan dalam pembelajaran, namun juga meliputi orang, anggaran dan fasilitas. Sumber belajar bisa termasuk apa saja yang tersedia dan membantu seseorang dalam belajar. 

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan suatu pesan melalui suatu alat. Sumber belajar juga dapat diartikan segala sesuatu, baik yang telah tersedia maupun yang dirancang sendiri. Yang dapat dimanfaat bersama-sama maupun individu demi tercapainya proses belajar peserta didik dengan baik . Sumber belajar merupakan suatu pokok dari sistem pembelajaran yang tersusun dari sumber-sumber belajar yang telah dirancang dalam proses pemilihan dan pemanfaatan, dan dipadukan dengan sistem pembelajaran lainnya yang lengkap untuk mencapai  proses belajar yang terkontrol dan bertujuan. 

Komponen-komponen sumber belajar, antara lain :
Tujuan dan fungsi sumber belajar
Sumber belajar yang telah dirancang memiliki tujuan tujuan,  baik implisit maupun eksplisit. Oleh karena itu fungsi dan tujuan sumber belajar dipengaruhi oleh variasi sumber belajar yang digunakan.

Pesan
Pesan termasuk hal yang penting dalam sumber belajar. Sebab sumber belajar harus membawa pesan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memperlihatkan dan menangkap isi pesan tersebut secara maksimal.

Tingkat kesulitan atau tingkat kompleksitas
Tingkat kesulitan penggunaan sumber belajar berkaitan dengan pesan dan keadaan fisik sumber belajar. Sejauh mana kompleksitasnya perlu diketahui untuk menentukan sumber belajar masih layak digunakan ata tidak , mengingat waktu dan biaya yang terbatas.

Bentuk keadaan fisik sumber belajar
Wujud sumber belajar selalu berbeda-beda. Seperti pasar tradisional tentu sangat berbeda dengan mall, meskipun sama-sama memberikan informasi tentang perdagangan. Jadi keadaan fisik sumber belajar sangatlah penting, pemanfaatan nya hendaklah memperhitungkan waktu, biaya dan lain-lain. 

Komponen-komponen diatas sangatlah berkaitan sehingga dapat membentuk satu sistem yang menyusun sumber belajar. Setiap komponen sulit untuk dapat berdiri sendiri meskipun kadang dapat digunakan secara terpisah, karena setiap komponen adalah satu kesatuan.

Berlangganan via Email