Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Komunikasi dalam Pembelajaran


Media adalah kata jamak dari medium, yang artinya perantara. Dalam suatu proses komunikasi, media hanyalah satu dari empat komponen yang harus ada. Komponen yang lain, yaitu sumber informasi, informasi dan penerima informasi.
Proses Komunikasi dalam Pembelajaran


Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses komunikasi. Melalui proses komunikasi, pesan dapat diterima, diserap, dan dihayati penerima pesan, maka agar tidak terjadi kesalahan dalam proses berkomuniaksi, perlu digunakan sarana yang dapat membantu dalam proses komunikasi. 

Dalam pembelajaran dikelas, sarana atau fasilitas alat yang digunakan untuk memperlancar komunikasi disebut dengan media pembelajaran. Komponen yang terdapat dalam proses komunikasi adalah pesan, sumber pesan, saluran atau media, dan penerima pesan.

Ada tiga pola komunikasi yang dapat digunakan untuk menumbuhkan atau mengembangkan interaksi dinamis antara guru dengan siswa (Nana Sudjana:1989).

a. Komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu arah. Dalam komunikasi ini guru guru berperan sebagai pemberi aksi dan siswa sebagai penerima aksi. Guru aktif dan siswa pasif. Ceramah pada dasarnya adalah komunikasi satu arah atau komunikasi sebagai satu arah atau komunikasi sebagai aksi. Komunikasi seperti ini kurang banyak menghidupkan kegiatan mahasiswa.

b. Komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah. Pada komunikasi ini guru dan siswa memiliki peran yang sama yaitu pemberi dan penerima aksi atau. Komunikasi ini lebih baik dari komunikasi yang pertama, sebab kegiatan guru kegiatan guru dan siswa relatif sama.

c. Komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi. Komunikasi yang tidak hanya melibatkan interaksi binamis antara guru dengan siswa tetapi juga melibatkan interaksi yang dinamis antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Kegiata semacan ini mengarah pada proses pembelajaran yang mengarahkan pada pembelajaran yang mengembangkan kegiatan siswa yang optimal sehingga menumbuhkan siswa belajar aktif. Diskusis simulasi merupakan strategi yang dapat mengembangkan komunikasi ini. 

Berlangganan via Email