Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen

Kata manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu asal kata “manus” yang berarti tangan dan “agere” yang berarti melakukan. Dengan kata lain adalah “managere” yang artinya menangani. Dalam kata bahasa Inggris yaitu “management” dan dari kata bahasa Inggris diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “manajemen” yaitu pengelolaan. Sehingga manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.

Pengertian Manajemen

Ada beberapa pendapat tentang adanya pengertian manajemen yaitu sebagai berikut:

a. Menurut Fatah, manajemen diartikan sebagai proses merencana, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan orgsnisasi tercapai secara efektif dan efesien.

b. Menurut Hasibuan, yaitu menegaskan: manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. Selain itu juga manajemen adalah ilmu dan seni mengatur prospek pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

c. Menurut Hiriyappa, dia menyajikan beberapa pandangan para ahli tentang pengertian manajemen sebagai berikut:

1) Peter Drucker, manajemen adalah suatu fungsi, suatu disiplin, dan suatu tugas yang harus dilakukan, dan sebagai praktik disiplin manajer, dalam melaksanakan fungsi dan mengemban tugas.

2) Joseph Massie, manajemen adalah proses dimana berlangsung kerja sama kelompok sebagai tindakan yang mengarah pada suatu tujuan bersama. 

3) Theo Haimann & William Scott, manajemen adalah proses sosial dan teknis yang memanfaatkan sumber daya, mempengaruhi dan memfasilitasi tindakan manusia yang menuntut tercapainya tujuan organisasi.

4) Henry Sisk, manajemen adalah koordinasi dari semua sumber daya melalui proses penceranaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

5) Dalton McFarland, manajemen adalah proses dengan orang yang melakukan kegiatan manajemen tersebut secara langsung, memelihara dan mengoperasionalisasi tujuan organisasi secara sistematis, dan mengkoordinasikan usaha kerja sama manusia.

d. Menurut Hikmat, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif, yang didukung oleh sumber-sumber lainnya dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Hikmat ini ada pengertian manajemen berdasarkan para pendapat ahli yaitu:

1) Mary Parker Follet, manajemen adalah sutu seni karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain, dibutuhkan keterampilan khusus, terutama keterampilan mengarahkan, mempengaruhi, dan membina para pekerja agar melaksanakan keinginan pemimpin demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2) Harold Koontz dan Cyriil O’Donnel, manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

3) George R.Terry, manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

4) Melayu S.P. Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan tenaga dan profesionalitas orang lain. 

e. Menurut Hamalik, manajemen adalah suatu disiplin ilmu yang memiliki objek studi, sistematika, metode, dan pendekatan. Selain itu manajemen adalah suatu proses sosial yang berkenaan dengan keseluruhan usaha manusia dengan bantuan manusia lain serta sumber-sumber lainnya, menggunakan metode yang efesien dan efektif untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya. Untuk lebih lanjutnya maka akan digambarkan sebuah bagan dibawah ini.

1) Manajemen merupakan suatu proses sosial yang merupakan proses kerja sama antara dua orang atau lebih secara formal.

2) Manajemen dilaksanakan dengan bantuan sumber-sumber yakni: sumber manusia, sumber material, sumber biaya, dan sumber informasi.

3) Manajemen dilaksanakan dengan metode kerja tertentu yang efesien dan efektif dari segi tenaga, dana, waktu, dan sebagainya.

4) Manajemen mengacu ke pencapaian tujuan tertentu, yang telah ditentukan sebelumnya.


Berlangganan via Email