Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Media Pembelajaran “A Great Book”

APE (Alat Permainan Edukatif) sangat berperan penting terhadap perkembangan dan pertumbuhan seorang anak usia dini, karena pada dasarnya anak sejak lahir ia mengalami masa golden age atau masa keemasan dimana masa ini kita dapat memberikan stimulasi-stimulasi pada tumbuh kembang anak. 

Cara Membuat Media Pembelajaran “A Great Book”

APE yang saya buat yaitu a great book artinya buku hebat dimana terbuat dari kalender meja bekas layaknya papan, tetapi itu seperti buku, di dalam nya terdapat aspek-aspek pengembangan, di dalam buku tersebut ada petunjuk-petunjuk seperti kegiatan menarik garis, mencocokkan, menghubungkan dll. Layaknya seperti papan buku itu bisa dihapus dan coba kembali kapan pun itu. 


A. SASARAN

4-6 tahun 


B. KOMPETENSI DASAN

2.5.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri

2.7.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran,mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

3.3.Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

4.3.Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

4.6.Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar,bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh 

3.12.Mengenal keaksaraan awal melalui Bermain

4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya



C. KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN

1. Moral & Nilai-nilai Agama : Anak dapat bersikap percaya diri dalam melakukan kegiatan yang ada pada buku hebat itu. 

2. Sosial – Emosional : Anak ingi mencoba memainkan buku permainan tersebut.

3. Bahasa : Anak dapat mengenal huruf alphabet, dapat membedakan huruf balok/kapital dan hufur kecil. 

4. Kognitif : Anak dapat mecocokkan, menghubungkan gambar yang sesuai atau pun gambar yang satu dengan yang lain. Anak dapat mengenal dan membedakan warna yang ada pada buku tersebut. 

5. Seni : Menyanyi lagu balonku ada 5, mengenal berbagai warna. 

6. Motorik : Menggerakkan tangannya dengan pensil atau spidol, mampu menebali garis putus-putus dengan baik. 


D. BAHAN

- Kalender meja bekas 

- Kertas HVS 

- Kertas manila warna

- Krotek 

- Plastik sampul buku 


E. ALAT

- Penggaris

- Lem 

- Gunting 

- Alat tulis

- Double tip 


F. CARA PEMBUATAN

1. Siapkan kertas HVS dan juga menyiapkan kalender meja bekas 

2. Kertas HVS diukur sesuai dengan ukuran kalender menggunakan penggaris kita hitung berapa panjng dan lebarnya kita tandai menggunakan pensil, jika sudah kita bisa mengguntingnya 

3. Setelah itu, siapkan kertas manila berwarna, kita sesuaiakan dengan ukuran kalender (satu kertas kalender dilapisi satu kertas manila, kemudian tempel menggunakan double tipe)

4. Kemudian kertas HVS yang sudah diukur  tadi disesuaikan dan diletakkan ditengah kertas manila sisikan setiap sisi dari kertas manila tersebut 

5. Lalu kita siapkan gambar-gambar yang sudah diprint digunting lalu kita tempelkan sesuai yang kita inginkan 

6. Lalu kita membuat garis petunjuk/garis putus-putus menggunakan spidol, setelah itu kita memberi pentunjuk yang sama menggunakan pensil dulu lalu kita beri spidol agar menjadi rapi. Kita juga bisa menggunakan krayon untuk mempercantik. 

7. Siapkan krotek  untuk diletakkan dibelakang kalender meja, dan di tempel menggunakan lem. kotek ini untuk meletakkan spidol, penghapus, dll 

8. Kemudian, pada bagian kertas yang tadi digunting kita rapikan dengan plastik disetiap sisinya, setelah dirapikan kita menggunakan lem  untuk melapisi kertas tersebut 

9. Lalukan dan tempel dengan rapi 


G. CARA MENGGUNAKAN

Anak dapat memainkannya layaknya seperti papan tulis, cara memainkannya dengan menggunakan spidol seperti menarik garis jika tidak sesuai garis petunjuk atau garis putus-putus anak bisa menghapusnya dan mencobanya lagi. 


H. KELEBIHAN

1. Dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan

2. Dapat menstimulasi perkembangan anak

3. Medianya menarik untuk anak

4. Bisa di hapus dan anak bisa mencobanya lagi


I. KEKURANGAN

1. Mediannya dapat dilakukan secara bergantian sehingga anak menunggu giliran untuk memainkannya.

2. Mediannya lebih mengarah pada kegaiatan pembelajaran


By : ZIADATUN NI’MAH