Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Ruang Guru Sebagai Sarana Penunjang Belajar Di Era New Normal

Pendidikan adalah salah satu dasar elemen yang terpenting guna menyiapkan generasi emas penerus bangsa dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin cepat. Hal ini akan menjadi tantangan yang berat jika tidak ada keseimbangan antara era yang canggih dengan sumber daya manusia yang berkualitas. 


Proses pembelajaran yang dilaksanakan dari guru kepada peserta didik merupakan salah satu bekal utama bagi peserta didik untuk mendapatkan wawasan yang terbaik guna mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan yang bermakna. Pendidik memegang peran terpenting dalam keberhasilan pembelajaran guna melahirkan putra putri Indonesia yang kompeten, berkualitas dan bermutu tahun 2045 seperti yang sudah dicanangkan.


Pendidik harus cukup kompeten dalam mendesain dan merencanakan metode pembelajaran yang membuat siswa nyaman sehingga mampu menangkap materi pelajaran  dengan baik  dan mengembangkan pengetahuan siswa. Pada  saat ini bangsa kita sedang di landa pandemi virus Corona dan dalam waktu yang sama juga pemerintah mengeluarkan kebijakan implementasi yang berpengaruh dalam sektor pendidikan  sehingga mengharuskan    tenaga pendidik  dan  peserta didik  untuk belajar  mandiri  di  rumah  atau  pembelajaran  daring  yang  berbeda  dari  model pembelajaran sebelum Indonesia dilanda pandemi Covid-19 demi menghindari paparan Corona di era new normal ini. 


Kejadian ini tentu menuntut pendidik harus menguasai dunia belajar jarak jauh atau daring tetapi tetap memiliki tujuan pendidikan yang bermutu dan berkualitas2. Salah satu media pembelajaran yang digunakan selama ini adalah Ruang Guru, aplikasi ini di luncurkan oleh PT. Ruang Raya Indonesia yang berdiri secara resmi tahun 2014.


Model pembelajaran selama ini mengharuskan tenaga pendidik sebagai sumber utama, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran, karena menuntut siswa untuk mampu mengingat sekaligus menghafalkan informasi dan pelajaran yang telah disampaikan pengajar . Oleh karena itu, langkah strategis yang dapat digunakan untuk melahirkan generasi emas bangsa dengan menerapkan pembelajran yang mengharuskan siswa untuk aktif atau disebut dengan merdeka belajar. 


Konsep merdeka belajar perlu didukung dengan pendidikan dalam keluarga, pendidikan yang diharapkan mampu mengantarkan Indonesia menjadi Negara yang maju, berkualitas, dan melahirkan generasi emas guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan seiring dengan berkembangan teknologi yang semakin canggih. Ruang guru diharapkan memberikan metode belajar yang asik, kreatif dan berfungsi untuk meningkatkan semangat dan prestasi peserta didik. 

Undangan Digital
Toko Digital