Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website

Di era new normal, pendidik dan peserta didik harus tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar menggunakan teknologi. Dengan menggunakan teknologi,   peserta   didik   dapat   menerima informasi   dari   pendidik.   Dalam teknologi, peserta didik akan dikenalkan dengan salah satu media online yang akan digunakan selama proses belajar mengajar.



Media merupakan alat yang digunakan pendidik dalam menjelaskan materi atau bahan ajar agar peserta didik lebih mudah memahami apa yang tengah disampaikan oleh pendidik. Dengan demikian, pembelajaran yang tidak menggunakan media yang maksimal tidak dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi peserta didik. Akibatnya, hanya sebagian kecil materi pembelajaran yang dapat diterima baik oleh peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan memenuhi keinginan peserta didik dalam penggunaan teknologi.


Dalam mencapai tujuan pembelajaran serta memenuhi tuntutan perkembangan zaman. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis web ini sangatlah cocok digunakan sebagai media proses belajar mengajar di era pandemi. Dengan begitu sebaiknya kita lebih mengenal secara teoristis tentang Konsep Media Pembelajaran Berbasis Web. Secara terminologi, web atau website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs,  yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang temmpatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam internet. 


Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa computer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet. Faktor utama yang membuat website begitu cepat berkembang ialah karena penyebaran informasi melalui website sangatlah cepat dan mencakup area yang luas (mendunia), tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.


Disamping itu, saat ini juga lagi tren pembuatan website pribadi atau blog. Perkembangan yang sangat pesat telah membuat dunia baru yang sering kita sebut dengan dunia maya. Melalui dunia maya kita dapat melakukan aktifitas apa saja layaknya seperti dunia nyata yang kita hadapi sehari-hari misalnya pada era pandemi yang kita rasakan proses pembelajaran yang di gunakan adalah dengan menggunakan pembelajaran dalam jaringan atau disebut dengan daring. Dengan demikian media pmbelajaraan berbasis web ini juga termasuk dalam media pembelajaran berbasis komputer. 


Yang mana peran komputer, laptop dan sebagainya disini sebagai media pembantu tambahan dalam proses belajar berlangsung. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa semua pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet dan selama proses belajar dirasakan terjadi oleh yang mengikutinya, maka kegiatan itu dapat disebut dengan pembelajaran berbasis web. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis  web  ini  adalah  proses  belajar mengajar  yang dilakukan  dengan  cara memanfaatkan jaringan internet.


Media website yang kita dapat gunakan sebagai sarana belajar mengajar yaitu seperti Google Classroom, Moodle, Fedena, Edmodo, Google meet, Zoom, dan sebagainya. Google meet dan zoom dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dengan menampilkan wajah sehingga pendidik dapat mengetahui siapa saja yang semangat dalam belajar. Google form, quizizz   juga merupakan salah satu media website yang dapat digunakan untuk mengukur hasil pemahaman peserta didik dengan memberikan soal mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya pada peserta didik. Google classroom pun bisa digunakan sebagai forum diskusi peserta didik dan masih banyak lagi website yang dapat digunakan sebagai saraba belajar di era new normal ini.


Media pembelajaran berbasis website ini sangat bermanfaat bagi pendidik dan juga peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di era new normal ini. Manfaat menggunakan website sebagai sarana belajar mengajar yaitu membuat proses pembelajaran lebih menarik, interaktif, meningkatkan kualitas belajar serta dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar bagi peserta didik.

Toko Digital