Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Pembelajaran

Kegiatan mengajar mrupakan kegiatan mengorganisasikan siswa di dalam maupun di luar kelas. Tugas guru dalam belajar disamping memberikan informasi kepada siswa juga sebagai pengarah dan pemberi fasilitas atau biasa kita sebut directing and facilitating the learning dengan harapan pembelajaran berjalan dengan optimal dan agar tujuan belajar dapat tercapai. Jadi peran seorang guru atau pengajar disini tidak lagi sebagai informan yang datang, duduk diam, memberikan ceramah kepada siswa namun ditambah lagi tugas guru yaitu sebagai penyedia fasilitas (facilitator) belajar bagi siswa-siswinya ketika belajar.  Kegiatan yang semacam itulah yang sering kita sebut sebagai pembelajaran. Namun masih banyak definisi-definisi lain mengenai pembelajaran yang tentunya belum kita ketahui sebelumnya. Untuk itu dalam pembahasan di bawah ini penulis mencoba mengutarakan beberapa pendapat dari para ilmuwan mengenai definisi dari pembelajaran itu sendiri. 


Pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya guru untuk membelajarkan siswa dengan menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan suatu pendidikan. Menurut Dimyati dan Mudjiono pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. UUSPN  No. 20 tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. 


Pembelajaran merupakan bagian dari proses belajar yang sengaja dibangun oleh guru dengan maksud untuk mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan atau pemahaman siswa dalam menerima informasi baru.  Dari pendapat di atas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud pembelajaran adalah suatu aktivitas yang digerakkan oleh guru dengan maksud agar siswa belajar sehingga siswa menjadi tahu (mengerti) dan paham sehingga terjadi perubahan sikap dalam diri siswa. Dapat juga diartikan pembelajaran adalah suatu usaha untuk memberikan bantuan kepada orang lain dalam mempelajari suatu kemampuan dengan cara memberikan pengarahan serta informasi. Namun kita sering mencampur adukkan antara pembelajaran dengan mengajar. 


Pembelajaran tidak sama dengan mengajar. Kalau pembelajaran telah sama-sama kita ketahui dari beberapa keterangan sebelumnya maka untuk membedakan antara pembelajaran dan mengajar mari kita teliti satu persatu mengenai definisi mengajar itu sendiri. Ada beberapa pendapat mengenai definisi mengajar diantaranya menurut William H. Burton, yang dimaksud mengajar adalah suatu usaha memberikan stimulus atau rangsangan, bimbingan pengarahan, dan motivasi kepada siswa agar terjadi proses belajar.


 Pada bagian awal sudah dijelaskan mengenai definisi mengajar yaitu suatu kegiatan mengorganisasikan siswa di dalam maupun di luar kelas. Namun pada dasarnya mengajar dengan pembelajaran ini adalah satu rumpun artinya saling memiliki keterkaitan satu sama lain dan juga mempunyai satu tujuan yakni mengkondisikan siswa supaya belajar dan di dalamnya juga sama-sama terjadi transformasi ilmu atau pengetahuan yang dimiliki oleh guru dari berbagai sumber belajar untuk kemudian disampaikan ke siswa (pengajaran).


Undangan Digital
Toko Digital