Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Satuan PAUD

Buku ini merupakan bagian dari buku panduan guru yang dapat dipraktikkan dan dikembangkan oleh guru pada satuan PAUD. Buku panduan ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum kepada guru PAUD dalam proses pembimbingan, pembentukan, dan pengembangan kegiatan CP Jati Diri.


Konsep Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain menjadikan ragam contoh kegiatan pada buku ini bukan merupakan bentuk  baku yang wajib diikuti oleh guru pada satuan PAUD. Guru dapat mengembangkan bentuk kegiatan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan visi dan misi sekolah masing-masing.


Jati diri adalah penilaian dan pemahaman seseorang mengenai dirinya, baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari kelompok tertentu. Contohnya, secara pribadi seorang anak mengetahui hal yang ia sukai, kelebihannya, dan ciri-ciri fisiknya. Sebagai bagian dari sebuah kelompok, anak tersebut mengetahui suku, agama, dan komunitas tempat ia berasal.


Pembentukan jati diri yang positif akan membantu anak untuk mengenal, memahami, dan menghargai kebutuhan dirinya serta orang lain. Oleh sebab itu, anak yang memiliki jati diri positif memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dapat menjaga dan memelihara kesehatan atau kesejahteraan fisik serta mentalnya sehingga ia dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih optimal.


Dalam pembentukan jati diri anak yang sehat dan positif, diperlukan dukungan dari lingkungan sekitar anak, terutama peran guru dan orang tua. Dukungan yang positif membuat anak merasa dirinya berharga dan menumbuhkan rasa bangga terhadap identitas yang dimilikinya.


Anak memiliki sikap positif dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan (melalui makanan bernutrisi dan olahraga), dan keselamatan diri. Anak dapat mengenali, mengelola, mengekspresikan emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat. Anak menunjukkan perasaan bangga terhadap identitas keluarganya, latar belakang budayanya, dan jati dirinya sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Untuk lebih jelasnya mengenai buku ini silahkan unduh DISINI. Terima kasih.